8 Jenis Kucing Hutan di Indonesia

Memelihara kucing hutan di Indonesia sepertinya sedang tren, banyak catlovers yang mencoba memelihara kucing hutan ini. Walau begitu karena rendahnya populasi jenis kucing ini dan sulitnya memeliharanya, saya tidak menyarankan anda memelihara kucing hutan. Kucing hutan sendiri merupakan jenis kucing liar yang hidup di hutan, berbeda dengan kucing kampung yang hidup disekitar manusia. Di Indonesia terdapat 8 jenis kucing hutan, yaitu :

Macan Dahan Benua

Macan Dahan BenuaMacan dahan benua sering dikenal sebagai macan dahan saja merupakan kucing yang tersebar di asia tenggara, india dan tiongkok. Di indonesia kucing ini bisa ditemukan di pulau sumatera. Nama ilmiah kucing hutan ini adalah Neofelis nebulosa. Berbeda dengan kucing yang biasa kita kenal, macan ini merupakan kucing pemburu, kucing ini biasa memangsa kera, mamalia kecil, bekatan, burung bahkan rusa. Bahkan dalam sebuah dokumentasi jenis kucing ini tertangkap memangsa ular berbisa. Populasi kucing ini sekarang sudah dikit dan sekarang masuk ke dalam spesies yang rentan punah menurut IUCN.

Macan Dahan Kalimantan

Macan Dahan KalimantanKucing hutan ini merupakan kucing hutan yang berasal dari kalimantan dan menjadi spesies yang hanya terdapat di pulau terbesar indonesia ini. Dulunya macam dahan kalimantan dianggap satu spesies dengan macan dahan benua tetapi pada tahun 2006, ia dijadikan spesies yang terpisah dengan nama Neofelis diardi. Menurut ahli bioloi pratama adi, Macan Dahan Kalimantan secara genetik memiliki perbedaan yang bisa menjadi sebab bahwa kedua jenis kucing hutan ini berbeda walaupun secara fenetik keduanya memiliki kemiripan. Populasi macan dahan kalimantan sudah rentan punah, menurut data terbaru diperkirakan spesies kucing hutan ini hanya tersisa kurang dari 10 ribu ekor.

Kucing Batu

Kucing BatuKucing yang memiliki nama ilmiah Pardofelis marmorata ini merupakan salah satu jenis kucing yang sudah langka dan sejak tahun 2002 sudah masuk ke dalam daftar hewan yang terancam punah IUCN. Berbeda dengan kucing liar kebanyakan, kucing batu memiliki bulu yang panjang. Kucing ini juga memiliki tubuh yang kecil, sama seperti kucing kampung biasa dengan panjang maximal sekitar 1 meter. Seperti jenis kucing hutan lainnya kucing batu merupakan kucing pemburu hewan ini biasa memakan tupai, kelelawar, kadal, katal dan serangga. Di indonesia kucing ini masih bisa ditemukan di sumatera dan kalimantan.

Kucing Emas Asia

Kucing Emas AsiaKucing emas asia sering dikenal juga dengan sebutan kucing temminck, kucing ini merupakan kucing yang berasal dari asia tenggara dan asia selatan. Di Indonesia jenis kucing ini terdapat di pulau sumatera. Kucing ini ukurannya kecil, panjang maximal kucing ini hanya 1 meter saja. Bulu hewan ini memiliki warna seragam, ada yang berwarna kemerahan dan abu abu tetapi kebanyakan berwarna coklat emas. Sama seperti jenis lainnya kucing ini juga masuk ke dalam daftar hewan terancam punah sejak tahun 2008.

Kucing kuwuk

Kucing kuwukKucing kuwuk memiliki nama ilmiah Prionailurus Bengalensis, kucing hutan ini banyak ditemukan di asia selatan dan timur. Walau begitu di pulau jawa tepatnya di hutan sekitar jawa barat pernah ditemukan jenis kucing ini. Kucing ini memiliki ukuran mirip kucing kampung tetapi kakinya panjang dan terdapat selaput di antara jari kaki. Ciri dari kucing ini adalah di bagian kepalanya terdapat dua garis berwarna hitam. Untuk warna dasar dari kucing ini ada yang berwarna keperakan, abu abu dan cokelat.

Kucing Merah Kalimantan

Kucing Merah Kalimantan Kalimantan memang kaya akan keanekaragaman kucing hutannya, salah satunya adalah kucing hutan yang bernama ilmiah Pardofelis badia ini. Kucing ini merupakan jenis kucing yang hanya terdapat di pulau kalimantan, oleh karena itu di luar negeri kucing ini dikenal dengan nama Bornean Bay Cat. Banyak ahli biologi yang mengatakan bahwa kucing merah kalimantan ini merupakan nenek moyang dari kucing macan asia.

Kucing Blacan

Kucing BlacanKucing ini memiliki nama ilmiah Prionailurus bengalensis. Kucing hutan jenis ini merupakan jenis kucing hutan yang paling banyak dipelihara oleh cat lovers. Hal ini dikarenakan jenis kucing ini jumlahnya relatif cukup banyak jika dibandingkan yang lain. Walau begitu sebenarnya kucing ini merupakan jenis kucing yang dilindungi di Indonesia. Kucing ini meruapakan pemanjat dan perenang yang ulung. Biasanya kucing ini berburu serangga, burung, tikus, kelinci, ikan dan amfibi.

Itulah 8 jenis kucing hutan yang terdapat di Indonesia, sampai sejauh ini baru ke 8 spesies itu yang pernah ditemukan di Indonesia dan masih belum punah.

 

 

Related Posts

Add Comment