Jenis Ikan Hias Aquarium Ukuran Sedang

Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar – Sebenarnya banyak sekali pilihan ikan hias air tawar yang memiliki warna cantik dan bisa anda pelihara di aquarium ukuran sedang. Walau begitu berikut saya susun beberapa jenis ikan hias air tawar yang mudah anda pelihara secara bersama sama dalam satu aquarium dengan mudah. Ikan hias yang saya list ini juga memiliki warna yang indah, berikut listnya

Ikan Blue Acara

Ikan hias akara atau dikenal juga dengan nama blue acara merupakan ikan hias air tawar yang mudah di pelihara dan budidayakan. Ikan ini berasal dari negara panama, colombia, venezuela dan trinidad. Bentuk tubuh ikan blue acara ini oval telur, tinggi dan pipih. Walau namanya ada kata blue tubuh ikan ini ada yang berwarna zaitun hingga kuning hijau dan pada sisi badannya terdapat garis samar samar. Ikan blue acara ini sedikit agresif.

Ikan Arulius

Ikan AruliusIkan arulius ini sudah cukup lama dikenal dikalangan pecinta ikan hias indonesia. Arulius merupakan salah satu ikan yang paling sering dijadikan ikan hias aquarium oleh para penghoby ikan pemula. Ikan ini tubuhnya mirip ikan bandeng dan warna tubuhnya merupakan kombinasi banyak warna seperti pada bagian punggungnya berwarna perak, perut ikan arulius berwarna kuning sedangkan bagian dekat insangnya berwarna kehijauan.

Ikan Badis Badis

Ikan badis badisIkan badis merupakan jenis ikan hias aquarium favorit saya, tubuh ikan ini panjangnya bisa mencapai 10 cm untuk jantan dan sekitar 6 cm untuk ikan betina. Ikan badis badis yang paling disukai adalah yang warna kulitnya seperti kulit harimau. Jika anda berminat memelihara ikan badis badis ini peliharalah ikan jenis ini minimal sepasang karena jenis ikan hias aquarium ini tidak menyukai hidup soliter.

Ikan Barbir

Ikan BarbirIkan babir ini bentuknya pipih memanjang, warnanya terlihat cemerlang dibawah lampu neon. Warna ikan babir ini adalah kombinasi orange dan keperakan, jenis ikan ini bisa anda pelihara dalam jumlah banyak di aquarium atau sedikit hal ini dikarenakan ikan babir merupakan ikan yang tidak agresif. Ikan ini dapat berkembang hingga ukurannya mencapai 12,5 cm, walau begitu di pasaran biasanya yang dijual ukuran 3-5 cm saja dan sangat jarang diatas itu.

Ikan Betok

Ikan BetokIkan betok ini termasuk kedalam ikan hias ukuran besar, jika dimasukkan ke aquarium ukuran 20 x 20 x 30 cm jenis ikan ini cocoknya diisi sepasang. Jika diisi lebih dari itu pertumbuhan ikan ini akan terganggu dan ada kemungkinan untuk stress. Ikan ini termasuk jenis ikan yang agresif sehingga sebaiknya tidak dicampur dengan ikan lain kecuali jika tersebut merupakan ikan kecil yang digunakan sebagai pakannya. Ikan disukai karena sifat agresifnya dan pemelihara biasanya menyukai saat ikan betok ini memakan ikan kecil yang merupakan mangsanya.

Ikan Cupang

Ikan cupangIkan cupang merupakan ikan yang terkenal sebagai ikan aduan. Walau begitu ikan cupang ini warnanya sangat indah dan bisa dipelihara di aquarium ukuran sedang. Ikan cupang ini bisa dicampur dengan ikan jenis lain yang tidak agresif semisal ikan barbir, tetapi jangan mencampur 2 ikan cupang dalam 1 aquarium karena mereka akan berkelahi. Ikan cupang termasuk jenis ikan yang tahan terhadap kondisi kurang baik, ikan ini bisa tahan lebih dari 3 hari tidak diberi makan dan tidak memerlukan aerator oksigen untuk hidupnya.

Related Posts

Add Comment