Kandungan Gizi Cabai Rawit dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Cabai Rawit dan Manfaatnya – Cabai rawit  adalah bahan utama pembuatan sambal. Buah kecil pedas ini juga memiliki peran penting sebagai bumbu sayuran. Cabai rawit merupakan buah yang banyak dikonsumsi  orang indonesia karena rasa pedasnya. Bahkan banyak orang yang rela makan hanya dengan cabai ditambah nasi saja.  Tetapi tahukah anda bahwa didalam buah kecil ini terkandung nilai gizi yang tak dapat dipandang sebelah mata ?

Cabai rawit ternyata mengandung vitamin A kadar tinggi (11.050 SI) sedikit lebih tinggi dari kandungan vitamin A dalam daun singkong (11.000 SI), hampir dua kali lipat dibandingkan dengan kadar vitamin A dalam bayam dan sedikit lebih rendah dari wortel (12.000 SI). Vitamin A ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C cabai rawit juga cukup tinggi, 70 mg. Bandingkan dengan jeruk manis yang memiliki kandungan vitamin C hanya sebesar 49 mg padahal jika mengingat vitamin C justru jeruk lah yang teringat di benar kita.

Kandungan mineral yang ada pada cabai rawit cukup tinggi, terutama zat besi dan kalsium. Kedua jenis mineral ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan  manusia. Kandungan gizi cabai rawit dalam 100 gram buah segar secara lengkap dapat dilihat dibawah ini.

Jenis Zat Gizi                               Kadar

Energi (kal)                                    103
Protein (g)                                      4,7
Lemak (g)                                        2,4
Karbohidrat (g)                              19,9
Kalsium (mg)                                  45
Fosfor (mg)                                      85
Zat besi (mg)                                   2,5
Vitamin A (SI)                              11.050
Vitamin B1 (mg)                            0,24
Vitamin C (mg)                                70
Air (g)                                               71,2

Selain kandungan gizinya didalam cabai terdapat senyawa capsaicin yang merupakan bahan pembuat salep dan obat gosok, yang bermanfaat mencegah iritasi dan bersifat analgesik. Capscaicin itu juga merupakan senyawa yang memiliki manfaat mencegah diabetes, mencegah obesitas, mengurangi kolesterol,  sebagai senyawa antibakteri serta senyata analgesik.

Dalam sebuah artikel cabai rawit disebutkan juga dapat meningkatkan kesuburan sehingga orang yang mengkonsumsi cabe rawit secara rutin biasanya tidak memiliki masalah dalam memperoleh keturunan. Selain itu, cabai rawit pun bermanfaat  sebagai obat eksim, rematik dan pelangsing tubuh.

Ternyata buah yang sering dianggap sebelah mata ini sangat berguna sekali ya bagi kesehatan, jadi jangan menyepelekan cabai rawit konsumsilah cabai rawit secara rutin tapi jangan berlebihan karena nanti sakit perut.

Related Posts

Add Comment