Jenis Anthurium Untuk Tanaman Hias Indoor dan Pemeliharaannya

AnthuriumsPaling tidak ada 8 jenis anthurium yang bisa anda gunakan sebagai tanaman hias indoor. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai hal tersebut serta bagaimana cara pemeliharaan tanaman anthurium yang di tanam di dalam ruangan. Jenis anthurium yang bisa digunakan sebagai tanaman indoor adalah

  1. Anthurium ferrierense
    Ciri dari tanaman ini adalah daun berbentuk jantuk, tepi daun rata dan permukaan daun licin seperti kulit, warna hijau cerah. Pada waktu daun muda berwarna merah muda. Panjang daun 15-20 cm dan lebar 10 – 15 cm. Tangkai daun bulat kecil panjang 30 – 40 cm. Tinggi tanaman kira kira 70 cm. Yang menarik dari tanaman ini ialah bunganya yang seperti tongkol kecil 3 – 5 cm dengan seludang bunga yang berbentuk jantung berwarna merah jambu menyala, sepanjang 10 – 12 cm.
  2. Anthurium crystallinum (Kuping gajah)
    Merupakan tanaman hias indoor yang berasal dari peru. Daunnya sangat menarik berbentuk jantung yang besar menyerupai telinga gajah. Warna daun hijau tua dengan urat urat daun yang berwarna hijau muda keputih putihan jelas menonjol di atas dasar yang hijau kelam seolah olah kristal. Panjang daun 20 -40 cm dengan lebar 15 – 38 cm. Tepi daun rata, tangkai daun bulat kecil sepanjang 40 – 50 cm. Tanaman dapat tumbuh setinggi 80 cm.
  3. Anthurium hookeri
    Jenis anthurium ini berasal dari kepulauan karibia. Daunnya besar berwarna hijau muda mengkilat dengan tangkai sepanjang + 70 cm. Tongkol bunga berwarna ungu dengan seludang bunga berwarna hijau. Untuk lebih detail mengenai jenis anthurium ini bisa anda baca langsung ke artikel yang membahas khusus tentang Anthurium hookeri.
  4. Anthurium macrolobium
    Hybrid ini punya tipe lain karena memiliki daun yang bertangkai panjang. Daun berwarna hijau dengan tepi yang bertoreh menjari (berlekuk). Tinggi tanaman ini bisa mencapai 100 cm.
  5. Anthurium magnificum
    Tanaman hias ini berasal dari colombia, tinggi tanaman bisa mencapai 70 cm. Daun sangat besar mengkilat seperti beledu.
  6. Anthurium regale
    Tanaman hias ini berasal dari peru, tingginya 70 – 100 cm. Daun sangat besar, warnanya hijau tua dan urat urat daunnya cerah (hijau muda). Daun bunga berwarna cokelat dengan tongkol kecil berwarna cokelat.
  7. Anthurium robustum
    Tanaman dapat tumbuh setinggi 1 meter dengan daun daun besar hijau tua dengan urat urat daun yang hijau cerah. Bunganya mirip A. regale tetapi warnanya hijau kecoklatan.
  8. Anthurium roezli
    Tanaman ini berasal dari colombia. Jenis yang kecil dan kerdil setinggi 30 – 40 cm. Daun daun kecil berwarna hijau muda. Biasa dipelihara/tumbuh di ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut.

Pemeliharaan Sebagai Tanaman Hias Indoor

  • Cahaya : Tanaman ini tumbuh baik dibawah naungan atau cahaya semi langsung. Jika cahaya lampu kira kira 400 footcandles.
  • Temperatur : malam hari : 10 – 12,5 C
    Siang hari : 20 – 22,5 C
  • Kelembapan : Tanaman ini menyukai kelembapan tinggi lebih dari 50%. Tetapi jenis ini juga tahan sekali terhadap keadaan kering, asalkan di tempat yang teduh. Tanah yang disukai agak lembap.
  • Pemupukan : Setiap 3 bulan sekali dengan dosis pupuk untuk tanaman hias
  • Media : 1/3 bagian tanah, 1/3 bagian pasir, 1/3 bagian pupuk kandang dan 1 lapis pecahan bata merah di dasar pot.
    Tanaman tumbuh lambat sehingga penggantian media dilaukan jika tanaman mulai penuh dengan daun daun baru yang kurang sehat dan batangnya sudah memanjang. Kira kira 2 tahun setelah penanaman.
  • Perbanyakan : dengan stek batang. Dari setiap buku tempat duduk daun akan menjadi tanaman baru. Selain itu juga dapat diperbanyak dengan biji

Related Posts

Add Comment