Kandungan Jahe dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rimpang jahe memiliki banyak memiliki manfaat dikarenakan kandungan di dalamnya, di antaranya sebagai sumber gizi, baham ramuan obat jamur (jamu), bahan baku industri makanan dan minuman, sumber minyak atsiri dan oleoresin serta digunakan sebagai bumbu dapur atau rempah repah.

Kandungan jahe per 100 gram rimpangnya terdiri atas kalori 51,00 kal, protein 1,50 g, lemak 1,00 g, karbohidrat 10,10 g, kalsium 21,00 mg, fosfor 39,00 mg, zat besi 1,60 mg, vitamin A 30,00 S.I, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 4,00 mg, air 86,20 g. Selain itu di dalam kandungan jahe juga terdapat pati 58%, oleoresin 3-5% dan minyak atsiri 1 – 3%.

Karena kandungan yang terdapat di dalam jahe, jahe sering dijadikan ramuan obat tradisional karena berfungsi sebagai obat perangsang selaput lendir besar (stimulansia), perangsang gerakan usus, pencernaan dan perut kembung (karminativa), peluruh keringan (diafotika), rematik, sakit kepala, kerongkongan, mulas (kolik), batuk kering, sakit kulit (gatal) dan salesma lambung (katarah).

Manfaat jahe secara farmakologi, antara lain sebagai peluruh kentut (karminatif), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darahm, peluruh keringat, anti inflamasi, antimikroba dan parasit, antipiretik, antirematik, merangsang pengeluaran getah lambung dan juga getah empedu.

Secara umum, manfaat dan khasiat jahe sebagai obat tradisional, termasuk jahe putih besar dan jahe putih kecil adalah sebagai berikut :

  1. Masuk angin.
    Caranya, siapkan rimpang jahe yang tua sebesar biji jari kemudian dicuci bersih dan memarkan, lalu direbus dengan air sebanyak dua gelas. Tambahkan gula aren secukupnya. Dinginkan 1/4 jam, angkat dan minum hangat hangat.
  2. Sakit kepala atau migrain.
    Caranya, siapkan rimpang jahe seibu jari kemudian dibakar, lalu memarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren. Minum sekaligus, tiga kali sehari.
  3. Mencegah mabuk kendaraan.
    Caranya, siapkan rimpang jahe seibu jari, kemudian dicuci dan diris tipis tipis, lalu direbus dengan segelas air. Minum hangat hangat sebelum naik kendaraan.
  4. Terkilir.
    Caranya, siapkan rimpang jahe lebih kurang dua ruas, kemudian dicuci bersih lalu parut. Tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan dua kali sehari.
  5. Bercak putih pada kulit karena kehilangan pigmen (vitilligo).
    Caranya, siapkan rimpang jahe 30 g, kemudian dicuci bersih, lalu di jus. Balurkan jus pada kulit yang menderita vitiligo tersebut.
  6. Cacing gelang.
    Caranya, siapkan rimpang jahe segar 60 g, kemudian dicuci hingga bersih. Lumatkan dan campur dengan segelar air. Saring dan tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Minum ramuan ini tiga kali sehari.
  7. Obat batuk.
    Caranya, siapkan rimpang jahe 10 g, kemudian dicuci bersih. Potong potong dan remukkan. Rebus dalam empat cangkir air selama 20 menit, lalu saring dan tunggi sampai tidak terlalu panas. Minum ramuan tersebut, bisa ditambahkan madu dan jus lemon untuk menambah rasanya.
  8. Infeksi jamur pada kaki.
    Caranya, rendam kaki selama 10 menit dalam air hangat yang telah ditambah dengan jahe.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *