Jenis-Jenis Kucing Munchkin Persilangan

Kucing MunchkinJenis Kucing Munchkin – Kucing ras Munchkin merupakan salah satu kucing yang paling sering dijadikan peliharaan, salah satu ciri khasnya adalah bentuk tubuh yang unik dengan kaki yang pendek. Kucing Munchkin ini memiliki kaki yang cukup pendek dan tidak seperti kucing lainnya. Bahkan jika ia duduk, kakinya hampir tidak terlihat. Kaki pendek pada ras Munchkin ini disebabkan oleh mutasi gen autosom dominant. Kucing ini memiliki wajah yang bulat dan matanya juga berbentuk bulat utuh. Untuk badanya kucing ini sangat gemuk dan memiliki hidung pesek. Beratnya bisa mencapai 3 – 4 kg. Namun mungkin belum banyak yang tahu ada ada beberapa kucing pula yang masih sejenis atau kucing turunan dari jenis Munchkin ini. Dalam artikel ini, akan kita bahas satu persatu apa saja jenis-jenis kucing Munchkin ini. Penasaran? Mari kita bahas.

1. Jenis Kinkalow
 KinkalowKucing yang mulai dikembangbiakkan secara bebas pada tahun 1990-an ini adalah hasil persilangan dari Munchkin dengan American Curl. Sama seperti Munchkin kucing ini memiliki panjang kaki yang pendek namun memiliki telinga yang tegak mirip dengan kucing American Curl. Namun hasil dari persilangan tersebut terkadang tidak menghasilkan kucing seperti Munchkin yang berkaki pendek, karena ada pula kucing yang berkaki panjang dan bertelingan tegak seperti kucing American Curl.

2. Skookum
SkookumJenis kucing ini dihasilkan dari persilangan antara Munchkin dan kucing Laperm. Keunggulan dari Skookum adalah kakinya yang pendek dan bulunya yang bergelombang . Meskipun bulunya bergelombang namun tekstur bulu dari Skookum cukup halus tidak seperti kelihatannya dan perawatan bulunya juga cukup mudah untuk dilakukan. Skookum pertama kali dikembangbiakkan di US dan pengembangbiakkan tersebut terus berlanjut hingga negara-negara lain seperti UK, Austraia, dan New Zealand. Meskipun demikian kucing ini belum mendapat sertifikat resmi dari lembaga-lembaga international yang berkaitan dengan standar kualitas kucing. Skookum juga merupakan kucing yang cukup aktif untuk diajak bermain dan melompat seperti kebanyakan kucing yang panjang kakinya normal.

3. Lambkin Dwarf
Lambkin DwarfKucing yang memiliki kaki pendek ini adalah hasil persilangan dari kucing Munchkin dan Selkirk Rex. Kadang-kadang kucing ini dipanggil dengan sebutan Nanus (dwarf/kurcaci) Rex. Berdasarkan eksperimen-eksperimen yang dilakukan, kucing ini masih sangat jarang karena sangat sulit untuk mengembangbiakkan kucing ini. Dalam satu peranakan, beberapa kitten yang dihasilkan memiliki kaki yang pendek seperti Munchkin dan bulu yang keriting seperti Selkirk Rex. Kucing Lambkin Dwarf ini memiliki sifat yang cukup tenang dan kadangpula ia bisa sangat aktif seperti Munchkin.

4. Bambino
BambinoPada awal abad 21, para breeder berhasil mengembangbiakkan kucing Munchkin dan Sphynk sehingga dapat menghasilkan kucing jenis Bambino ini. Bambino memiliki kaki yang sangat pendek dan memiliki kulit yang keriput. Bambino terlihat telanjang seperti indukannya Sphynk meskipun kadang diselimuti bulu halus tipis. Meskipun penampilannya seperti kucing lemah dan tak berdaya, namun pada kenyataannya kucing ini memiliki tubuh yang cukup kuat dan atletis. Kelemahan kucing ini adalah sangat sensitif jika terkena sinar matahari dengan frekuensi yang tinggi dan sensitif terhadap temperatur yang dingin sehingga harus dijaga baik-baik di dalam ruangan dengan temperatur yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Bambino pun harus sering dimandikan secara intensif untuk menjaga kulitnya agar tetap memproduksi minyak yang cukup.

5. Napoleon
NapoleonKucing Napoleon merupakan kucing dihasilkan dari persilangan antara kucing Munchkin dengan kucing Persia. Kucing ini sangatlah aktif seperti Munchkin. Namun juga dapat sangat manja seperti kucing Persia. Nama kucing ini diambil dari salah seorang kaisar dan jenderal Perancis yang sangat terkenal akan kelihaiannya dalam merencanakan strategi perang yaitu Napoleon Bonaparte yang memiliki perawakan pendek dan kecil.

Related Posts

Add Comment