Kandungan Gizi Mentimun dan Manfaatnya

kandungan gizi mentimunPopularitas mentimun dalam dunia kuliner tidak perlu diragukan. Mentimun ditemukan dalam berbagai hidangan hampir di setiap negara. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak mengetahui kandungan gizi mentimun dan menganggap buah ini tidak bergizi dan hanya mengandung air. Padahal, di balik penampilannya yang sederhana dan harganya yang murah tersimpan banyak manfaatnya.

Kandungan Gizi Mentimun

Bagian yang dimakan dari mentimun adalah buahnya. Buah mentimun dimakan mentah sebagai lalap, atau diasinkan sebagai teman nasi. Di dalam buahnya ini terdapat berbagai vitamin seperti vitamin A, B dan C.

Selain itu, di dalam buah mentimun mengandung juga zat zat saponin, yaitu zat yang mengeluarkan lendir. Kandungan gizi buah mentimun yang lain adalah protein, lemak, kalsium, fosfor, belerang. Selain di daging buahnya, bijinya pun memiliki manfaat yang baik untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keripun karena banyaknya vitamin E yang dikandungnya.

Di balik kesegaran dagingnya yang banyak mengandung air, tersimpan vitamin C dan asam kafeat untuk meredakan iritasi kulit dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit.  Manfaat mentimun lainnya adalah digunakan untuk mempercantik wajah. Irisan mentimun dapat digunakan sebagai masker wajah yang berkhasiat untuk menyegarkan atau menghaluskan kulit wajah serta mengurangi kelebihan minyak di wajah.

Kandungan Komponen Gizi yang terdapat di dalam mentimun adalah sebagai berikut :

Tabel kandungan gizi mentimun per 100 gram

Energi 20 kal
Karbohidrat 3,6 gram
Protein 0,6 gram
Lemak 0,1 gram
Vitamin C 5.3 miligram
Kalium 147,2 miligram
Serat 0,8 gram

Cara Memilih Mentimun

Di dalam memilih mentimun yang akan anda beli, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pilihlah buah mentimun yang tidak lembek serta berwarna hijau. Jangan memilih mentimun berwarna kuning, lembek, kulit keripun dan terdapat lapisan lilin. Sebaikna pilihlah mentmun organik, yaitu yang dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk buatan maupun pestisida.
  • Agar tidak pahit setelah dikupas, potong kedua ujung mentimun lalu gosok memutar hingga keluar getah berwarna putih. Selanjutnya dicuci dengan air mengalir sebelum dimakan.
  • Bila terdapa sisa mentimun yang sudah terlanjur dikupas dan dipotong, sisa tersebut dikemas dalam plastik pembungkus. Kemudian, simpan dalam wadah kedap udara agar tetap segar dan tidak mengalami kehilangan air. Jika disimpan dalam kulkas, potongan mentimun ini akan awet selama 1 hari.
  • Buah mentimun sensitif terhadap panas. Jangan menyimpannya pada suhu kamar atau terkena sinar matahari langsung karena akan membuatnya menjadi layu. Simpan dalam kulkas agar awet selama seminggu. Jika ingin mendapat kualitas rasa dan kesegaran maksimal, konsumsilah maksimal 1-2 hari setelah dibeli.

Manfaat Mentimun

Mentimun dikenal banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat dari mentimun :

  1. Kandungan fosfor, vitamin C dan asam folat pada mentimun berfungsi untuk memperlancar buang air seni dan menghilangkan ketegangan atau antistress.
  2. Biji buah mentmun mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput pada manusia. Disamping itu, biji mentimun mengandung lemak dan karoten.
  3. Mentimun mentah bersifat menurunkan panas dalam dan meningkatkan stanima.
  4. Mengandung flavonoid dan polifenol sebagai antiradang.
  5. Mengandung asam malonat yang bermanfaat menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak, sehingga membantu menurunkan berat badan.
  6. Kandungan serat pada mentimun yang tinggi berkhasiat untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolestrol da menetralkan racun.
  7. Mengandung kukurbitasin C, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.
  8. Kandungan kalium yang tinggi membuatnya memiliki khasiat meringankan penyakit hipertensi.
  9. Sifatnya yang mendinginkan membuatnya dapat memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi radang tenggorokan atau sariawan.
  10. Penglihatan menjadi lebih cerah dan kantung mata berkurang berkat dikompres dengan irisan mentimun selama beberapa menit.
  11. Mentimun terkenal efektif menghilangkan jerawat ringan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *