Jenis Anthurium Daun yang Beredar di Indonesia

Anthurium jemaniAda dua jenis anthurium yang saat ini beredar di pasaran, yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. keduanya sama sama indah. Namun, yang kini sedang ngetrend dan banyak diburu para hobiis atau pebisnis tanaman hias adalah anthurium daun. Bagi orang awam, apabila dilihat sepintas, sosok anthurium daun hampir sama dengan daun tembakau atau daun sawi. Namun, bagi penggila anthurium daun, sosok tanaman ini terutama daunnya dianggap melambangkan kegagahan dan kewibawaan. Urat urat daunnya yang tegas dan tekstur daunnya yang tebal membuat tampilan tanaman ini terlihat eksotis.

Seiring dengan marakny bisnis tanaman hias, anthirum daun pun terkena imbasnya. Harga di pasaran pun melambung tinggi, seiring dengan semakin banyaknya perburuan anthurium daun jenis tertentu. Tak jelas mengapa harga si daun baja ini bisa melesat begitu tinggi. Berkat harga jualnya yang menggiurkan tersebut, kini orang berlomba lomba berbisnis anthurium daun, dari yang membuka usaha pembibitan, membuka gerai kecil di halaman rumah, hingga yang membuka nurseri skala besar yang memajang ratusan indukan anthurium daun. Tak hanya di jakarta, demam anthurium juga mewabah di kota lain terutama kota kota di jawa tengah dan jawa timur. Bahkan, demam dan bisnis anthurium di kota kota tersebut jauh lebih dahsyat.

anthurium hookeri

anthurium hookeri

Sosok anthurium yang dekoratir, membuatnya sangat cocok dipajang di teras atau beranda rumah. Perpaduan anthurium yang gagah dengan pot yang indah seolah menghidupkan suasana penuh kedamaian.

Baca Juga : Ciri Ciri Tanaman Anthurium Daun

Selain itu, anthurium juga tampil mempesona untuk elemen pemanis taman teduh, bersanding dengan tanaman lain seperti philodendron. Kehadiran anthurium membuat taman anda berkesan lebih mewah dan istimewa. Wajar jika muncul anggapan bahwa tanaman anthurium merupakan simbol ketinggian derajat pemiliknya.

Banyak jenis anthurium daun yang merajai pasar di Indonesia, diantaranya berbagai varian anthurium jemani, black beauty, hookerii, wave of love dan superbum. Varian varian anthurium daun tersebut tak jelas asal usulnya, termasuk juga penamaanya. Belum ada penamaan standar yang diterapkan. Penamaan yang terjadi selama ini hanya berdasarkan kesepakatan kolektif dalam lingkup yang terbatas. Biasanya nama nama anthurium mucul berdasarkan pada asosiasi orang terhadap bentuk daunnya.

anthurium crystallinum

Namun hingga kini, setidaknya ada tujuh jenis anthurium daun yang sudah ditemukan di Indonesia dan sudah bisa dilacak nama ilmiahnya, yakni Anthurium crystallinum (anthurium kuping gajah), Anthurium pedatoradiatum (anthurium wali songo), Anthurium adreanum, Anthurium rafidooa, Anthuriuum hibridum, Anthurium makrolobum dan Anthurium scherzerianum. Jumlah tersebut masih jauh dari temuan ilmuan tanaman yang bernama Schoot yang mencatat ada 600 – 1000 spesies anthurium yang tersebar di dunia. Namun, hingga kini banyak jenis yang belum teridentifikasi. Kebanyakan tanaman ini tumbuh di daerah tropis basah di hutan hutan amerika tengah dan amerika selatan. Beberapa di antaranya hidup di lingkungan yang agak kering.

Menurut ahli biologi dari ugm Pratama Adi, Anthurium di Indonesia yang paling banyak di gemari dan di buru oleh para kolektor adalah jenis anthurium jemani. Oleh karena itu tak heran di Indonesia anthurium jemani harganya paling mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Related Posts

Add Comment