Kelas Amphineura, Kelompok Hewan Mollusca Primitif

Kelas Amphineura dianggap sebagai kelompok Mollusca primitif. Hidupnya kebanyakan di dasar laut memakan rumput laut dan mikroorganisme yang ada disana. Seperti anggota filum Mollusca lainnya tubuh hewan ini lunak dan dilapisi oleh mantel di bagian luarnya yang berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh yang dimiliki oleh hewan laut ini.

Klasifikasi Amphineura

Dalam sistem klasifikasi terbaru, Kelas Amphineura dimasukkan ke dalam Filum Mollusca dan dibagi ke dalam 2 ordo yaitu Ordo Polyplacophora dan Ordo Aplacophora.

Ordo Polyplacophora

Anggota ordo ini memiliki ciri-ciri bentuk tubuhnya elips, kakinya berbentuk pipih yang terletak di permukaan ventral, bagian dorsalnya kompleks ditandai dengan adanya keping kapur, di bagian saluran mantelnya terdapat 4-8 stenedium yang fungsinya sebagai organ pernafasan, anggota ordo ini hidupnya merayap pada batu-batuan yang ada di dasar laut dan sendi antara keping kapur dapat dibengkokan sedemikian rupa sehingga tubuhnya dapat dibulatkan seperti bola.

Ordo Aplacophora

Anggota ordo Aplacophora memiliki ciri-ciri sebagai berikut : bentuk mirip cacing karena tidak mempunyai cangkang, kakinya rudimenter atau hilang sama sekali, radula juga banyak mengalami kemuduran, insang terletak di daerah cloaca, jenis tertentu hidup di antara karang dan Hyrozoaria yang lain dan memangsa polip, beberapa ahli zoologi memasukkan ordo ini ke dalam suatu kelompok cacing primitif.

Struktur Tubuh Kelas Amphineura

Anggota Amphineura memiliki ciri ciri sebagai berikut :

  1. Tubuhnya memanjang seperti elips dengan bagian kepala tereduksi.
  2. Mempunyai radula.
  3. Bagian dorsal tubuhnya terdiri atas 8 segmen.
  4. Kakinya pipih dan terletak di permukaan ventral.
  5. Sistem syaraf terdiri atas cincin syaraf yang mengelilingi mulut dengan dua pasang jala syaraf yang menuju ke bagian ventral.

Salah satu contoh hewan anggota Kelas Amphineura yang dianggap mewakiliki kelas ini adalah Chiton. Hidup merayap di dasar laut, pada batu-batuan yang lunak. Bagian dorsal tubuh Amphineura terdiri dari keping-keping kapur. Sendi antara keping-keping kapur dapat dibengkokan sedemikian rupa sehingga tubuhnya dapat dibulatkan sepert bola.

Mulut dan anus terletak pada ujung yang berlawanan. Pada bagian kepala terdapat mulut yang belum sempurna. Tidak mempunyai tentakel serta begitu pula dengan mata.

Sistem Syaraf.

Sistem syaraf terdiri atas cincin sirkum esofagus dan 2 cabang syaraf (mensyarafi kaki dan mantel).

Sistem Pencernaan Makanan.

Sistem pencernaan makanan yang dimiliki anggota Kelas Amphneura dimulai dari mulut dan berakhir dengan anus. Pada sistem pencernaan makanannya terapat kelenjar ludah dan kelenjar hati.

Sistem Peredaran Darah.

Di dalam tubuhnya, tepatnya di bagian posterior Amphineura terdapat jantung, aorta dan sebuah sinus. Darah mendapatkan oksigen dari stenedium yang ada di bagian mantel.

Sistem Ekskresi

Eksreksi dilakukan menggunakan sepasang ginjal yang salurannya bermuara ke bagian posterior.

Sistem Reproduksi

Telah mempunyai jenis kelamin yang terpisah, larvanya disebut dengan nama trochopora.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *