Jenis Jenis Ikan Koi

Jenis Jenis Ikan Koi – Setelah kemarin kita membahas tentang cara budidaya ikan koi, pada kesempatan kali ini nusabudidaya akan membahas tentang apa saja jenis jenis ikan koi yang sekarang ada.

–  Ikan Koi Kohaku
Ikan koi ini merupakan ikan koi yang paling populer dan paling awal dibudidayakan. Warna ikan koi ini perpaduan dari warna merah dan putih. Ikan Kohaku yang berkualitas menurut para ahil adalah yang memiliki warna putih cerah dan merah terang yang memiliki perbandingan seimbang dan serasi dan tanpa noda lain. Selain itu jika corak merah membentuk gambar atau memiliki bentuk unik dapat menjadi nilai plus juga.

– Ikan Koi Sanke

Koi SankeJenis kedua ikan koi adalah ikan koi sanke. Ikan koi ini memiliki warna perbaduan merah putih dan warna hitam yang berada di bagian atas tubuhnya. Jenis Ikan Koi sanke yang bernilai jual biasanya adalah ikan koi yang memiliki perpaduan warna merah putih hitam yang kontras dan tanpa noda.

– Ikan Koi Showa

Jenis Ikan koi ketiga adalah ikan Koi Showa atau nama lainnya ikan koi sanshoku. Ikan Koi jenis ini memiliki motif warna yang mirip dengan ikan koi sanke. Bedanya kalau ikan koi sanke warna hitam hanya ada di bagian atas tubuhnya, ikan koi sowa memiliki warna hitam yang menyebar diseluruh tubuhnya.

– Ikan Koi Tancho

Ikan koi ini merupakan ikan koi yang paling diburu oleh para kolektor di jepang. Ikan Koi ini memiliki warna tubuh putih dengan sedikit warna hitam di bagian kepalanya menyerupai bendera jepang. Oleh karena itu ikan jenis ini sangat populer di negeri sakura.

– Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan koi jenis ini memiliki warna kombinasi hitam dan putih. Jenis ikan ini yang bekualitas adalah yang memiliki perpaduan warna kontras yaitu warna putih cerah dan hitam pekat. Selain itu proporsi warna juga sangat menentukan nilai jual. Tentu kurang bagus ya jika warna hitamnya 90% putihnya hanya 10%.

– Ikan Koi Asagi


Nah ini merupakan jenis ikan yang menjadi favorit saya, ikan koi ini memiliki warna biru di bagian punggunya. Lalu warna merah dan putih di bagian tubuh lainnya. Ikan jenis ini yang dicari adalah yang memiliki warna biru terang.

– Ikan Koi Shusui

Memiliki warna hitam di bagian punggunya serta warna merah dan putih yang menyebar diseluruh tubuh. Ikan ini merupakan hasil persilangan ikan karper jerman dengan ikan koi asagi – sanke.

– Ikan Koi Matsuba

Ikan koi ini memiliki warna hitam di bagian punggunya dan berwarna kuning atau orange di bagian tubuhnya yang lain.

– Ikan Koi Platinum Ogon

Ikan jenis ini memiliki warna putih di seluruh bagian tubuhnya. Ikan jenis ini yang paling mahal adalah ikan yang memiliki full warna putih dan tidak ada noda warna lain diseluruh tubuhnya.

– Ikan Koi Yamabuki Ogon

Sama seperti  platinum ogon, bedanya adalah diseluruh tubuhnya berwarna kuning bukan putih.

Itulah beberapa jenis ikan koi yang ada di pasaran, semoga dapat menambah wawasan anda. Bagaimana tertarik untuk mengoleksi jenis ikan koi yang mana?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *