Jenis Bonsai Langka Terbaik

Kita mungkin sudah sering melihat bonsai beringin, cemara, adenium ataupun pohon asem. Keempatnya sudah sering dijadikan sebagai pohon mini, baik oleh seniman Indonesia ataupun luar negeri. Tetapi pernahkah anda terpikirkan untuk memiliki jenis bonsai langka yang jarang dimiliki orang lain?

Berikut beberapa jenis bonsai langka yang menurut saya terbaik untuk dijadikan koleksi anda.

Bonsai Kelapa Berbuah

Bonsai kelapa mungkin sudah biasa dan banyak yang memilikinya tetapi jika bonsai kelapa berbuah sejauh ini sangat jarang yang dapat membuatnya. Hal tersebut dikarenakan dikarenakan banyak orang belum mengetahui cara membuat bonsai kelapa berbuah dengan cepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dantaranya adalah pemberian pupuk dengan komposisi yang tepat, pemberian hormon perangsang buah dan pemilihan spesies kelapa yang cepat berbuah. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut maka saat masih berukuran kecil saja bonsai anda akan dapat berbuah seperti gambar diatas.

Bonsai Ghalf

Ghalf merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Asia Barat tepatnya di Pakistan, Afganisan, Saudi Arabia dan India. Tanaman yang bernama latn Prosopis cinera ini memiliki daun majemuk sejajar. Walau habitat asalnya berada di daerah padang gurun, tanaman ini dapat ditanam dengan baik di Indonesia pada media tanam campuran pasir dan humus dengan perbandingan 3 : 1. Masih jarang orang yang membonsai tanaman ini baik di Indonesia maupun di negara asalnya, walau begitu ia relatif mudah untuk dijadikan bonsai. Permasalahan yang ada adalah bagaimana cara mendapatkan bibitnya, meningat ia bukan tanaman asli Nusantara dan setau saya tidak ada yang menjual bibitnya di dalam negeri.

Bonsai Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang digemari hampir seluruh manusia di muka bumi. Ia merupakan tanaman merambat yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Tetapi tahukah anda bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebuah bonsai? Pohon bonsai anggur yang memiliki buah merupakan salah satu jenis bonsai langka yang paling saya sukai. Hal tersebut dikarenakan untuk membuat tanaman ini memiliki batang utama yang besar dibutuhkan waktu yang lama. Beberapa gaya yang cocok dijadikan model bonsaitanaman ini ialah gaya air terjun dan gaya meliuk.

Bonsai Azeala

Azalea merupakan sebah tanaman berbunga yang biasa tumbuh di Asia timur. Ia banyak di temukan di negara Cina dan Jepang dan berbunga setiap bulan juni. Azalea memiliki daun yang berwarna hijau tua berbentuk oval dikombinasikan dengan bunganya yang berwana merah muda, ia menjadi salah satu tanaman hias terpopuler. Azalea mudah ditemukan di Indonesia tetapi orang yang mencoba membonsainya masih sangat sedikit. Padahal bonsai azalea yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang bermekaran akan terlihat sangat mempesona untuk menjadi tanaman hias di halaman rumah anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *