Jenis Bunga Mawar dan Deskripsinya

Pengembangan budidaya mawar telah meluas di berbagai negara di dunia. Popularitas bunga mawar di dunia sudah sejak tahun 1800an, Di Amerika terdapat jenis bunga mawar seperti Rosa odorata, R. odorata ochoroleuca dan R. foetida persiana. Di rusia dikenal jenis mawar R. vilosa dan R. canina yang dijadikan bahan baku industri parfum. Di turki dan albania mengembangkan mawar R. damasena dan R. alba.

Dalam perkembangan selanjutnya aneka jenis mawar kuno dikawin silahkan dengan ragam jenis bunga mawar lainnya, sehingga varietas varietasnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Perpaduan mawar kuni (Old Roses) dengan mawar mordern (Modern Roses) merupakan suatu revolusi untuk menghasilkan jenis jenis mawar yang memiliki ragam bentuk, warna dan habitat tanaman yang bervariasi.

Pengelompokkan Jenis Bunga Mawar di Dunia

Jenis Mawar Katharina Zeimet

Dari banyak ragam jenis atau varietas mawar di dunia, pada prinsipnya dapat dikelompokkan menjadi tujuh macam mawar, yaitu :

1. Hybrid Tea
Deskripsi Bunga Mawar : Bunga tunggal, berukuran besar, tangkai panjang, susunan kelopak bunga padat dan aromanya harum.
Contoh Varietas : Mr. Lincoln, Peace dan Queen Elizabeth

2. Polyantha (Baby Rose)
Deskripsi Bunga Mawar : Bunga banyak, ukuran kecil kecil dan bergerombol dalam satu rangkaian. Jenis bunga mawar ini merupakan hasil persilangan Polyantha x Hybrid Tea.
Contoh Varietas :Katharina Zeimet, Paul Grampel, Gloria Mundi.

3. Floribunda
Deskripsi Bunga Mawar : Warna bunga campuran dan tipe tanaman di antara Hybrid Trea dan Polyantha.
Contoh Varietas : Circus dan Fashion

4. Mawar Pagar (Climbing Rose)
Deskripsi Bunga Mawar : Tanaman memanjat dan bunganya tidak harum
Contoh Varietas : Marschal Niel dan Citronela

Bunga Mawar Queen Elizabeth

Bunga Mawar Queen Elizabeth

5. Grandiflora
Deskripsi Bunga Mawar : Bunga besar besar dengan diameter sekitar 12,5 cm dan kelopak bunga mencapai kurang lebih 60 helai. Kelompok mawar ini merupakan keturunan hasil silangan Floribunda x Hybrid Tea.
Contoh varietas : Queen Elizabeth dan Apricot Nectar

6. Perpetual
Deskripsi Bunga Mawar : Bunga besar besar, berdiameter 17,5 cm dan kelopak bunganya sekitar 100 helai. Merupakan hasil persilangan mawar Damaskus x China X Bourbon.
Contoh Varietas : American Beauty dan Henry Hevard

7. Tea Rose (Mawar Kuno)
Deskripsi Bunga Mawar : Bunga Kecil, diameter 5 – 7,5 cm dan tipe bunga double atau semi double. Kelompok ini dapat dikelompokkan lagi menjadi :

a. French Rose (Mawar Perancis)
Deskripsi  : Bunga kecil dan kelopak bunga + 60 helai.
Contoh Varietas : Apothecary dan Tuscany

b. Damask (R. damascena)
Deskripsi  : Bunga kecil dan habitus tanaman perdu.
Contoh Varietas : Celsiana dan Rose du Roi,

c. Cabbage (Mawar Kubis)
Deskripsi  : Bentuk bunga mirip krop kubis, diameter bunga 2,5 – 7,5 cm.
Contoh Varietas : Rose de Peintres dan Rose de Meaux.

