Kandungan Kencur dan Manfaatnya

Hampir semua bagian kencur dapat dimanfaatkan, daun-daun mudanya sering dijadikan lalapan mentah atau diurap. Sedangkan bagian rimpangnya sering digunakan untuk bumbu, misalnya dalam pembuatan pecel, gado-gado, opor dan masakan lainnya. Rimpang kencur juga dijadikan sebagai bahan campuran untuk memberi aroma pada nasi dan dijadikan bahan campuran dalam industri kembang gula.

Kandungan Kencur

Hampir seluruh bagian tanaman kencur mengandung minyak atsiri. Di dalam rimpang kencur terdapat kandungan za-zat kimia seperti minyak atsiri, cinnamal, aldehide, asam motil p-cumarik, etil ester dan pantadekan. Sumber lain menyebutkan rimpang kencur mengandung sineol, paraumarin, asam anisic, gom, pati (4,14%) dan mineral (13,73%). Kandungan kimia tersebut sangat berguna bagi obat-obatan, terutama obat batuk, sakit perut dan obat pengeluaran keringat.

Berdasarkan analisis laboratorium, kandungan minyak atsiri dalam rimpang kencur terdapat lebih dari 23 jenis senyawa. Kandungan zat kimia dalam rimpang kencur dapat dimanfaatkan sebagai obat. Di Indonesia terdapat beberapa jenis kencur unggulan yang memiliki kandungan minyak atsiri yang tinggi. Sebut saja Galesia-2 yang kandungan minyak atsirinya dapat mecapai 6%.

Manfaat Kencur

Seperti yang telah saya sebutkan diantas karena kandungan zat kimia yang ada didalamnya, kencur sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan ramuan kencur, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Influenza pada bayi
    Siapkan bahan berupa rimpang kencur sebesar ibu jari dan dua lembar daun kemukus (lada berekor). Cara menyajikannya, kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian ditambah beberapa sendok air hangat. Ramuan tersebut dioleskan di seputar hidung.
  2. Sakit kepala
    Siapkan bahan berupa daun kencur 2-3 lembar. Cara menyajikannya, tumbuk daun kencur sampai halus. Ramuan tersebut dioleskan atau sebagai kompres pada dahi.
  3. Keseleo
    Siapkan bahan berupa rimpang kencur 1 potong dan beras yang sudah direndam air. Kemudian keduanya ditumbuk halus dan diberi air secukupnya. Ramuan dioleskan (digosokkan) pada bagian yang keseleo sebagai bedak.
  4. Menghilangkan lelah
    Siapkan bahan berupa rimpang besar kencur 1 potong, beras 2 sendok makan digoreng tanpa minyak dan cabai merah 1 butir. Cara menyajikannya, semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai menguap hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Ramuan tersebut diminum sekalidus dan diulangi sampai sembuh. Bagi pria dapat ditambah dengan lengkuas 1 potong dan tepung lada secukupnya.
  5. Radang lambung
    Siapkan bahan berupa rimpang kencur 2 potong sebesar ibu jari. Cara menyajikannya, kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah. Ramuan tersebut ditelan airnya, ampasnya dibuang kemudian minum 1 gelas air putih dan diulangi sampai sembuh.
  6. Batuk
    Siapkan bahan berupa kencur 1 potong sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara menyajikannya, kencur diparut kemudian ditambah air hangat 1 cangkir, diperas dan disaring. Ramuan lain, siapkan bahan berupa rimpang kencur segar sebanyak 1 potong sebesar ibu jari. Cara menyajikannya, kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah, airnya ditelan dan ampasnya  dibuang. Lakukan setiap pagi secara rutin.

Itulah sedikit mengenai kandungan yang ada di dalam kencur beserta manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *