Jenis Tanaman Begonia dan Ciri Cirinya

60 views

Tanaman begoniaJenis tanaman begonia sangat beragam, hal ini dikarenakan tanaman ini sangat mudah disilangkan sehingga muncul banyak varietas dan hybrid baru. Walau begitu, jenis tanaman begonia ini dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu :

  1. Rex Begonia (Begonia daun)
    Rex begoniaJenis tanaman ini terkenal karena keindahan daunnya. Bentuk daun seperti jantung, panjang 20 – 25 cm dan lebar 10 – 15 cm. Tulang tulang daunnya menyirip asimetris. Permukaan daun berkerut kerut dengan warna yang sangat indah, perpaduan dari merah, pink, hijau, kuning, abu abu, perak dan ungu, tergantung dari masing masing varietasnya. Duduk daun Rex begonia tersebar, batang lunak dan bulat. Tinggi tanaman 30 – 40 cm. Varietas varietas yang terkenal dari kelompok ini, ialah
    – Rhurthal (merry chrystmas) yang mempunyai daun berbentuk jantung asimetris, tinggi tanaman 25 – 50 cm. Daun berwarna merah dengan pusat merah kelam dan tepiya bervariasi antara kuning, hijau dan merah keunguan.
    – Silver sweet mempunyai bentuk sama dengan Rhurthal tetapi warna daun perak kehijauan.
    – Helen teupel, ciri dari tanaman begonia ini adalah tingginya sekitar 50 cm dengan bintik bintik bulat yang menonol tajam di permukaan daun, warnanya merah keunguan dengan bulu bulu / rmbut rambut merah mudah keperakan. Panjang daun sekitar 15 – 20 cm denagan lebar 7,5 – 10 cm.
  2. Rhizomatous begonia
    Rhizomatous begoniaTerkenal karena rhizomanya (akar rimpang yaitu batang yang menjalar di dalam tanah, bercabang cabang dan tumbuh mendatar dan dari ujung cabang akan tumbuh tunas yang muncul diatas tanah dan merupakan tanaman baru. Varietas yang terkenal dari jenis begonia ini adalah
    – Begonia erythrophylla, varietas ini ciri cirinya adalah bentuk daunnya bulat seperti teratai, warna merah darah di bagian bawah daun dan hijau di permukaannya. Diameter daun kira kira 12,5 – 15 cm dengan duduk daunnya tetsebar. Tinggi tanaman biasanya hanya sekitar 25 – 30 cm, tetapi tanaman akan menyebar hingga 60 cm.
    – Bessie buxton, varietas ini hampir sma dengan B. erythrophylla tetapi memiliki diameter daun 10 cm dengan ketinggian tanaman 30 – 35 cm.
    – Maphil (Cleopatra), jenis tanaman begonia ini sangat mudah tumbuh. Daunnya berbentuk bintang, berwarna hijau berbintik bintik coklat, panjang daun sekitar 20 cm dan lebarnya 7,5 – 10 cm. Duduk daunnya rapat.
    – Joe Hayden (Begonia hitam), ciri utama tanaman begonia ini adalah warna daunnya hitam gelap keperak perakan di bagian atas dan dipermukaan bawah daunnya berwarna merah gelap.
    – Begonia masoniana (Iron cross begonia), daunnya berbentuk jantung dengan tepi bergerigi. Urat urat daun menyirip asimetris dengan permukaan daun yang berlekuk lekuk. Panjang daun tanaman ini sekitar 15 – 17,5 cm dan lebarna 12,5 cm. Warna daun hijau dengan tanda tanda gelap di pangkal urat daun.
    – Begonia mazae viridis, ciri tanaman ini adalah daunnya berbentuk jantung berwarna hijau degan tepi hitam keunguan. Tinggi tanaman sekitar 35 cm, tangkai daunnya melengkung melewati tepi pot.
  3. Basket begonia
    begonia FoliosaJenis tanaman begonia ini batangnya tidak kaku, menjalar indah melewati tepi pot sehingga sering ditaruh di pot gantung untuk memperlihatkan bagian bawah daunnya yang mempersona.
    Varietas varietasnya yang terkenal ialah
    – D’artagnon, mempunyai daun seperti mangkok dengan diameter 10 – 15 cm. Daunnya berwarna hijau di bagian atas dan merah anggur di bagian bawah permukaan daunnya.
    – Abel carriere, mempunyai daun berbentuk antung, panjangnya sekitar 15 cm dan lebar 10 cm dan berwarna hijau keperakan. Tanaman ini tidak tahan terhadap panas matahari, sehingga lebih sering dijadikan sebagai tanaman indoor.
    – Foliosa, Ciri dari varietas ini adalah daunnya yang berbentuk perahu (lanset) dengan lebar sekitar 1 cm. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 40 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *