Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor

Memiliki pekarangan rumah yang asri tentu impian semua orang. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan menempatkan beberapa tanaman hias. Jenis tanaman hias daun outdoor yang kami sajikan ini mungkin bisa jadi pilihan anda. Setiap jenis memiliki keunikan dan fungsinya masing masing.

Daun Dalma

tanaman hias daun outdoorNama ilmiahnya adalah Ligularia tussilaginea dan dikenal dengan nama leopard plant di inggris atau tsuwabuki di jepang. Jenis tanaman hias daun yang berasal dari jepang, China dan Korea ini memiliki daya tarik utama pada daun berbentuk bulat dengan tepian bergelombang agak menyudut. Varietas yang paling disukai adalah Ligularia tussilaginea ‘Auremaculata’, dimana pada varietas ini memiliki motif totol berwarna kuning.

Daun dalma menyukai media tanam yang lembap, tetapi berdrainase baik. Walau termasuk ke dalam tanaman hias daun tetapi ligularia memiliki bunga yang dapat mempercantik tampilannya. Bunganya berwarna kuning, berukuran kecil dan tumbuh bergerombol pada tangkai bunga. Tinggi tanaman sukulen ini berksar 30 – 50 cm.

Sebagai tanaman hias outdoor, tanaman yang masuk ke dalam famili Asteraceae ini dapat dijadikan tanaman pot untuk pekarangan / taman bergaya tropis. Perawatannya juga tidak susah cuku dilakukan pemupukan sebulan sekali dan pemisahan anakan insidental.

Marantha

jenis tanaman hiasTanaman hias ini memiliki nama ilmiah Marantha sp dan termasuk ke dalam famili Marantaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong. Panjang tangkai daun tergantung dari spesiesnya, Marantha arudinaceae memiliki tangkai daun yang panjang sedangkan spesies Marantha leuconeaura pendek. Tinggi tanaman daun outdoor ini cukup kecil yaitu hanya maksimal 30 cm. Corak daunnya beragam dengan warna cukup bervariasi, seperti hijau merah, hijau muda cokelat dan hijau toska putih. Terlihat bercak bercak unik di permukaan daun sejajar dengan tulang daunnya.

Perbanyakan Marantha dapat dilakukan dengan stek. Perawatannya tidaklah susah tetapi perlu dilakukan pemupukan setiap 2 kali per bulan dan repotting setiap tahunnya. Sebagai tanaman hias outdoor tanaman ini berfungsi sebagai tanaman penutup tanah jika ditanam secara berkelompok. Dijadijkan tanaman pot pada pojok ruangan pun marantha terlihat mempesona.

Hypoestes phyllostachya

Hypoestes phyllostachyaTanaman yang disebut juga dengan polkadot plant ini berasal dari Pulau Madagaskar. Tingginya bisa mencapai 30 – 60 cm. Tanaman yang memiliki warna daun yang aktraktif ini memiliki bunga kecil yang muncul sesekali sehingga semakin memperindah tampilanna.

Perawatan tanaman ini dilakukan dengan pemberian pupuk setiap bulan sekali dan sebaiknya menggunakan pupuk kompos. Selain itu, Hypoestes perlu dipangkas daunnya secara rutin. Tanaman hias daun outdoor ini berfungsi sebagai penutup tanah di pekarangan jika space tanahnya tidak terlalu besar sehingga Hypoestes akan terlihat menonjol. Jika ingin menaruhnya di pot juga bisa tetapi sebaiknya menggunakan pot kecil dan cukup menarik jika dijadikan tanaman hias gantung.

Asparagus sp

Tanaman hias daun gantungTanaman hias daun ini memiliki banyak fungsi jika di tempatkan outdoor. Asparagus dapat dijadikan tanaman penutup tanah jika ditanam secara massal, dapat dijadikan tanaman display yang sangat dekoratif dan dapat pula dijadikan tanaman gantung.

Seluruh bagian tanaman asparagus ini tertutup daun sehingga tampak berbulu. Percabangannya terbuka. Bentuk daun sangat unik dan memiliki gradasi warna hijau yang menarik sesuai jenisnya. Umumnya daun asparagus berbentuk jarum dan tebal.

Bulu Ayam

Myriophyllum aquaticumTanaman ini memiliki nama ilmiah Myriophyllum aquaticum dan dikenal dengan sebutan parrot’s feather oleh orang barat. Tanaman hias yang masuk ke family Haloragaceae ini memiliki bentuk daun menyerupai bulu halus yang membentuk ulir mengelilingi batangnya. Gradasi warna hijau tercipta dari daun muda ke tua dan terlihat sangat menarik.

Terdapat 2 tipe daun, yaitu daun sumersed (panjang 1,5 – 3,5 cm) da daun emergent (panjang 5 cm). Dan emergent berwarna hijau lebih tua. Tanaman tumbuh mengapung di permukaan air dan memiliki bunga berwarna putih. Sebagai tanaman hias outdoor bulu ayam memiliki fungsi sebagai penutup permukaan air kolam atau bisa juga sebagai tanaman pot.

Vernonia elliptica

Vernonia ellipticaDaya tarik tanaman hias daun yang bersasal dari Myanmar ini tampak pada bentuk tajuknya yang menjuntai sehingga bila ditanam secara massal pada balkon atau bagian atas tembok dapat  memberi efek bak tirai alami. Tanaman hias ini dapat pula digunakan untuk menghalangi bad view. Daun berwarna hijau tumbuh selang seling. Bunga berukuran kecil dan berwarna puth sehingga tidak terlalu menonjool.

Pistia stratiotes

Pistia stratiotesLebih dikenal degan nama apu apu di Indonesia atau water lettuce (inggris). Termasuk tanaman hias family Nypheaceae dan memiliki daun yang bergelombang berwarna hijau muda yang tumbuh bertumpuk menyerupai kelopak bunga di atas permukaan air. Daunnya dilapisi semacam lapisan lilin sehingga tidak basah walau terkena air. Sebagai tanaman hias daun outdoor, Pistia stratiototes biasa digunakan sebagai perantara gradasi tinggi pada tanaman. Ditempatkan di sebuah pot berukuran besar di tengah pekarangan pun akan memberikan kesan sejuk.

Drimiopsis kirkii

Drimiopsis kirkiiKeunikan tanaman hias asal afrika selatan ini tampak pada daunnya yang unik. Daun berbentuk memanjang tebal dan sedikit licin pada permukaanya. Warnanya pun sangat unik, hijau ke abu abuan dengan totol totol hijau tua. Totol acak yang tercipta menampilkan mosaik indah nan mempesona.  Jenis tanaman hias daun ini tingginya hanya sekitar 20 cm. Penggunaan di dalam pot berbahan alam dengan warna polos atau sedikit corak akan menambah daya tariknya. Drimiopsis dapat juga dijadika sebagai tanaman penutup tanah jika ditanam secara bergerombol.

Itulah 8 jenis tanaman hias daun outdoor yang dapat anda jadikan referensi untuk di tanam di pekarangan rumah anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa ya di share ke temannya.

Related Posts

Add Comment