Jenis Anggrek Dendrobium Terindah

Anggrek Dendrobium adalah salah satu jenis tanaman anggrek. Dendrobium dikenal sebagai angrek yang mudah dipelihara dan berbunga. Dendrobium memiliki variasi jenis yang banyak, pada kesempatan kali ini marilah kita bahas mengenai jenis anggrek dendrobium ini.

Dendrobium adae

Dendrobium adaeTanaman ini biasa dikenal sebagai anggrek tebu ramping, termasuk kedalam jenis anggrek epifit, kadang-kadang lithophytic dalam famili Orchidaceae. Ini memiliki pseudobulb silinder, dalam 1 batang bunga ini terdapat hingga empat daun hijau gelap dan hingga enam putih atau kehijauan bunga berwarna kuning . Jenis anggrek dendrobium ini berasal dari Queensland Utara, Australia.

Dendrobium anosmum

Dendrobium anosmumMerupakan jenis anggrek dendrobium yang banyak terdapat di Indonesia. Bunga D. anosmum berada di bagian atas umbi semu dan biasanya muncul setelah mengalami gugur daun. Tanaman ini memiliki bunga yang berdiamter 8 – 10 cm, kelopak dan mahkota D. anosmun berwarna ungu dan di bagian dalamnya berwarna lebih tua. Yang unik dari bunga ini adalah aromanya yang mirip buah strawbery. Tanaman ini termasuk jenis anggrek yang tahan menghadapi kekeringan dana cahaya matahari dengan intensitas tinggi.

Dendrobium aduncum

Dendrobium aduncumTanaman ini lebih dikenal dengan nama anggrek anggelfish. Dendrobium aduncum merupakan spesies bunga anggrek yang menyukai suhu dingin dan di habitat asalnya biasa mekar di musim penghujan. Tanaman ini tersebar di Cina selatan (Guangdong, Guangxi, Guizhou, Hainan, Hunan, Yunnan), Himalaya timur (Assam, Sikkim, Arunachal Pradesh, Bhutan, Myanmar), dan Indocina utara (Laos, Thailand, Vietnam)

Dendrobium affine

Dendrobium affineDendrobium affine, umumnya dikenal sebagai anggrek kupu-kupu putih. Tanaman ini adalah anggrek epifit dalam keluarga Orchidaceae. Anggrek ini memiliki pseudobulb silinder, dengan maksimal sepuluh daun per batang dan dalam satu batang ini terdapat hingga dua puluh bunga putih dengan warna kuning atau ungu di labellum. Bunga anggrek ini merupakan bunga yang tersebar di Australia utara, Papua New Guinea dan Timor, di mana ia tumbuh di kulit pohon.

Dendrobium agrostophyllum

Dendrobium agrostophyllumTanaman ini merupakan jenis anggrek dendobrium yang berwarna kuning. Dendrobium agrostophyllum memiliki rimpang yang merayap dengan pseudobulb yang tertata dengan baik. Setiap pseudobulb memiliki hingga dua puluh daun yang bentuknya seperti rumput. Bunga anggrek ini memiliki wangi yang harum dan merupakan tanaman yang berasal dari daerah pantai utara Queensland, Australia.

Dendrobium brevicaudum

Dendrobium brevicaudumDendrobium brevicaudum, di habitat asalnya Australia dikenal sebagai Mount Finnigan pencil orchid atau jika di artikan dalam bahasa indonesia artinya anggrek pensil Mount Finnigan, Tanaman ini merupakan anggrek epifit endemik di Queensland. Jenis anggrek dendobrium ini memiliki batang tergantung, daun silinder dan sekitar enam bunga kekuningan atau oranye-coklat dengan garis-garis merah dan labellum putih.

Dendrobium bullenianum

Dendrobium bullenianumDendrobium bullenianum merupakan jenis anggrek dendobrium yang ditemukan di Filipina dan Vietnam. Namanya merupakan bentuk penghormatan terhadap Mr. Bullen, pembudidaya anggrek yang pertama kali berhasil membudidayakan spesies ini di Inggris. Dendrobium bullenianum terjumbai dan simpodial dengan pseudobulb yang panjangnya bisa mencapai 1 meter dengan tebal 1,5 cm, daun anggrek ini bisa mencapai ukuran 10 cm x 1,5 cm. Tanaman anggrek ini pertama kali dipublikasikan oleh Heinrich Gustav Reichenbach pada tahun 1862 di Botanische Zeitung. Ia menemukan tanaman D. bullenianum ini pada ketinggian sekitar 1.000 meter di Luzon dan Mindoro, Filipina.

Dendrobium bigibbum

Dendrobium bigibbumBunga ini biasa dikenal dengan sebutan anggrek Cooktown. Merupakan jenis anggrek epifit yang memiliki pseudobulb silinder yang di tiap pseudobulbnya terdapat tiga hingga lima daun yang berwarna hijau atau keunguan. Dalam satu batang yang melengkung terdapat hingga dua puluh bunga yang berwarna ungu. Jenis anggrek dendobrium ini merupakan tanaman yang berasal dari Queensland utara dan Papua.

Dendrobium phalaenopsis

Dendrobium phalaenopsisDi Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama anggrek larat. Jenis bunga anggrek ini merupakan tanaman asli Indonesia tepatnya di pulau maluku. Anggrek larat ini sekilas memiliki kemiripan dengan Dendrobium bigibbum yang sudah saya bahas diatas, dimana dari struktur batang, daun dan bunga kedua spesies ini cukup mirip. Tanaman ini merupakan spesies yang langka dan dilindungi, sehingga cukup sulit jika anda ingin memiliki anggrek ini.

Dendrobium densiflorum

Dendrobium densiflorumDendrobium densiflorum, umumnya dikenal sebagai 密 花 石斛 (mi hua shi hu), adalah spesies anggrek epifit atau lithophytic yang merupakan tanaman asli Cina. Jenis anggrek dendobrium ini memiliki batang berbentuk klub, tiga atau empat daun kasar dan berbunga padat. Bunganya menggantung tandan dan berwarna kuning pucat atau kuning keemasan yang relatif besar.

Related Posts

Add Comment