Jenis Sansevieria Mahal dan Langka

Tanaman lidah mertua (Sansevieria) merupakan salah satu tanaman hias populer di Indonesia, tetapi tahukah anda bahwa jenis Sansevieria itu tidak hanya satu? Menurut Pratama Adi, Terdapat minimal 70 jenis tanaman lidah mertua yang ada di dunia.

Tentu kita tidak akan membahas semuanya disini, pada artikel ini cukup lah jika kita membahas 10 jenis Sansevieria saja, beserta gambar spesies tanaman lidah mertua tersebut agar anda mudah mengenalinya.

Jenis Sanseviaria Populer

Sebelum membahas tentang jenis yang mahal dan langka kita bahas dulu 2 jenis yang merupakan tanaman hias populer di Indonesia. 2 spesies populer ini harganya tidak mahal dan mudah ditemukan di Indonesia.

Sansevieria trifasciata

Sansevieria trifasciataMerupakan jenis tanaman lidah mertua yang paling populer dan banyak di pelihara di Indonesia. Harganya pun sangat murah, sekitar 50 ribu rupiah untuk 1 pohonnya. Tanaman ini bukan termasuk jenis sansevieria Tanaman ini memiliki ciri khas dari daunnya yang panjang dan berwarna hijau bermotif garis garis di bagian dalamnya, bagian luar daun Sansevieria trifasciata ini berwarna kuning.

Sansevieria cylindrica

Sansevieria cylindricaSpesies ini merupakan tanaman lidah mertua yang berasal dari afrika barat dan nigeria. Ciri khasnya adalah daunnnya yang panjang dan tebal serta keras dan berwarna kelabu dengan belang hijau tua. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman berdaun ular silindris. Dan merupakan spesies kedua terpopuler yang dipelihara oleh pecinta tanaman hias indonesia. Harganya juga tidak terlalu mahal anda bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga sekitar 100 ribu rupiah.

Jenis Sansevieria Langka

Sansevieria bagamoyensis

Tanaman lidah mertuaMerupakan tanaman hias yang berasal dari tanzania dan daerah sekitarnya di afrika timur. Sansevieria bagamoyensis dapat tumbuh hingga lebih dari 60 cm dengan daun yang ramping dan rata. Tanaman hias ini harganya tidak terlalu mahal tetapi untuk memperolehnya di indonesia cukup sulit dan cukup jarang orang yang memiliki jenis Sansevieria langka ini.

Sansevieria arborescens

arborescensMerupakan tanaman lidah mertua yang berasad dari tanzania. Bentuknya sedikit mirip dengan jenis Sansevieria bagamoyensis. Perbedaannya adalah di lebar daunnya yang bisa mencapai lebih dari 2,5 cm. Selain itu jenis tanaman lidah mertua ini daunnya tidak rapuh dan relatif kokoh. Jenis ini juga jarang dimiliki oleh pecinta tanaman hias indonesia.

Sansevieria kirkii

jenis sansevieria mahalJenis tanaman lidah mertua ini dikenal juga dengan nama star sansevieria. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang berasal dari afrika timur. Daunnya rata dan tebal (setidaknya 9 mm) dengan tepi bergelombang. Tanaman ini tumbuhnya cukup sulit di daerah tropis sehingga menjadi salah satu Sansevieria langka yang ada di Indonesia.

Jenis Sansevieria Mahal

Sansevieria ehrenbergii

Sansevieria ehrenbergiiJenis Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal di sekitar afrika timur. Daunnya tumbuh dalam dua baris yang berlawanan (distichous), membentuk seperti kipas. Tanaman ini berbeda dengan jenis tanaman Sansevieria lainnya yang tidak memiliki batang, S. ehrenbergii memiliki batang pendek dengan panjang maksimum 18 cm. Daunnya berwarna hijau gelap dan biasanya memiliki panjang 0,5 – 1,5 dengan lebar 2,45 – 8 cm. Tanaman Sansevieria ini mahal harganya dan memiliki peminat tersendiri baik di pecinta tanaman hias luar negeri.

Sansevieria eilensis

Sansevieria ehrenbergiiTanaman ini merupakan jenis Sansevieria endemik di salah satu daerah di somalia yang bernama Eyl. Daerah ini memiliki curah hujan tahunan kurang dari 100 mm, habitat tanaman ini luar biasa kering bahkan di antara Sansevierias. Jenis tanaman lidah mertua ini tumbuh lambat dengan daun melengkung kasar, silindris, yang muncul dari rimpang bawah tanah. Tanaman dewasa biasanya memiliki 3-5 daun, yang sukulen dan panjangnya antara 7-12 cm dan tebal 1,9 – 2,5 cm. Daunnya biasanya berwarna hijau kebiruan muda dengan garis garis putih. Daunya juga memiliki beberapa garis hijau memanjang, menandai area dimana daun akan terlipat sendiri selama kekeringan atau membengkak setelah disiram.

Sansevieria pinguicula

Sansevieria pinguiculaSansevieria pinguicula, juga dikenal sebagai sansevieria berjalan, merupakan tanaman yang berasal dari daerah Bura Kenya, dekat Garissa. Spesies ini dideskripsikan oleh Peter René Oscar Bally pada tahun 1943. Jenis Sansevieria ini cukup mahal harganya di kalangan kolektor luar negeri karena keunikan dari spesies ini dan banyak juga orang salah mengiranya sebagai salah satu spesies kaktus.

Related Posts

Add Comment