Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Mini

Jika rumah anda tidak memiliki space yang luas memelihara ikan hias di aquarium mini bisa menjadi pilihan anda. Ada beberapa jenis ikan hias yang dapat tumbuh di aquarium berukuran kecil dan bisa menjadi pilihan anda untuk dipelihara, antara lain :

1. Ikan Cupang

Ikan CupangIkan cupang bisa ditempatkan di aquarium mini, bahkan di gelas sekalipun ikan ini tetap dapat hidup. Hanya saja ikan yang dikenal sebagai ikan aduan ini sebaiknya tidak ditempatkan bersama dengan ikan lain yang sejenis karena keduanya nanti akan berantem.

2. Ikan Zebra

Ikan zebraKebanyakan ikan hias air tawar ini warnanya belang antara putih hitam sehingga dijuluki sebagai ikan zebra. Walau begitu variasi ikan ini bukan itu saja, ikan ini ada yang berwarna golden hitam dan merah hitam. Ikan hias air tawar ini dapat tumbuh dengan baik pada aquarium mini ukuran 20 x 20 cm. Anda bisa memelihara 5 buah ikan zebra pada aquarium mini ukuran tersebut.

3. Ikan Serpe

Ikan SerpeIkan serpe di luar negeri dikenal dengan sebutan Serpae tetra. Ikan hias air tawar yang berasal dari amazon ini memiliki nama ilmiah Hyphessobrycon serpae. Ikan ini tidak terlalu memerlukan tempat hidup yang luas. Sepasang ikan ini bisa tumbuh dengna baik pada aquarium mini ukuran 30 x 25 x 25 cm.

4. Ikan Sepat Siam

Sepat SiamIkan hias air tawar untuk aquarium mini yang keempat adalah ikan sepat siam. Ikan ini bisa hidup di aquarium ukuran 40 x 20 x 20 cm. Jika ditempatkan sepasang pun ikan ini bisa memijah di aquarium mini tersebut.  Ikan yang berasal dari thailand ini memang ikan yang sangat cocok untuk menjadi ikan pajangan dalam aquarium.

5.  Ikan Ramirezi

Ikan RamireziIkan ramirezi merupakan ikan hias air tawar yang sudah banyak dikenal dan dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini bisa tumbuh dengan baik pada aquarium 20 x 20 x 20 cm dan pada aquarium ukuran ini bisa dipelihara 2 pasang ikan ramirezi.

6. Ikan Paradis

Ikan ParadisIkan yang memiliki nama ilmiah Macropodus opercularis ini merupakan ikan yang berasal dari cina dan korea. Ikan hias air tawar ini bisa tumbuh pada aquarium mini ukuran 20 x 20 x 40 cm. Panjang ikan paradis ini bisa mencapai 7,5 cm. Ikan yang dijuluki ikan surgawi ini bergerak dengan sangat lincah dan berenang dengna sangat cepat di aquarium, sehingga walau bisa hidup di aquarium mini lebih disarankan untuk memeliharanya di aquarium agak besar ukuran 40 x 40 x 80 cm agar anda bisa melihat gerakan lincah dari ikan ini bergerak kesana kemari.

7. Ikan Neon Tetra

Neon TetraIkan hias air tawar ini merupakan ikan yang berasal dari sungai amazon di amerika selatan. 5-10 ekor ikan ini bisa hidup pada aquarium mini beurukuran 30 x 25 x 25 cm. Dalam memelihara ikan ini lebih disarankan dalam jumlah lebih dari 3 karena keindahan ikan ini baru akan terlihat jika dipelihara dalam jumlah banyak.

8. Ikan Mulut Api

Ikan Mulut ApiIkan ini memeiliki nama ilmiah Cichlasoma meeki tetapi diluar negeri ia lebih dikenal dengan sebutan fire mouth chicild sehingga di indonesia ikan ini dkenal dengan sebutan ikan mulut api. Ikan ini memiliki panjang maksimal 12,5 cm walau begitu ikan ini masih bisa hidup di aquarium mini dengan ukuran 20 x 20 x 40 cm.

9. Ikan Krisbensis

Ikan KrisbensisIkan hias air tawar ini berasal dari afrika barat, badan ikan ini cukup tinggi dan pipih. Warnanya cukup beraneka ragam pada bagian atas biasanya bewarna abu abu terkadang dengan corak biru atau violet. Sedangkan bagian bawahnya berwarna biru, merah dan hijau.

Itulah ikan hias air tawar untuk aquarium mini yang bisa anda pilih, hampir semua ikan diatas tidak memerlukan perlakuan khusus sehingga mudah dipelihara.

Related Posts

Add Comment