Jenis Bunga Anggrek Dendrobium Ungu

Bunga anggrek dendrobium ungu merupakan salah satu jenis yang paling banyak dicari oleh para pecinta anggrek. Di Indonesia anggrek dendrobium ungu yang paling terkenal adalah anggrek larat yang berasal dari maluku. Walau begitu sebetulnya bukan hanya itu saja dendrobium yang berwarna ungu, paling tidak ada puluhan atau bahkan ratusan spesies lainnya. Pada kesempatan ini marilah kita bahas sebagian.

Dendrobium phalaenopsis

Dendrobium phalaenopsisLebih dikenal sebagai anggrek larat karena bunga ini berasal dari pulau larat, salah satu pulau terluar indonesia yang berada di kabupaten maluku. Dendrobium ini banyak dicari oleh para kolektor di luar negeri walau begitu untuk memilikinya tidak mudah hal ini dikarenakan spesies ini merupakan tanaman langka yang dilindungi. Jikalau ada yang nekad menjual spesies anggrek ini harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Dendrobium bigibbum

Dendrobium bigibbumMerupakan jenis dendobrium yang memiliki kemiripan bentuk dengan anggrek larat, yang membedakannya adalah dalam satu batang Dendrobium bigibbum bisa terdapat hingga lebih dari 20 bunga. Anggrek ini di Indonesia bisa ditemukan di daerah papua. Walau tidak seterkenal anggrek larat tanaman yang juga bisa ditemukan di Australia ini juga tak kalah mahal. Satu tanaman anggrek dendrobium ungu ini harganya bisa mencapai puluhan juta.

Dendrobium anosmum

Dendrobium anosmumDendrobium anosmum merupakan jenis anggrek dendrobium yang banyak terdapat di Indonesia. Bunganya memiliki warna yang harum dan berdiameter 8-10 cm. Bagian luarnya bunganya (kelopak dan mahkota) berwarna ungu muda sedang bagian dalamnya berwarna ungu tua. Bunga anggrek dendrobium ungu ini dapat mekar hingga sekitar 7 hari. Selain di Indonesia D. anosmun dapat ditemukan di India, Semenanjung Malaya, Indochina, Indonesia, Piliphina dan Papua Nugini.

Dendrobium carronii

Dendrobium carroniiDendrobium carronii adalah anggrek epifit kecil dalam keluarga Orchidaceae. Bunga anggrek yang berasal dari Papua ini memiliki bentuk yang unik dimana 2 mahkota bunganya berwarna ungu sedangkan 3 mahkota berwarna putih. Pada bagian tengah bunga D. Carronii ini berwarna kuning. Spesies anggrek ini merupakan salah satu flora papua yang indah dan banyak diburu oleh para kolektor. Saya sendiri lebih menyukai jenis anggrek ini dibandingkan anggrek larat yang menjadi maskot bunga anggrek Indonesia.

Dendrobium ceraula

Dendrobium ceraulaBunganya berwarna ungu muda (lavender), Jenis anggrek ini merupakan spesies endemik pulau luzon, filipina. Tanaman ini biasanya hidup pada batang dan cabang pohon pada ketinggian di atas 1.300 meter di atas permukaan laut. Biasanya dalam 1 batang tumbuh sekitar 4 bunga dan batangnya ini dikelilingi daun daun berjumlah banyak.

Dendrobium crepidatum

Dendrobium crepidatumBunga anggrek ini merupakan tanaman yang berasal dari cina selatan tepatnya di Guizhoi, Yunan. Bunganya sangat unik bagian luarnya berwarna ungu, tengahnya berwarna putih dan bagian dalam berwarna kuning. Anggrek ini tergolong spesies yang langka dan terancam punah. Hal ini dikarenakan budidaya anggrek D. crepidatum ini begitu sulit.

Dendrobium erosum

Dendrobium erosumBunga ini merupakan salah satu anggrek dendrobium ungu yang berasal dari Indonesia. Persebarannya berada di pulau jawa, sumatera dan sulawesi. Tanaman ini di alam dapat tumbuh hingga mencapai 2,5 meter. Bentuk bunganya unik dan berbeda dengan anggrek kebanyakan. Bunganya yang lonjong jika dilihat mirip seperti kantong semar. Dalam satu batang D. erosum bisa terdapat 20 bunga.

Itulah sebagian kecil dari jenis bungga anggrek dendrobium ungu, sebenarnya masih banyak lagi spesies dendrobium lainnya, semoga informasi ini berguna bagi anda.

Related Posts

Add Comment