Keunggulan Budidaya Ikan dibandingkan Bisnis Lain

Keunggulan Budidaya Ikan dibandingkan Bisnis LainKeunggulan Budidaya Ikan dibandingkan Bisnis Lain – Dalam menentukan atau memilih suatu usaha perikanan, sebaiknya mengetahui dan mencari tahu keunggulannya. Dengan begitu kita akan lebih mudah dalam menguasai teknis budi dayanya serta mencari peluang pasarnya.  Selain itu, dengan mengetahui keunggulannya akan memberikan motivasi tersendiri untuk mencapai keberhasilannya. Sejumlah keunggulan budidaya ikan sebagai berikut :

1. Selalu Diminati

Produk ikan memang banyak diminati dan cukup familiar di pasaran karena dibutuhkan oleh konsumen. Masyarakat tidak asing lagi dengan produk ikan. Seperti ikan lele, nila dan gurame relatif mudah dijumpai di pasaran baik produk segar maupun olahannya.

2. Tahan Penyakit

Produk yang diminati para pembudidaya tentunya ikan yang memiliki ketahanan terhadap penyakit. Serangan penyakit sering kali menyebabkan kematian pada ikan, bahkan kematian massal. Tentu saja dengan memilih jenis ikan yang tahan terhadap penyakit memberikan nilai tersendiri. Ikan nila yang terus dikembangkan dan direkayasa genetikanya untuk menciptakan bibit unggul yang tahan terhadap penyakit. Misalnya nilai BEST (Bogor Enchanced Strain Tilapia) yang lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan nila lainnya.

3. Banyak Dibudidayakan dan Produktivitas Tinggi

Bila usaha banyak dilakukan orang lain, sedikit banyak akan memberikan dukungan moral. Selain itu, jika ada kesulitan akan lebih mudah untuk mencari bantuan atau informasi. Jenis ikan yang banyak di budidayakan di masyakrakat dapat di gunakan sebagai indikator mengenai beberapa hal berikut :
– Diminati masyarakat
– Teknologi budidaya mudah
– Pasar dapat menerima produk
– Keuntungan cukup baik
Biasanya, ikan yang memiliki produktivitas tinggi akan banyak dipilih sebagai komunitas budidaya. Misalnya memilih ikan yang menghasilkan telur yang banyak, pertumbuhannya cepat atau tingkat kematiannya rendah. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pembudidayanya.

4. Ada inovasi Produk
untuk bersaing di pasaran, bila semua teknik budi daya dan sarana produksi yang dilakukan hampir sama dengan pelaku usaha budidaya lainnya bisa menyebabkan produk kita tidak terlalu terangkat harganya. Untuk itu di perlukan inovasi dari pembudidaya agar dapat meningkatkan kualitas produknya. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain penerapan konsep organik, biosecurity, dan pengemasan yang baik.

5. Mampu Menginspirasi Orang lain
Tolak ukur keberhasilan usaha budi daya adalah mampu menginspirasi dan membangkitkan semangat orang lain. Termasuk orang yang akan merintis usaha atau yang akan mengembangkan usaha. Sudah banyak pebisnis ikan yang telah berhasil dan dengan senang hati berbagi invormasi, ilmu, motivasi dan semangat kepada orang lain.

Itulah 5 keunggulan bisnis budidaya ikan dibandingkan bisnis lainnya. tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *