Jenis Tanaman Hias Anthurium dan Gambarnya

Anthurium varigata

Semula nama tanaman anthurium hanya dialamatkan kepada tanaman kuping gajah. Ciri khasnya terletakp ada daunnya yang berbentuk jantung dan menyerupai telinga gajah. Sesungguhnya ini menunjuk pada Anthurium crystallianum. Dan itulah tanaman anthurium pertama yang diintrodusir ke Indonesia. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, kini telah banyak dijumpai anthurium lainnya, bahkan dengan penampilan yang lebih mempesona. Tidah hanya daunnya yang menarik tetapi ada beberapa anthurium yang justru bunganya mampu menimpulkan daya pesona tersendiri. Jadi sekarang ini jenis anthurium bisa dibedakan menjadi dua yaitu anthurium daun dan anthurium bunga.

Jenis Anthurium

Seperti telah dijelaskan di atas terdapat 2 jenis tanaman anthurium. Anthurium daun memiliki daun sepanjang 20 – 40 cm dan lebarnya 15-38 cm. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau kelam. Urat urat dauun sangat menonjol di atas warna dasar daun. Sementara itu, daun anthurium bunga umumnya kecil sampai sedang. Permukaan daun atas licin atau mengkilap.

Sosok bunga anthurium terdiri atas dua bagian utama yaitu bunga sebenarnya atau asli dan seludang bunga. Bunga sebenarnya berukuran kecil kecil, berjejal dan rapat melekat di sumbu tongkol. Sementara itu, seludang bunga berbentuk jantung atau bulat telur dengan ujung runcing mirip ekor. Nah, justru seludang bunga berekor inilah yang menjadi ciri khas tanaman anthurium.

Anthurium Daun

Anthurium jenmanii

Anthurium jenmanii

Selain Anthurium crystallianum yang termasuk jenis anthurium daun, masih banyak lagi spesies anthurium daun lainnya. Diantaranya Anthurium varigata dan Anthurium jenmanii. Anthurium varigata merupakan tanaman yang berasal dari bangkok dan mempunyai daun berbentuk panjang lonjong dengan ujung meruncing. Sedangkan Anthurium jenmanii merupakan tanaman yang pernah booming di sekitar tahun 2008. Tanaman ini memiliki kesan kokoh dan rimbun. Daun dari Anthurium jenmanii panjang dan lebar, bertangkai pendek dan urat uratnya tampak jelas. Pada saat daun masih muda, warnanya kemerah merahan dan saat dewasa daunnya berubah menjadi hijau.

Jenis Anthurium daun yang sedang trend adalah dari spesies Anthurium wave of love. Daunnya tanaman anthurium ini indah dan unik. Berbentuk panjang, bergelombang, permukaan mengkilap, urat uratnya tampak jelas dan bertangkai pendek. Tak kalah menariknya dari Anthurium wave of love, jenis Anthurium coreacum juga sangat menarik . Daun tanaman ini lancip memanjang mencapai satu meter menyerupai ujung tombak.  Tanaman yang berasal dari negeri samba ini bertangkai kekar, tetapi pendek, berdiri tegak, kaku dan keras.

Anthurium Bunga

jenis anthuriumTanaman anthurium bunga mampu berbunga sepanjang tahun dan yang menjadi daya tariknya adalah bagian seludang bunganya yang mencolok dari warna merah, oranye, pink atau kadang kadang putih. Contoh dari jenis anthurium bunga adalah Anthurium avo lydia, tanaman hias yang berasal  belanda ini memiliki seludang bunga berwarna pink bertesktur tebal. Tongkol bunganya juga berwarna pink  sedangkan tangkai bunga tanaman ini berwarna kehijauan.

Ada juga Anthurium avo red dengan seludang bunga merah tua mengkilap. Seludang bunganya ini bertekstur tebal, meskipun seludang bunga berwarna merah, tongkol bunganya berwarna kuning, kuning muda atau putih. Tangkai bunga Anthurium avo red ini berwarna hijau kemerahan.

Related Posts

Add Comment