Jenis Ikan Cupang Aduan Terganas

Dari sebutannya sudah dapat ditebak bahwa jenis ikan cupang aduan adalah kelompok yang digunakan untuk di adu. Namun, beberapa jenis cupang aduan juga bisa dijadikan sebagai cupang hias karena keelokan warnanya. Oleh sebab itu, terdapat beberapa karakteristik yang harus dimiliki ikan cupang aduan agar dapat bertarung dengan baik dan menjadi juara. Beberapa karakteristik tersebut diantaranya :

  1. Memiliki ring bibir tebal. Ketebalan ring bibir berguna untuk melakukan bantingan yang kuat serta melakukan benturan.
  2. Memiliki ggi yang tajam. Ketajaman gigi berguna untuk merusak sirip dan melukai tubuh lawan. Jika siripnya rusak dan tubuhnya terluka, mental lawan bisa jatuh dan tidak sanggup melanjutkan pertarungan.
  3. Bentuk tubuh yang mendukung pergerakan, Bentuk tubuh cupang aduan bisa pipih (kompres) atau silinder. Masing masing memiliki keunggulan berupa pukulan pukulan dan gaya menghindar yang khas.
  4. Memiliki mental petarung yang tanggung. Kekuatan mental petarung yang tangguh menyebabkan ikan memiliki daya serang dan pertahanan yang kuat. Hal ini tentu akan merepotkan dan membuat cupang lawan kelelahan.

Betta splendens

Ikan cupang aduan siamSelain sebagai cupang hias, Betta splendens juga merupakan jenis adu, terutama jenis yang lama. Ikan ini memiliki daya tahan yang cukup kuat, tetapi sisiknya kurang tebal dengan gigi yang kurang tajam, pada tutup insangnya terdapat dua garis vertikal berwarna merah. Sosok ikan cupang ini terbilang kecil dengan warna tubuh cenderung gelap. Tubuhnya merupkan perpaduan antara merah tua dan biru tua serta tidak ada totol totol di tubuhnya. Gerakan tubuhnya agresif. Ketika bertemu lawannya, ikan cupang aduan ini cenderung lebih dahulu menyerang.

Betta mahachai

Betta mahachaiNama mahachai merupakan nama sebuah kota kecil 28 km sebelah barat bangkok, Thailand yang sekarang diubah menjadi samut sakhon. Di kota kecil inilah, Betta mahachai ditemukan pada tahun 2001.

Betta mahachai merupakan cupang yang memijah dengan membuat sarang busa (bubbe nest). Tubuhnya berwarna hijau metalik alami dengan bentuk lebih panjang dari Betta splendens dan berpenampilan fisik seperti betta smaragadina, tetapi perilakunya mirip Betta imbellis. Betta mahachai disebut sebut sebagai cikal bakal warna metalik pada Betta splendens sekarang, sebagai hasil silangan kedua jenis ikan cupang ini. Bagi penggemar ikan cupang aduan, Betta mahachai memiliki ketahanan dan kelengkapan pukulan yang luar basa.

Nonn panitvong, Akkapol Wisitchainont dan Arthit Prasartkhul adalah orang yang menemukan Betta mahachai pada bulan oktober 2001. Lokasinya di rawa rawa yang banyak ditumbuhi oleh pohon nipah (Nypa fruticans) sekitar kota Samut Sakhon. Keberadaanya sangat mengkhawatirkan karena habitatnya berada di sekitar rawa rawa yang kotor penuh dengan limbah daerah industri. Betta mahachai dapat bertahan dalam jumlah yang sedikit dan perlu dilestarikan dari kepunahan.

Sejak ditemukannya permintaan ikan cupang aduan satuan ini terus meningkat dari dalam dan luar negeri sehingga banyak orang yang datang ke tempat lokasi pertama ditemukan. Setahun kemudian, lokasinya telah berubah dan Betta mahachai sulit ditemukan di habitat aslinya. Perkembangan industri dan perumahan telah mempersempit habitatnya. Menurut penduduk lokal disana, Betta mahachai telah dipelihara sejak seratus tahun yang lalu sebagai cupang adu. Agar Betta mahachai memiliki kualitas adu yang lebih baik, mereka melepas induk cupang terbaiknya, baik itu Betta splendens, Betta smaragdina maupun Betta imbellis ke habitat Betta mahachai agar dapat dihasilkan cupang adu silangan yang lebih berkualitas. Setelah ratusan tahun, dihasilkan Betta mahachai yang dikenal sekarang ini.

Betta mahachai adalah spesies Betta splendens kompleks yang hingga saat ini belum diklasifikasikan secara resmi karena masih dipelajari apakah memang suatu spesies yang unik atau merupakan sub spesies (hibrid) dari Betta splendens. Hal ini karena keberadaannya dekat dengan kota dan ada orang yang melepas cupangnya di alam. Cupang tersebut lalu berkembang biak dengan spesies lain yang sudah ada dan membentuk hibrid jenis baru. Namun keunikan warna metalik di tubuh dan siripnya telah mampu membuat revolusi warna pada cupang hias yang dijumpai sekarang.

Betta imbellis

Betta imbellisBetta imbellis (slugger’s betta) berasal dari Malaysia dan Indonesia yang memiliki bentuk tubuh silinder dan berwarna hijau tua atau biru tua cemerlang. Kepalanya berbentuk bulat panjang dan berwarna hitam legam. Panjang tubuh dewasanya hanya 5 cm. Sirip insang berwarna hitam transparan. Namun, terkadang dijumpai slugger’s betta dengan sirip insang berwarna merah. Adapun sirip anal pendek dan berwarna merah dengan ujung berwarna putih. Sirip perut dan sirip ekor berwarna merah dengan tepi sirip berwarna biru atau hijau cemerlang. Sementara siri punggung berwarna hijau atau biru dihiasi bercak berwarna hitam. Di arena aduan, Slugger’s betta dianggap sebagai ikan cupang aduan teganas karena keganasannya saat bertarung. Di kalangan penggemar ikan cupang aduan, slugger’s betta ini dikenal sebagai sebutan cupang adu singapura.

Betta smaragdina

Ikan cupang aduan terganasTubuh Betta smaragdina berbentuk pipih dan berwarna hijau tua kehitaman. Cupang ini berasal dari kamboja, panjang tubuh Betta smaragdina dewasa dapat mencapai 6 cm. Kepala cupang ini bulat pendek dan berwarna hitam legam. Sirip insang berwarna hitam transparan. Adapun sirip analnya berukuran sedang dan berwarna hitam dengan bagian ujung berwarna putih kehijauan. Sirip perut dan sirip ekor berwarna hijau tua kehitaman dengan totol totol hitam. Sementara itu sirip punggung berwarna hijau muda dihiasi bercak hitam. Di arena pertarungan jenis ikan cupang aduan ini terkenal memiliki daya tahan yang tinggi (tahan pukul dan bermental kuat) dan diperdagangkan dengan nama cupang adu belgi singapura.

 

Related Posts

Add Comment