Kandungan Gizi Jambu Biji dan Manfaatnya

29 views

kandungan gizi jambu bijiJambu biji disebut tanaman multiguna dan multikhasiat. Hal itu dikarenakan selain buahnya enak dikonsumsi, kandungan gizi jambu biji juga tegolong lengkap sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Buah jambu biji selain dimakan segar dapat juga diolah menjadi buah kalengan, sari buah, sirop, selai dan agar-agar. Selain itu, tanaman jambu dapat digunakan sebagai pohon pembatas di pekarangan dan sebagai tanaman hias. Bonsai jambu biji menjadi jenis tanaman bonsai yang saat ini cukup populer dan memiliki keindahan tersendiri.

Kandungan Gizi Jambu Biji

Berdasarkan data Direktorat Gizi Kementrian Kesehatan bahwa kandungan gizi jambu biji dalam tiap 100 gram buahnya mengandung kalori 49 kal, rotein 0,90 g, lemak 0,03 g, karbohidrat 12,20 g, kalsium 14,00 mg, fosfor 28,00 mg, bersi 1,10 mg, vitamin A 25,00 SI, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87,00 mg, air 86,00 g dan bagian yang dapat dimakan mencapai 92%. Jambu biji mempunyai rasa dan aroma yang khas disebabkan oleh senyawa eugenol yang terkandung didalamnya.

Di dalam daun jambu biji terkandung flavonoid, minyak esensial seperti α-pinene, β-pinene, limonene, mentol, isopropil alokohol dan Caryophylen. Akarnya mengandung tannin, polifenol, resin dan kristal Ca-oksalat. Selain itu di dalam akar jambu biji terdapat kandungan leukosianidin, sterol da asam galiat. Kandungan gizi biji jambu biji juga tidak kalah penting didalamnya mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tanin, eugenol, vitamin B dan C serta sesquiterpern. Golongan senyawa flavonoid merupakan deretan senyawa C6-C3-C6 atau kerangka karbon yang terdiri dari dua gugus C6 (cincin benzena tersubtitusi) disambungkan oleh rantai alifatik tiga-karbon.

Manfaat Jambu Biji

Menurut pakar kesehatan dari Cina Zayden Zhou, jambu bii mempunyai banyak manfaat untuk memelihara kesehatan tubuh dan mengobati beberapa penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat. Manfaat jambu biji, diantaranya :

  1. Mencegah Kanker
    Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen yang ada di dalam jambu biji terbukti lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan yang berasal dari buah tomat. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya perbedaan didalam struktur selnya. Kandungan antioksidan yang tinggi ada pada jambu biji yang berdaging merah.
  2. Menurunkan hipertensi
    Buah jambu biji sebaiknya rutin dikonsumsi jika ingin terhindari dari serangan jantung. Hal ini dikarenakan ia kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, di dalam satu buah jambu biji berukuran sedang sudah terdapat kandungan potasium yang mencukupi 20 persen dari kebutuhan tubuh manusia dewasa. Penelitian juga menunjukkan jika rutin mengkonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.ac
  3. Mengobati diare
    Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusun jaringan tubuh. Itulah penyebab mengapa gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah mengunyah jambu biji. Selain itu, di dalam daun jambu biji terdapat zat antibakteri, yang dapat mengurangi jumlah bakteir di pencernaan yang menjadi penyebab diare. Pembunuh bakteri lain yang ada di dalam jambu biji adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.
  4. Batu dan flu
    Lalapan jambu biji dipercaya dapat menjadi obat dari penyakit batuk dan flu. Daun ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir dan membuat saluran pernafasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghembat infeksi virus flu.
  5. Merawat kulit
    Di dalam kandungan gizi jambu biji terdapat astringent yang memiliki manfaatkan untuk memperhalus tekstur kulit dan mengencangkannya. Bukan hanya itu, vitamin A, C dan potasium yang terkandung didalamnya memiliki fungsi antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit agar tetap sehat serta bebas keriput.
  6. Mencegah sembelit
    Kandungan serat yang tinggi di dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembeit atau konstipasi. Dalam satu hari hanya dibutuhkan 2 buah jambu biji untuk mencukupi kebutuhan serat tubuh. Kandungan serat yang tinggi ini juga efektif untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.
  7. Menurunkan berat badan
    Di dalam buah jambu biji terdapat kandungan serat dan protein yang dibutuhkan tubuh saat kita melakukan diet. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang diasup saat makan siang sudah cukup untuk mengganjal erut sampai makan malam.
  8. Sariawan
    Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dibandingkan yang ada di dalam jeruk. Itulah yang menjadikannya obat efektif untuk mencegah dan mengobati sariawan dan panas dalam.
  9. Merawat gigi
    Mengkonsumsi jus jambu biji sangat baik untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *