Jenis Bunga Teratai

Paling tidak terdapat lebih dari 45 jenis bunga teratai dengan 200 varietas yang ada di dunia. Beberapa yang paling terkenal adalah Nymphaea alba, Nymphaea odorata, Nymphaea tuberosa, Nymphaea gigantea dan Nymphaea nouchali.

Nymphaea alba

Bunga teratai putihNymphaea alba merupakan jenis bunga teratai paling terkenal dan di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan teratai putih. Di Indonesia Teratai putih begitu terkenal hingga ada sebuah perguruan silat yang menggunakan nama teratai putih.

Tanaman ini hidup pada air dengan kedalaman 30 – 150 cm dan menyukai hidup pada kolam atau danau besar. Daunnya bisa mencapai 30 cm dan tanaman ini tumbuh melebar hingga bisa mencapai 1,5 meter. Sesuai namanya, teratai putih memiliki bunga berwarna putih dan memiliki banyak benag sari kecil di dalamnya

Nymphaea odorata

Nymphaea odorataTanaman ini di Indonesia dikenal nama bunga tanjung. Jenis tanaman teratai ini merupakan tanaman yang berasal dari amerika utara tepatnya di negara Kanada. Habitat asalnya adalah danau dan perairan dengan arus lambat.

Tanaman ini berakar dari rimbang bercabang. Daunya berbentuk lingkaran dengan lapisan lilin anti air supaya tidak robek oleh arus air. Bunganya simetris dengan benang sari berwarna kuning menonjol ditengah banak kelopak putih. Yang unik dari tanaman teratai ini adalah bunganya akan membuka di setiap pagi dan menutup lagi setiap malam.

Nymphaea tuberosa

Nymphaea tuberosaNymphaea tuberosa merupakan tanaman teratai yang berasal dari Danau Champlain, New England. Di amerika spesies ini sering dijadikan makanan dan obat, Nymphaea tuberosa dikenal sebagi obat batuk yang ampuh. Walau begitu bunganya yang berwarna merah muda juga tak kalah indah dengan tanaman teratai lainnya. Daun tanaman ini memiliki dapat tumbuh hingga memiliki diameter 10 – 40 cm.

Nymphaea gigantea

bunga teratai papuaTanaman ini dikenal dengan nama teratai raksasa dan merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia tepatnya di Papua. Daunnya bundar dan dapat tumbuh hingga memiliki diameter hingga mencapai 1 meter. Bunga dari tanaman teratai raksasa ini sangat indah dengan ukuran besar berwarna biru yang dapat tumbuh hingga memiliki diameter antara 25 – 30 cm. Tak heran jika tanaman teratai ini di amerika harganya sekitar 40 – 50 dollar (600 – 700 ribu rupiah) per tanaman.

Nymphaea nouchali

Teratai biruTanaman ini merupakan bunga nasional dari Negara Sri Langka dan Bangladesh dan lebih dikenal dengan sebutan teratai biru. Tanaman akuatik ini tersebar dari Afganistan, India, Asia tenggara, Cina dan Australia.

Jenis bunga teratai ini termasuk tanaman Nonviviparous dimana bunganya hanya mekar selama sehari. Daunnya bulat dan berwarna hijau di bagian atas tetapi memiliki warna hijau kehitaman di bagian bawahnya. Tepi daunnya bergelombang memberi tampilan sangat menarik bagi taaman ini. Ukuran daunnya sekitar 20 – 23 cm dan tanaman ini tumbuh menyebar hingga memiliki diameter 1,8 m.

Itulah 5 jenis bunga teratai yang paling terkenal, dari ke lima tersebut bunga teratai raksasa yang berasal dari Indonesia menjadi yang paling mahal. Hal ini, selain karena ukuran bunga dan keindahannya juga karena spesies teratai inilah yang paling langja sehingga di buru oleh para kolektor tanaman hias. Apakah anda tertarik juga untuk mengoleksinya?

Related Posts

Add Comment