Jenis Jenis Palem Untuk Tanaman Hias

Paling tidak terdapat 6 jenis palem yang bisa anda gunakan sebagai tanaman hias. Palem sendiri dalam taksonomi tumbuhan merupakan sebuah family yaitu palmae. Keenam jenis palem yang bisa anda pilih sebagai tanaman hias adalah :

Caryota

Palem ekor ikanDi Indonesia lebih dikenal dengan sebutan palem ekor ikan. Genus ini memiliki bentuk daun yang mirip ekor ikan sepanjang + 20 cm dan lebar + 15 cm. Untuk tanaman muda, warna daunnya hijau cerah, kulit daun mengkilat dengan tulang tulang daun menyirip. Tepi daunnya beringgit seperti ekor ikan. Daun majemuk dengan helaian daun yang letaknya berselang seling pada ibu tangkai. Tanaman muda berumpun setinggi 60 – 150 cm. Jika ditanam di tanah dapat mencapai ketinggian 3 m.

Chamaedorea

Jenis palem indoorJenis jenisnya

  • Chamaedorea elegans (Parlor palm)
    Jenis palem ini daunnya berbentuk pita sepanjang 20 – 30 cm dan lebar 2 – 5 cm. Warna daun hijau, daun majemuk menyirip berpasangan artinya daun terletak berpasang pasangan pada ibu tangkai daun (seperti bulu burung). Warna daun hijau, pada waktu tanaman masih muda, bentuknya kerdil sehingga sangat baik untuk penghias ruangan. Tinggi tanaman kira kira 30 – 45 cm jika di pot.
  • Chamaedorea erumpens (Bamboo palm)
    Palem yang seperti semak belukar dengan lembar lembar daun lebar pada tangkai kecil yang agak kemerah merahan. Tingginya kira kira 80 cm tapi jika diluar dapat setinggi 200 cm.
  • Chamaedorea seifrizii
    Batang tegak lurus kemerah merahan dengan daun mirip Bamboo palm. Tinggi tanaman jika di tanam di luar bisa mencapai 2 meter.

Chrysalidocarpus

Palem kuningJenis tanaman palem ini di Indonesia dikenal dengan nama palem kuning. Daunnya majemuk melengkung seperti bulu tersusun dari helai helai anak daun yang ramping seperti pita terletak berpasang pasangan pada ibu tangkai daun.

Duduk daunnya roset batang, artinya daun tersusun rapat pada ujung batang jika tanaman telah dewasa dan memanjang batangnya. Tanaman yang masih muda tumbuh berumpun, setinggi 60 – 150 cm. Batangnya bulat beruas ruas, tertutup oleh pelepah dan tangkai daun yang berwarna kuning keemasan bercampur hijau.

Licuala

licualaJenis jenisnya

  • Licuala grandis
    Disebut palem kool karena daunnya yang seperti kipas, memiliki lipatan lipatan yang bergelombang seperti daun kool (kobis). Warna daun di bagian atas hijau tua, sedang di bagian bawah hijau muda. Panjang daun 40 – 50 cm, lebar 60 – 70 cm. Jika ditanam di halaman bisa setinggi 3 m. Jika dalam pot pertumbuhannya agak lambat dan paling tinggi 1,5 m.
  • Licuala rumphii
    Sama seperti Licuala grandis hanya setiap daun menjadi beberapa helai. Selain itu jenis palem ini memiliki batang yang lebih dari satu (berumpun).

Livistona

LivistonaMerupakan jenis palem yang paling cocok dijadikan tanaman hias indoor dan dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman yang dikenal dengan sebutan palem kipas ini memiliki daun yang berbentuk setengah lingkaran besar mirip dengan kipas yang terbuka. Ukuran diameter daun 30 – 50 cm. Tinggi tanaman 60 – 90 cm.

Serat serat yang seperti benang tergantung diantara segmen segmen daun yang seperti jari dan menutup separuh bagian bawah dari tiap tiap tangkai.

Rhapis

RhapisJenis jenisnya

  • Rhapis excelsa (palem wregu)
    daunnya berbentuk kipas dengan 5 – 10 torehan yang dalam. Ukuran daun 15 – 30 cm dengan warna daun hijau berkilat seperti kulit. Batang seperti bambu beruas ruas, tempat duduknya daun. Rambut rambut cokelat halus menyelimuti batang. Tanaman ini sangat anggun dan tingi maksimalnya 1,5 – 2 meter.
  • Rhapis humilis
    Jenis palem ini sama dengan R. excelsa hanya batangnya lebih kecil dan indah. Daun berwarna hijau kelam dengan 9 sampai 20 torehan yag sempit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *