Mengenal Jenis Mentimun di Indonesia

jenis mentimun

Jenis mentimun dikelompokkan berdasarkan warna kulit buah dan ukuran buah segar. Warna utama kulit buah, yaitu putih, hijau, keputihan dan hijau gelap. Ukuran buah mentimun dibedakan untuk ukuran kecil sekitar 10 cm dan besar sekitar 11 – 27 cm.

Ada banyak jenis mentimun di pasaran Indonesia. Kesumuanya memiliki bentuk, ukuran maupun warna kulit yang bervariasi. Di antara mentimun tersebut, yaitu mentimun lokal, mentimun jepang, mentimun acar, mentimun suri dan mentimun italia. Sebenarnya dalam sistem klasifikasi, kelimanya masih dalam satu spesies tetapi ada sekidikit perbedaan morflogi dari masing masing jenis, yaitu pada buahnya.

Jenis mentimun yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

Mentimun Lokal

Mentimun lokal berbentuk bulat panjang dengan kulit berwarna hjau berlarik larik putih kekuningan. Jenis mentimun ini dapat dimakan mentah sebagai lalapan, campuran karedok dan rujak atau diolah menjadi acar, jus atau direbus serta dikukus. Mentimun sebaiknya dimakan mentah karena proses pemasakan dan pengolahan menjadi acar akan mengurangi kandungan vitamin dan mineral yang dikandungnya, terutama vitamin C.

Mentimun Jepang

Mentimun jepang sering juga disebut sebagai kyuri. Dari namanya saja, dapat dilihat bahwa tanaman ini jelas berasal dari negeri sakura. Bentukna lebih ramping dan panjang jika dibandingkan dengan yang lokal. Kulit buahnya berwarna hijau gelap dan di permukaanya terdapat bintik bintik putih timbul yang membuat permukaan kulitnya tidak rata. Rasa dan tekstur dari kyuri ini lebih lembut daripada mentimun lokal. Mentimun jepang ini cocok diolah menjadi campuran salad dan acar.

Mentimun Acar

Jenis mentimun ini disebut juga sebagai baby kyuri atau mentimun gherkin. Sesuai namanya, jenis ini lebih sering diolah menjadi acar. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan 2 mentimun sebelumnya, dengan kulit berwarna hijau tua dan ada bintik bintik yang timbul seperti pada kyuri. Rasanya renyah, tidak terlalu berair dan tidak bergetah.

Mentimun Italia

Mentimun italia disebut juga sebagai mentimun sukini atau zucchini. Ukurannya lebih besar dan tidak terlalu berair dibandingkan mentimun lokal. Bentuknya tidak bulat sempurna, tetapi bersegi segi. Warna kulitnya hijau lumut tua dan mengkilap. Bagian dalam berwarna putih menerupai oyong. Berbeda dengan kenis lainnya, zucchini ini jarang dimakan mentah.

Mentimun Suri

Sebenarnya mentimun suri tidak berbeda dengan mentimun biasa, namun berbeda cara budidaya atau convarietas. Menitumun suri dipanen ketka buah belum masak secara biologi. Hal ini menyebabkan dagingnya menjadi lebih rendah konsistensinya atau mudah hancur, serta mengeluarkan aroma harum yang khas. Daging buah mentimun suri ini dimanfaatkan sebagai campuran dalam minuman segar.

Itulah beberapa jenis mentimun yang ada di pasaran Indonesia, selain rasanya yang enak terdapat banyak manfaat yang di kandung didalamnya. Beberapa manfaat di dalamnya diantaranya sebagai obat sakit kepala, obat radang lambung, obat hipertensi, obat menurunkan berat badan, mengobati penyakit mag, mencegah kanker dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *