Ikan Hias Redfin : Ciri Ciri, Harga dan Makanan

Ikan RedfinIkan hias redfin merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup populer. Ikan ini banyak dicari oleh penggemar ikan hias, apakah mungkin anda juga salah satunya? Salah dua penyebabnya adalah karena umur ikan ini yang panjang, dimana jika dipelihara dengan baik ikan ini bisa hidup hingga berumur 6-7 tahun. Selain karena memelihara ikan ini cukuplah mudah, ikan ini tidak membutuhkan kondisi khusus dalam pemeliharaanya dan masalah makanan pun gampang. Ada yang bilang walau tidak diberi makan pun ikan ini masih bisa hidup karena memakan mikroorganisme yang ada di sekitar kolam/aquarium dimana ia tinggal.

Ciri Ciri Ikan Redfin

Hal yang pertama kita bahas yaitu ciri cirinya ya. Secara ukuran ikan ini berukuran kecil, panjang maximum ikan ini hanya 12 cm. Walau begitu cukup jarang redfin yang bisa tumbuh hingga sebesar itu, kebanyakan hanya mencapai 8-10 cm saja. Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang, warna badannya biasanya berwarna abu abu, putih atau cokelat dan pada bagian siripnya berwarna merah.

Sirip ikan redfin yang berada di bagian atas tubuhnya tampak meninggi ke bagian depa dan menurun saat ke bagian belakang. Bentuk sirip bagian atas redfin ini mirip dengan sirip ikan hiu. Ciri kedua dari ikan ini adalah pada bagian bawah tubuhnya terdapat dua sirip yang berukuran sedang dan satu sirip yang berada di dekat ekor.

Habitat

Sirip ikan redfin yang berada di bagian atas tubuhnya tampak meninggi ke bagian depa dan menurun saat ke bagian belakang. Bentuk sirip bagian atas redfin ini mirip dengan sirip ikan hiu. Ciri kedua dari ikan ini adalah pada bagian bawah tubuhnya terdapat dua sirip yang berukuran sedang dan satu sirip yang berada di dekat ekor. Sedangkan di habitat buatan (Aquarium) ikan ini membutuhkan akuarium yang memiliki volume minimum 30 galon air.Ikan ini dapat hidup dengan baik di suhu 24- 27 C serta pH antara 6-8.

Ikan Hias redfin hitamIkan ini termasuk ke dalam jenis ikan yang aktif bergerak dan agresif. Tidak direkomendasikan memelihara ikan redfin lebih dari satu di dalam aquarium, dimana biasanya ikan ini akan saling menggingit. Tidak direkomendasikan pula memelihara ikan ini berbarengan dengan ikan yang lebih kecil karena ikan ini biasanya akan mengejar dan mengigit ikan yang lebih kecil itu.

Ikan ini membutuhkan sedikit dekorasi pada akuarium untuk tempat dia bermain. Tidak terlalu direkomenasikan menaruh tanaman air berdaun lunak di aquarium yang berisi ikan ini karena akan dimakannya. Rekomendasi akuarium untuk tempat tinggal redfin adalah yang menyerupai sungai dimana terdapat air yang mengalir dan pada bagian dasar terdapat berbagai ukuran batu batu kecil dan kerikil. Pencahayaan yang cukup juga baik untuk aquarium ikan ini, karena dengan pencahayaan yang cukup akan merangsang tumbuhnya mikroorganisme yang dapat dijadikan makanan ikan redfin.

Makanan

Makanan ini cukup mudah didapatkan dan ikan hias ini tidak terlalu memilih dalam masalah makanan. Ikan ini bisa diberi makan pelet, serangga air, tanaman air/alga, zooplankton atau cacing. Sehingga tidak memusingkan lah dalam mengurus makanan ikan hias redfin ini.

Untuk mencari makananya ikan ini biasanya membersihkan akuarium, karena biasanya di tepi aquarium terdapat alga yang tumbuh, hal inilah yang menyebabkan ikan hias ini dikenal sebagai ikan pembersih aquarium.

Harga

Ikan hias redfin ini harganya cukup murah kok, berdasarkan survei saya di bukalapak dan grup facebook. Harga ikan ini hanya berkisar antara 5 – 33 ribu rupiah untuk warna standar. Ikan redfin albino biasanya harganya cukup tinggi karena kelangkaannya walau begitu masih tidak terlalu menguras kantong karena hanya sekitar 75-100 ribu per ekornya.

Related Posts

Add Comment