Jenis Tanaman Dracaena dan Pemeliharaannya

76 views

Jenis tanaman DracaenaTanaman dracaena merupakan salah satu jenis tanaman yang berfungsi sebagai pembersih udara. Tanaman yang termasuk ke dalam famili Agavoideae ini merupakan tanaman yang berasal dari Kamerunt tetapi sudah sejak dahulu kala sudah banyak dibudidayakan oleh orang Cina dan Jepang .

Terdapat 6 jenis tanaman dracaena yang sering dijadikan tanaman hias, baik indoor maupun outdoor. keenam jenis tersebut adalah :

  1. Dracaena deremensis
    Dracaena deremensisJenis tanaman dracaena ini merupakan yang paling banyak ditanam, dua varietasnya yang terbaik ialah Warneckel dan Janet craig.
    Warneckei berdaun hijau keabu abuan dengan garis garis putih. Daun berbentuk seperti pedang agak kaku sepanjang 20 – 30 cm. Daunnya tersebar dan tampak sangat menarik untuk dilihat.
    Sedangkan varietas Janet craig mempunyai daun hijau mengkilat sepanjang 30 – 40 cm dan lebar 4 – 6 cm. Duduk daun pada batang tersebar dengan helaian daun yang melengkung jatuh emas seperti sabuk.
  2. Dracaena draco
    Dracaena dracoMempunyai daun agak tebal, kaku, panjangnya 45 – 60 cm, lebar 5 cm. Warna daunnya hijau keperakan. Duduk daun terbar dan roset pada waktu muda. Setelah dewasa batang tumbuh seperti tonggak pendek gemuk dengan diameter sekitar 10 cm dan tanaman dracaena ini dapat tumbuh setinggi 1 – 1,5 meter.
  3. Dracaena fragrans massangeana
    Dracaena fragrans massangeanaJenis tanaman dracaena ini sangat populer di Jepang sejak abad ke 16. Tinggi tanamannya bisa mencapai 180 cm. Daunnya seperti daun jagung, warnanya hijau dengan garis garis kuning di bagian tengah / ibu tulang daun. Panjang daun 45 – 75 cm dan lebarnya 5 – 7 cm.
  4. Dracaena godseffiana
    Dracaena godseffianaTanaman ini secara morfologi bentuknya seolah olah bukan jenis Dracaena. Batangnya kecilseperti kawat tebal dengan daun berbentuk oval rata tersusun melingkar seperti spiral ada batang. Warna daun hijau tua dengan bintik bintik putih sangat manis. Panjang daunnya dapat dapat mencapai 8 – 10 cm.
    Varietas Florida beauty menjadi maskot dari spesies ini karena bentuknya yang sangat manis, warnanya hijau denga bintik bintik putih kuning memenuhi permukaan daunnya.
  5. Dracaena marginata
    Dracaena marginataDaunnya sempit sempit dan runcing sehingga mirip tanaman Yuca gloriosa. Tetapi daun D. marginata lemas, warnanya hijau dengan tepi merah. Panjang daunnya dapat mencapai 30 – 40 cm dengan ebar sekitar 1,5 cm.
    Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 2,5 m dengan batang berdiameter 2 cm.
  6. Dracaena sanderiana
    Dracaena sanderianaMerupakan spesies yang tahan lama dan tumbuh baik di tepi kolam. Daunnya lemas sepanjang 17,5 – 25 cm dan lebar 2,5 cm. Warna daun hijau keabu abuan dengan garis tepi putih. Tanaman ini jika ditanam di pot hanya bisa tumbuh sekitar 40 – 50 cm tetapi jika ditanam di tanah / lahan D. sanderiana dapat tumbuh sampai 1,2 – 1,5 meter dengan batang  yang berdiameter 1,5 cm.
    Varietas Borinquensis merupakan maskot dari spesies ini, dimana ia mempunyai daun hijau dengan garis garis putih cream di pusat daun.

Pemeliharaan

Dalam perawatan tanaman Dracaena membutuhkan beberapa hal sebagai berikut

  • Cahaya : Langsung atau semi langsung atau lampu ruangan yang memberikan 400 footcandles.
  • Temperatur : Malam hari 17,5 – 20C.
    Siang hari 22,5 – 27,5C.
  • Kelembapan : Menyukai tanah yang lembab.
  • Pemupukan : Setiap 6 bulan sekali dengan dosis pupuk untuk tanaman hias.
  • Media : 1/3 bagian tanah, 1/3 bagian pasir,13 bagian pupuk kandang ditambah dengan 1 sendk makan kapur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *