Jenis Tumbuhan Paku Untuk Tanaman Hias

55 views

Jenis Tumbuhan paku khususnya yang termasuk kedalam family polypodiaceae memiliki beberapa spesies yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Paling tidak ada 4 spesies dari family tersebut yang bisa dijadikan tanaman hias, keempat jenis tumbuhan paku hias tersebut adalah.

Tanaman Suplir

Tanaman suplirTanaman suplir dalam taksonomi tumbuhan termasuk ke dalam kategory genus, yaitu Adiatum dan termasuk ke dalam tumbuhan paku (Pteridophyta) .Jenis tanaman paku ini cukup terkenal di Indonesia dan sejak dahulu kala sudah digunakan sebagai tanaman hias. Daunnya lah yang menjadi daya tarik dari tanaman hias ini. Tanaman ini terdiri dari beberapa jenis dan paling tidak ada 3 spesies yang bisa anda jadikan tanaman hias.

Adiantum capilus venesis

Spesies ini daunnya berbentuk pasak (segitiga terbalik) dan pada tepi  daunnya bergerigi. Jenis ini ukuran daunnya sekitar 0,5 – 1 cm dan daunnya berwarna pink untuk daun muda yang kemudian berubah menjadi hijau kopri setelah daunnya menjdi dewasa. Tangkai daun bulat hitam seperti kawat.
Jenis tanaman suplir ini daunnya majemuk menyirip rangkap dua, artinya anak daun duduk ada cabang pertama dari ibu tangkai. Tinggi tanamannya hanya sekitar 15 – 50 cm saja dengan arah batang ke atas kemudian agak melengkung. Karena memiliki bentuk batang yang agak melengkung, tanaman hias ini sangat indah untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Adiantum raddianum

Terjadi beberapa perbedaan pendapat diantara para ahli biologi mengenai jenis ini, ada yang mengatakan bahwa spesies ini sama dengan Adiantum cuneatum tetapi ada yang mengatakan kedua spesies tersebut berbeda. Tetapi keduanya memiliki bentuk yang sangat mirip, jenis tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat tetapi ketinggian maksimalnya hanya sekitar 40 cm. Tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Varietasnya yang paling terkenal adalah Suplir Goldelse yang daunnya seperti bulu.

Adiantum tenerum

Yang terkenal ialah varietas Farleyense sebab daunnya seperti bulu burung merak yang tebal. Tumbuhan paku ini dapat tumbuh setinggi 40 – 75 cm. Varietas lain yang tak kalah cantik adalah Adiantum tenerum wrightii yang memiliki daun saling menutup (overlap) sehingga seperti kipas.

Tanaman Kadaka

tanaman pakuNama Ilmiahnya Asplenium dan mungkin di Indonesia sendiri jenis tumbuhan paku ini masih kurang begitu dikenal. Ada spesies dari tanaman ini yang bisa anda pilih, ketiganya adalah

Asplenium bulbiferum

Bentuk daun seperti bulu ayam melengkuh indah sepanjang 25 – 40 cm. Warna daun hijau kopri yang cerah. Duduknya daun pada batang, roset akar (berjejal jejal di pangkal akar).

Asplenium viviparum

Bentuk daunnya sedikit ramping, hampir seperti benang, panjang dan langsing. Warnanya hijau cerah.

Aslenium nidus

Bentuk daun rata, licin dan lunak seperti lemaran lembaran yang muncul dari pusat (batang) yang berambut rambut hitam, mirip sarang burung. Jenis ini paling mudah tumbuh dan dipelihara.

Nephrolepis

NephrolepisJenis tumbuhan paku ini ditemeukan diboston seingga sering disebut Boston fern. Beberapa varietasnya yang menarik ialah :

Nephrolepis exaltata bostoniensis

Di Indonesia sering disebut sebagai pakis kelabang, ciri utama varietas ini adalah daunya yang melengkung sepanjang 90 cm dengan helai helai daun 7,5 – 10 cm. Daunnya tersebar ke semua arah dan terjurai sangat menarik.

Nephrolepis exalta bostoniensis compacta

Jenis tumbuhan paku ini adalah tipe kerdil dengan daun sepanjang 40 – 50 cm, bentuk sama dengan N. exalta bostoniensis tetapi lebih menarik.

Nephrolepis exalta childsii

Mempunyai helaian anak daun yang membelah belah dan menebal mirip sikat yang melebar, bergelombang dan saling menutup.

Nephrolepis exalta fluffy 

Adala tipe dengan helaian daun yang terbelah belah seperti bulu halus rapat dan daun pakisnya tumbuh ke ara atas / tegak, panjangnya 25 – 30 cm.

Pteris

Tanaman paku PterisTanaman paku ini jarang dibudidayakan di Indonesia, terdapat 3 spesies yang bagus untuk dijadikan tanaman hias.

Pteris cretica

Daun sepanjang 20 – 30 cm, warna hijau dengan garis garis cream putih. Daun majemuk dengan anak anak daun yang tersusun seperti sirip ikan. Jenis ini tumbuh lambat sehingga baik untuk diletakkan di meja kecil.

Pteris ensiformis victoriae

Mempunyai tulang tulang daun berwarna putih perak dan daun warna hijau gelap.

Pteris tremula

Daun berwarna hijau muda, daun dengan tangkainya yang melengkung sepanjang 40 – 60 cm. Anak anak daunnya yang tersusun rapat dan bergelombang pada ibu tangkai menyebabkan jenis ini kelihatan rimbun hijau dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *