11 Jenis Ikan Mas Hias Untuk Akuarium Anda

Jenis ikan mas hias merupakan ikan hias air tawar dari Famili CyprinidaeSebenarnya jenis ikan hias ini ada banyak sekali di dunia dan berdasarkan penelitian tahun 2000an, jenis ikan dari famili Cyprinidae ada sekitar 1.250 spesies yang tersebar di wilayah amerika utara, eropa, asia dan afrika. Dari 1.250 jenis ini yang paling banyak di budidayakan di Indonesia adalah ikan mas spesies Cyprinus carpio tetapi jenis ikan ini masuk ke dalam kelompok ikan konsumsi. Sedangkan jenis ikan mas hias yang sudah dibudidayakan di Indonesia kurang lebih ada sekitar 11 spesies, yaitu :

Barbus arulius

ikan mas hiasJenis ikan mas hias ini berasal dari perairan india yang mempunyai ukuran tubuh sampai 12 cm. Bentuk tubuhnya memanjang dengan warna tubuh putih kehitam hitaman dan pada bagian tubuhnya terdapat tiga garis vertical berwarna hitam. Jenis ikan hias ini lebih dikenal dengan sebutan Arulius barb. Jika anda ingin memeliharanya pastikan kolam untuk memelihara Arulius barb ini memiliki panjang lebih dari 90 cm dan suhu air yang baik di dalam akuarium adalah 23 – 26C. Spesies ikan ini termasuk ke dalam kategory yang sudah terancam punah karena populasinya di alam yang sudah menurun.

Barbus bariloides

Orange barbJenis ikan hias in berasal dari afrika selatan dengan panjang tubuh sampai 15 cm. Sedangkan ukuran tempat pemeliharaan sebaiknya mempunyai panjang 45 cm. Suhu di dalam akuarium berkisar antara 23 – 26C. Jenis ikan mas hias ini sangat agesif di dalam akuarium, mempunyai warna tubuh orange sedangkan pada sirip ekornya berwarna abu abu transpara. Jenis ikan hias ini disebut juga dengan nama orange barb.

Barbus conchonius

Barbus conchoniusJenis ikan hias ini berasal dari india dan mempunyai nama lain yaitu rosy barb. Mempunya panjang tubuh sampai 14 cm sehingga akuarium ideal untuk memelihara jenis ikan hias ini adalah yang panjangnya 60 cm. Jenis ikan mas hias ini mempunyai warna tubuh hitam keorangean denga sirip ekornya yang membesar dan sirip punggung, sirip perut serta sirip anus yang cukup indah. Ikan rosy barb betna biasanya terlihat lebih gemuk dibandingkan ikan jantan.

Barbus fasciatus

striped barbJenis ikan hias ini brasal dari Sumatera, Kalimantan dan Malaysia. Jenis ikan hias ini panjang tubuh maksimalnya hanya 6 cm. Barbus fasciatus mempunyai bentuk tubuh yang langsing dengan warna dasar tubuhnya kuning serta terdapat garis horizontal berwarna hitam pada bagian tubuhna. Oleh karena itu orang barat menyebut jenis ikan ini sebagai striped barb.

Barbus nigrofasciatus

Barbus nigrofasciatusJenis ikan hias ini berasal dari Srilangka. Panjang tubuh ika ini juga kecil hanya sampai 6 cm.Warna tubuh ikan kuning ke au abuan dengan adanya garis vertikal pada bagian tubuhnya yang berwarna hitam. Barbus nigrofasciatus dikenal juga dengan nama Black Ruby.

Puntigrus tetrazona

Sumatera barbIkan mas hias ini merupakan spesies yang berasal dari Sumatera, oleh karena itu ikan ini dikenal dengan sebutan sumatera barb. Tubuhnya berukuran kecil dengan panjang maksimal hanya sekitar 7 cm. Tubuhnya berwarna kekuningan dengan empat garis horizonta berwarna hitam seperti kulit macan sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai tiger barb. Saat ini, jenis ikan mas hias ini lah yang paling populer bahkan banyak diburu oleh penghoby ikan dari luar negeri.

Barbus semifasciolatus

China BarbJenis ikan mas hias ini berasal dari China oleh karena itu disebut juga sebagai China Barb. Bentuk tubuhnya ramping panjang panjang dengan warna tubuh kuning cerah dengan adanya bintik bintik hitam pada bagian tubuhnya. Ukuran ikan hias ini sekitar 10 cm, suhu di akuarium yang cocok untuk China Barb berkisar antara 22 – 25C.

Barbus schwanenfeldii

Barbus schwanenfeldiiJenis ikan ini banyak sekali terdapat di perairan Indonesia, Malaysia dan Thailand. Ukurannya dapat mencapai 35 cm. Bentuk tubuhnya pipih dan ramping dengan warna tubuh keperak perakan dan siripnya berwarna orange.

Brachydanio rerio

Brachydanio rerioJenis ikan mas hias ini sudah sangat banyak hidup di perairan Indonesia, walaupun sebenarnya ikan ini bukan berasal dari Indonesia tetapi berasal dari India dan Bangladesh.. Ikan ini ukuran tubuhnya hanya maksimal 5 cm. Bentuk tubuhnya ramping dengan warna tubuhnya seperti zebra yaitu adanya garis hitam horizontal pada seluruh bagian badannya yang berwarna putih dan perak. Karena bentuk tubuhnya yang mirip zebra, ikan ini dikenal sebagai ikan zebra danio.

Rasbora maculata

Rasbora maculataJenis ikan hias air tawar ini hanya ada di perairan Sumatera dan Malaysia. Ukuran jenis ikan hias ini kecil dengan panjang maksimal 2,5 cm. Ikan ini dapat tumbuh dengan baik pada akuarium denga suhu berkisar antara 21 – 25C. Warna tubuh ikan ini putih kemerah merahan dengan adanya bintik hitam pada bagian badan dan pangkal sirip ekor serta sirip dubur oleh karena itu ikan hias ini disebut juga Spotted Rasbora.

Rasbora heteromorpha

Rasbora heteromorphaJenis ikan mas hias in berasal dari perairan Indonesia, Malaysia dan Thailand. Jenis ikan ini sudah sejak lama menghiasi akuarium di dunia karena warna tubuhnya yang khas dimana separuh badannya dari sirip punggung sampai sirip ekor berwarna gelap sedangkan pada bagian depannya berwarna cerah. Ukuran tubuhnya hanya sampai 4,5 cm, sedangkan suhu di dalam akuarium yang cocok untuk ikan ini berkisar antara 22 – 25C.

Itulah kesebelas ikan mas hias yang banyak di budidaya dan dipelihara di Indonesia, ikan mana yang menjadi favorit anda? Kalau saya sih suka yang Sumatera Barb.

Related Posts

Add Comment