Jenis Kacer Yang Bagus Untuk Lomba

Jenis Kacer Yang Bagus Untuk LombaJenis Kacer Yang Bagus Untuk Lomba – Apakah anda pecinta burung kacer dan menginginkan seekor burung kacer yang bagus untuk lomba.  Biasanya yang diuji dalam sebuah lomba burung kacer adalah suaranya sehingga pemilihan jenis burung pun diutamakan yang memiliki keistimewaan di suaranya.

Di Indonesia sendiri terdapat 4 varian burung kacer lokal yaitu Kacer sumatera, kacer kalimantan , kacer jawa barat dan kacer blorok. Selain kacer asli indonesia beredar juga kacer madagaskar yang merupakan burung kacer impor dari pulai dari afrika itu.

Lalu jenis kacer apa yang bagus untuk lomba? Jika yang di adu adalah suaranya saya merekomendasikan kacer madagaskar sebagai kacer paling bagus untuk lomba. Sayangnya harga kacer madagaskar ini mahal jika dibandingkan jenis kacer lainnya. Jika anda tidak bisa mendapatkannya kacer jawa bisa jadi pilihan karena kacer jawa suaranya cukup enak didengar juga kok/

Berikut ini adalah ciri ciri 5 jenis agar anda tidak salah memilih

  1. Kacer Madagaskar
    Kacer Madagaskar terdiri dari 3 spesies yaitu Pica, Albospocullaris dan Inexpetatus. Secara tampilan fisik kacer Madagaskar hampir mirip dengna kacer lokal. Bedanya ada pada kacer ini sering membusungkan dadanya, berwarna biru tipis pada bagian leher, punggung dan ekornya, bulunya lebih lembut daripada kacer lokal. Dari segi harga pun kacer madagaskar lebih tinggi dari jenis kacer lainnya karena jenis kacer ini cukup langka di Indonesia. Maklum barang impor bos.
  2. Kacer Jawa
    Kacer jawa merupakan jenis kacer paling favorit untuk dijadikan peserta lomba. Maklum kacer jenis ini harganya tidak semahal kacer madagaskan dan sudah banyak diternakan peternak lokal. Kacer ini memiliki ciri fisik berwarna hitam di hampir seluruh tubuhnya kecuali di bagian sayapnya ada sedikit warna putih.
  3. Kacer Sumatera
    Kacer sumatera sering juga disebut kacer poci. Kacer ini merupakan jenis yang paling banyak beredar di Indonesia.Kepala, leher, pinggang, dan ekor dari kacer sumatera  berwarna hitam sedangkan dada, perut, dan sayap tengah berwarna putih. Keistimewaan dari kacer ini adalah kacer sumatera mampu menirukan  suara burung lain.
  4. Kacer Kalimantan
    Kacer ini bentuknya mirip dengan kacer sumatera hanya saja dibagian dadanya berwarna hitam. Kacer ini biasanya suaranya keras bahkan lebih keras dari kacer madagaskar. Hanya saja karena terlalu ngotot beruasa biasanya kacer kalimantan ini susah menjadi juara karena cepat cape. Selain itu kacer kalimantan suaranya cenderung monoton dan untuk melatih suaranya dibutuhkan perawatan ekstra.
  5. Kacer Blorok
    Kacer blorok merupakan hasil perkawinan dari kacer sumatera dan kacer jawa. Kacer ini warnanya hitam di seluruh tubuhnya dan abu abu di bagian dadanya sehingga banyak juga yang mengatakan jenis kacer blorok sebagai kacer hitam hitam bukan hitam putih pun juga bukan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *