Kerugian Menggunakan Pakan Pelet Pabrikan

pakan ikanKerugian Menggunakan Pakan Pelet Pabrikan – Kandungan nutrisi dan pemberian pakan memegang peranan penting untuk kelangsungan usaha budidaya ikan air tawar. Penggunaan pakan yang efisien daam suatu usaha budidaya sangat penting sebab pakan merupakan faktor produksi yang paling mahal.

Oleh karena itu, upaya perbaikan komposisi nutrisi dan perbaikan efisiensi penggunaan pakan perlu dilakukan guna meningkatkan produksi hasil budidaya. Upaya perbaikan komposisi juga dapat mengurangi biaya pengadaan pakan. Selain itu, dapat memimalkan produksi limbah pada media budidaya.

Untuk mencapai sasaran tersebut diperlukan pemahaman tentang nutrisi dan kebutuhan nutrien dari varietas. Perlu juga diketahui, teknologi pembuatan pakan serta kemampuan dalam pengelolaan pakan untuk setiap tipe budidaya dari varietas tertentu.

Pelet pabrikan yang anda beli dari produsen pakan memang lebih menyerdehanakan proses budidaya. Secara praktik, pakan pelet memudahkan anda untuk memelihara ikan air tawar yang anda budidayakan. Perkembangan dan pertumbuhan ikan air tawar bisa jadi lebih cepat. Namun, ada beberapa keruagian yang mungkin anda belum sadari dari penggunaan pakan pelet, terutama soal pembengkakan biaya produksi.

Sekedar untuk diketahui, pembuatan pelet terdiri dari proses pencetakan, pendinginan dan pengeringan. Selain itu juga melewati proses pemanasan dengan uapair pada bahan yang ditunjukan agar terjadi perekatan antar  partikel bahan penyusun. Pada saat proses pemanasan tersebut, terjadi penurunan kandungan bahan kering sampai 20%. Hal itu dikarenakan peningkatan kadar air bahan dan menguapnya sebagian bahan organik.

Proses pemanasan juga mengakibatkan menguapnya asam lemak, denaturalisasi protein, kerusakan vitamin bahkan terjadinya reaksi pembentukan senyawa melanoidin yang dapat merusak lingkungan hidup ikan. Pada saat pengeringan, pelet bisa tercemar debu atau kotoran yang dikhawatirkan membawa penyakit.

Pakan ikan jenis pelet yang anda beli jelas memerlukan biaya yang besar untuk mendapatkannya. Ikan lele, nila dan gurami adalah ikan yang nafsu makannya besar untuk menunjang pertumbuhan. Pakan jenis pelet memang dapat mempercepat produksi daging ikan yang anda budidayakan, namun biaya produksi bisa membengkak tiga kali lipat jika dibanding anda menggunakan pakan alami.

Dalam budidaya ikan air tawar, tentu saja anda ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya. Sehingga Efisiensi Biaya Pakan Air Tawar anda perlukan agar keuntungan anda tidak hanya habis untuk membeli pakan pelet pabrikan.

Beberapa pakan alami yang ada di alam pada dasarnya mampu membuat diri anda tanpa mengeluarkan biaya pakan. Kebutuhan biaya pakan air tawar yang anda budidayakan bisa mencapai nol rupiah jika anda menggunakan pakan alami. Sehingga dalam budidaya ikan air tawar, alih alih menggunakan pelet buatan pabrik yang mahal harganya lebih baik anda menggunakan berbagai jenis pakan alami untuk mencukupi kebutuhkan ikan yang anda budidayakan.

Beberapa jenis pakan alami yang mudah dibudidayakan misalnya cacing sutera, tumbuhan azolla microphylla, kutu air dan jentik nyamuk. Cara budidaya keempat jenis pakan tersebut sudah saya bahas di artike sebelumnya.

Related Posts

Add Comment