Jenis, Gambar dan Morfologi Teripang Laut Yang Dikonsumsi di Indonesia

TeripangJenis, Gambar dan Morfologi Teripang Laut Yang Dikonsumsi di Indonesia

Teripang merupakan salah satu komoditas laut Indonesia yang bisa dikonsumsi. Teripang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Di lautan Indonesia terdapat berbagai spesies dari teripang, ada yang biasa dikonsumsi ada yang tidak. Berikut akan saya kemukakan beberapa spesies dari teripang laut yang dikenal umum sebagai teripang konsumsi di Indonesia. Selain jenisnya kami cantumkan beberapa ciri morfologi dari teripang tersebut serta gambarnya sehingga anda lebih mudah dalam membedakannya.

  1. Teripang pasir
    Gambar Teripang pasir

    Gambar Teripang pasir

    Teripang pasir atau teripang putih (Holothuria scabra) mempunyai ciri morfologi bentuk badan yang bulat dengan panjang sekitar 30 cm. Warna punggungnya abu abu sampai agak kehitaman dengan garis garis melintang dan diantara garis garis tersebut terdapat warna putih. Warna bagian perutnya kuning keputih putihan dengan bercak bercak hitam kecil. Seluruh permukaan kulitnya kasar bila diraba.
    Jenis teripang laut ini hidup sendiri sendiri diantara karang dan perairan yang dasarnya mengandung pasir halus. Jenis ini paling banyak dicari oleh pengumpul teripang dan kini mulai dibudidayakan. Dalam perdagangan, jenis ini disebut sebagai teripang putih, teripang kapur atau teripang pasir. Adapula yang menyebutnya sebagai teripang tahi kucing karena penampilannya seperti kotoran kucing.

  2. Teripang Lotong
    Gambar Teripang Lotong

    Gambar Teripang Lotong

    Teripang lotong (Holothuria nobilis) morfologi tubuhhnya seperti tabung dan berkulit tebal. Warnanya hitam kecokelatan, begitu pula bagian perutnya. Panjangnya sekitar 25 cm. Lubang duburnya berbentuk bintang berwarna kekuningan. Jenis ini banyak terdapat di daerah pasang surut di Indonesia bagian barat. Di kepulauan seribut, jenis ini dikenal sebagai teripang lotong

  3. Teripang getah
    Gambar Teripang getah

    Gambar Teripang getah

    Teripang getah atau teripang keling (Holothuria vacabunda) mempunyai bentuk tubuh bulat pajang dan langsing. Panjang badannya 20-30 cm. Warna badan cokelat muda atau cokelat tua. Di bagian mulutnya, terdapat rumbai rumbai pendek menyerupai kembang kol. Apabila ditangkap, ia sering mengeluarkan getah atau lendir berwarna putih yang berfungsi sebagai alat untuk membela diri sehingga lazim disebut teripang getah.

  4. Teripang olok olok
    Teripang olok olok

    Teripang olok olok

    Teripang olok olok atau teripang cokelat (Holothuria marmorata) mempunyai badan berbentuk bulat panjang dan kecil. Di beberapa daerah, warna teripang ini cukup variatif. Ada yang berwarna cokelat kuning dan ada pula yang berwarna cokelat pekat. Pada umumnya, arna teripang ini abu abu kecokelatan. Badannya ditutupi oleh tonjolan menyerupai duri yang berbentuk kerucut dan berwarna kuning muda. Di bagian atas dan sisi badan terdapat bercak bercak tidak teratur berwarna cokelat. Ciri lain dari jenis teripang ini adalah adanya sekat yang terputus putus di bagian atas dan bagian bawah badannya. Sekat ini tampak semakin berkurang di bagian bawah mulut dan dubur. Dari bagian mulut sampai bagian belakang, terdapat semacam sekat yang seolah olah membagi badan menjadi dua bagian sama besar.

  5. Teripang batu keling
    Teripang batu keling

    Teripang batu keling

    Teripang batu keling (Holothuria edulis) mempunyai tubuh yang bentuknya memanjang seperti kerucut. Tentakelnya tak teratur, ada yang berwarna cokelat kuning mulus dan ada yang hampir hitam. Durinya seperti kerucut berwarna kuning muda. Panjang tubuhnya sekitar 15 cm. Jenis ini suka membuat lubang pasir dan aktif pada malam hari. Pada siang hari, teripang batu keling membenamkan diri di pasir.

  6. Teripang darah
    Gambar Teripang darah

    Gambar Teripang darah

    Teripang darah (Holothuria atra) mempunyai tubuh yang berbentuk langsing memanjang. Warna tubuhnya hitam, dengan tentakel kekuning kuningan sepanjang 15-20 cm. Jenis ini hidup di perairan berpasir atau diantara karang yang tertutup pasir. Badannya tertutup pasir sehingga hanya nelayan yang biasa menangkapnya saja yang tahu persis tempat persembunyian teripang darah ini.

Itulah 6 jenis dan gambar teripang yang biasa di Konsumsi berserta ciri morfologinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *