Jenis Tanaman Merambat di Tembok

Jenis Tanaman merambat adalah tanaman yang tumbuhnya merambat, hal ini dilakukan dengan cara menempel dan memanjat pada suatu benda. Hal ini dapat dilakukannya dengan karena ia memiliki akar lekat dan sulur sehingga ia dapat menempel pada benda yang disekitarnya.

Biasanya untuk tembok digunakan tanaman merambat yang jarak antar daunnya lebat, walau begitu itu bukanlah sebuah patokan. Banyak orang yang menggunakan sirih sebagai tanaman yang merambat di tembok rumahnya, yang penting adalah pintar pintarnya kita dalam menata aspek aspek yang ada di rumah sehingga bisa terlihat menarik.

Beberapa jenis tanaman merambat di tembok yang bisa anda coba, antara lain :

Binahong

Nama ilmiahnya Anredera cordifolia, binahong merupakan tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman pada pergola atau kanopi sehingga berfungsi sebagai penaung, ia juga baik sebagai tanaman rambat tembok. Tanaman ini daunnya berbentuk seperti hati, berwarna hijau cerah serta tebal dan licin yang ukurannya antara 4 – 13 cm. Tanaman binahong juga memiliki bunga yang ukurannya kecil tetapi mempunyai wangi yang lembut, warnanya putih krem dan tumbuh berkelompok bak tandan.

Gendola

Orang eropa menyebutnya dengan nama red vine spinach. Gendola memiliki nama latin Basella alba dan merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di kawasan Afrika dan Asia. Jenis tanaman merambat di tembok ini memiliki bau yang khas dan kerap dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional serta lalapan. Tanaman pun lazim digunakan sebagai komposisi herb garden maupun vegetable garden. Bunganya berukuran kecil dan tumbuh bergerombol pada ujung tangkai. Daun berwarna hijau cerah tumbuh di sepanjang batang. Tanaman mudanya dapat digunakan sebagai temporary groundcover. Gendola juga menarik dijadikan hanging plant menggunakan pot gantung.

Bunga Kupu Kupu

Tanaman yang dijuluki juga sebagai kembang telang ini merupakan anggota famili Papilionaceae dan memiliki nama latin Clitoria ternatea. Daun dan batangnya berwarna hijau karena adanya klorofil di dalamnya. Batangnya yang unik selalu membelit ke kiri dan mampu menjalar hingga 5 m. Bunganya tunggal atau majemuk yang muncul dari ketiak daun. Mahkota bunga berbentuk oval lebar atau bulat telur terbalik, berwarna biru muda, violet atau putih. Daun majemuk menyirip ganjil, beranak daun 3-6 dan bertangkai pendek. Selain digunakan sebagai tanaman hias yang merambat di tembok, bunga kupu kupu sering dirambatkan pula di pagar yang besar.

Daun Dolar

Jenis tanaman ini pernah booming di tahun 2000an, pada saat itu tanaman yang memiliki nama latin Ficus repens ini harganya mencapai jutaan rupiah. Saat ini, harganya sudah tidak seperti dahulu lagi tetapi tidak mengurangi pesonanya. Jenis tanaman merambat ini memiliki daun berwarna hijau mengkilap dengan sedikit gradasi warna hijau daun antara yang masih muda dan tua. Daunnya tumbuh lebat sehingga banyak orang yang mengatakannya sebagai tanaman terbaik untuk dijadikan tanaman merambat di tembok.

Sirih

Sirih sudah sejak lama dijadikan tanaman merambat di tembok dan banyak di tanam di pedesaan. Hal ini dikarenakan tanaman yang memiliki nama latin Piper betle ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk menghentikan mimisan. Daun jenis tanaman merambat ini berbentuk seperti hati dengan tulang daun yang sangat dekoratif. Morfologi daun sirih adalah berrwarna hijau tua atau muda, berujung runcing, tumbuh berselang seling, bertangkai dan mengeluarkan bau wangi jika diremas. Panjang tanaman ini bisa mencapai 4,5 dan memiliki bunga mejemuk berbentuk bulit dan terdapat daun pelindung berbentuk bulat panjang. Terdapat pula jenis Piper crocatum (sirim merah) yang memiliki dan berwarna merah.

Bidani

Di jawa jenis tanaman merambat ini dikenal dengan nama bunga cenguk sedangkan orang inggris menyebutnya sebagai drunker sailor. Tanaman yang masuk ke dalam famili Combretacea ini memiliki nama latin Quisqualis indica dan berasal dari Myanmar. Panjangnya dapat tumbuh hingga 60 cm. Jika batang utama mati, akan tumbuh cabang baru dari pangkal akar. Bunga tumbuh bergerombol, beraroma wangi dan berwarna merah, tetapi agak keputihan saat masih muda. Tangkai bunga cukup panjang berwarna hijau muda.

Cabe Jawa

Tanaman yang bernama latin Petraeovitex wolfei ini banyak tumbuh liar di kawasan Asia Teggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Buahnya berukuran panjang 3 – 5 cm dan memiliki khasiat, aroma, serta rasa khas sehingga kerap digunakan sebagai bumbu atau obat herbal.

Thurbergia

Tanaman ini tidak memiliki nama di dalam bahasa Indonesia, Thurbegia merupakan tanaman yang bersifat tahunan, tetapi di daerah bersuhu dingin tumbuh semusim. Bunganya berwarna kuning, putih atau ungu yang tumbuh secara bergantian dan bergantung ke bawah menyerupai tandan. Bunga hanya mekar sebentar, akan mekar maksimal pada pagi hari dan mulai layu menjelang siang. Bentuk daunnya juga cukup unik yaitu segitiga dan berwarna hijau.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *