Jarak Tanaman Pisang Agar Panen Banyak

Jarak Tanaman PisangJarak Tanaman Pisang Agar Panen Banyak – Pisang merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang sangat populer hingga ke mancanegara. Salah satu negara yang populer dengan keanekaragaman buah pisangnya adalah Indonesia. Setidaknya di Indonesia sudah tersebar 10 macam veriates jenis kelompok pisang yang terjual bebas di pasar-pasar lokal maupun ekspor.

Selain tak membutuhkan perawatan khusus dalam membudidayakannya, buah yang mampu hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi sekalipun ini mampu tumbuh dan berkembang di dalam semua jenis tanah. Tetapi jenis tanah yang cocok untuk membudidayakan buah pisang ini biasanya memiliki tekstur liat seperti alluvia yang mengandung banyak kalsium dan bahan organik lainnya.

Meskipun tak membutuhkan perawatan khusus, namun dalam menanamnya ada beberapa hal khusus yang wajib diperhatikan. Hal ini dimaksudkan supaya menghasilkan produktivitas yang tinggi dan berkualitas. Salah satu hal penting yang tak boleh dianggap remeh adalah pemberian jarak tanaman pisang satu dengan lainnya. Umumnya pemberian jarak ini tergantung dengan jenis variates pisang yang ingin dibudidayakan.

Misalnya saja jikalau Anda ingin menaman tanaman pisang berangan jarak tanaman pisang yang pas untuk diterapkan adalah ukuran 3 x 3 meter. Bahkan ada beberapa jenis varites pisang yang tak memiliki jarak tanaman pisang terlalu rapat yaitu sekitar 2 x 2 meter saja. Namun meskipun pemberian jarak tanaman pisang satu dengan lainnya berbeda-beda pastikan bahwa jarak yang Anda terapkan sesuai dengan standar budidaya pisang yang baik dan benar.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa sejatinya pemberian jarak tanaman satu dengan lainnya ini adalah satu hal yang penting. Pemberian jarak antar tanaman pisang satu dengan lainnya di dimaksudkan supaya nutrisi yang diterima oleh setiap pohonnya dapat diserap secara ideal dan maksimal. Sehingga secara tidak langsung mampu memperlancar tumbuh kembang pohon pisang dan menghasilkan produktivitas yang tinggi dan berkualitas.

Berikut adalah informasi mengenai manfaat pemberian jarak antara tanaman pisang satu dengan lainnya yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat serta menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, terima kasih.

Related Posts

Add Comment