d. Moss
Deskripsi  : Mirip mawar kubis tapi warna bunga dominan merah jambu.
Contoh Varietas : Alfred de Dalmas dan Crested Moss

e. Hybrid Musk
Deskripsi : Berbunga sepanjang tahun dan bunganya tahan lama.
Contoh Varietas : Belinda, Efurt dan Buff Beauty

Mawar Efurt

f. Alba (R. alba)
Deskripsi : Berbunga Putih
Contoh Varietas : Will Scarlet

g. Bourbon, Noisette China (Mawar Benggala)
Deskripsi : Bunga kecil dengan kelopak bunga 5 – 80 helai.
Contoh Varietas : Hermosa dan Marechal riel niosete

h. Seetbrier (Eglantine)
Deskripsi : Jarang berbunga, bunganya kecil dengan diameter sekitar 3,5 cm.
Contoh varietas : Lady Penzane dan Lord Penzane

Bunga mawar dapat dikelompokkan juga berdasarkan kebiasaan pemeliharaannya. Dalam pengelompokkan berdasarkan hal ini dikenal tiga kelompok mawar yaitu :

  • Mawar Perdu, merupakan sosok tanaman mawar yang mengalami perlakuan pemangkasan cabang, ranting dan akar, sehingga bentuknya menyerupai semak semak kecil.
  • Mawar Pohon, Merupakan sosok tanaman mawar yang selalu mengalami pemangkasan selama (sepanjang) hidupnya.
  • Mawar Mini, merupakan sosok tanaman mawar yang mengalami perlakuan seperti pada pembentukan bonsai, sehingga sering juga disebut sebagai bonsai mawar.

Di antara tujuh jenis bunga mawar tadi, hanya empat kelompok yang banyak dibudidayakan di berbagai negara di dunia, yaitu Hybrid Tea, Polyantha, Floribunda dan Mawar Pagar.

Varietas Mawar

Vivaldi Rose

Mawar vivaldi yang merupakan hybird yang dikembangkan di Indonesia

Dari waktu ke waktu ragam jenis atau varietas bunga mawar makin bertambah jumlahnya. Sebagai ilustrasi di Imperial Garden of Malmaison di Perancis sejak tahun 1810 sampai sekarang telah berhasil mengoleksi 255 jenis bunga mawar yang terdiri atas : 167 R. gallican, 9 R. damascena, 27 R. centifolia, 8 R. alba, 22 R. china, dan 22 jenis mawar lainnya. Di inggris seorang pemulai tanaman bernama David Austin selama 50 tahun telah menghasilkan 90 jenis mawar silangan baru, diantaranya varietas Aloha, parade dan Madame Caroline Testout yang termasuk mawar hibrida paling tersohor.

Dewasa ini perkembangan mawar hibrida paling pesat di Amerika Serikat. Di daerah Southern California terdapat 70 jenis bunga mawar asal inggris yang dikembangkan di kawasan tersebut, diantaranya terdapat varietas yang paling populer yaitu Constance Spry, Rosa hero dan Rosa Belle Story. Di South Carolina terdapat lebih dari 20 jenis mawar asal inggris diantaranya yang paling populer adalah Rosa Heritage dan Rosa the Reeve.

Di Indonesia akhir akhir ini mulai berkembang aneka jenis bunga mawar hibrida, terutama jenis atau varietas mawar yang berasal dari Belanda. Kelompok mawar yang banyak peminatnya adalah tipe Hybrid Tea dan Medium. Kelebihan kedua tipe mawar ini adalah memiliki variasi warna bunga cukup banyak, mulai putih sampai merah pandan. Di samping itu, tingkat produktivitas mawar tersebut cukup tinggi, berkisar antara 120 – 280 kuntum bunga/m2/tahun.

Beberapa varietas mawar hibrida yang telah ditanam di Indonesia oleh PT. Perkebunan Mangkurajo adalah Jenis Coctail, Diploma, Idole, Jacaranda, Laminuetta, Osiana, Parea, Samourai, SOnate de Meilland, Sonia, Sweet Sonia, Tineke, Vivaldi, White Succes dan Yonina.

Related Posts

Add Comment