Kisah Inspiratif Petani Sukses Hingga Beromset Milyaran

12 views

Petani suksesKisah seorang petani memang tak selalu positif tetapi kadang juga suram. Namun kali ini saya mau membahas tentang kisah inspiratif petani sukses hingga beromset milyaran, yang merupakan sisi lain dari pekerjaan petani. Tidak selalu petani terlihat sederhana. Seorang petanipun bisa mengenakan dasi dan menggunakan mobil mewah karena kekayaannya memang melebihi rata rata orang Indonesia.

William Soeryadjaya, Pemilik Astra

Anda tentu tahu perusahaan astra ? Kisah inspiratif petani sukses yang pertama mengenai William Soeryadjaya, pemilik perusahaan Astra yang saat ini telah menggurita. Ia terjun ke bisnis pertanian ketika mengetahui bahwa Indonesia masih mengimpor banyak komoditas pangan seperti beras, jagung, gula dan kacang.

Melalui perusahaan barunya ini ia menanam gandum, sorgum dan jagung. Hasilnya sangat mengecewakan karena waktu itu Astra sangat awam dengan bidang pertanian.

Om Wiliam pun tak patah arang, ia pun mencoba mengembangkan tanaman singkong atau ubi kayu. Dari bisnis tanaman singkong ini, Om Wiliam mulai memetik keuntungan sehingga bank mau meminjamkan modal untuk bisnis singkongnya. Tahun 1978 membangun pabrik tapioka dari bahan singkong. Perusahaannya pun memperluas bisnis ke tanaman kelapa untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat.

Kemudian pada tahun 1982, Om Wiliam menangkap peluang bsnis perkebunan sawit. Langkah awalnya bebrisnis sawit, ketika ia membeli 50% saham PT tunggal perkasa senilai US$ 3 Juta, Untuk mengelola sekitar 10.000 hektar sawit.

Melalui proses panjang, kemudian pada 3 Oktober 1988, Om Wiliam membuat perusahaan PT Suryaraya Cakrawala sebagai perusahaan yang khusus bidang divisi argo yang mengelola perkebunan dan sawit. Kemudian berubah nama menjadi PT Astra Agro Niaga ada 1989. Selanjutnya pada 1997, perusahaanya merger dengan PT Suryaraya Bahtera, kemudian berganti nama menjadi PT Astra Agro Lestari. Saat ini PT Astra Agro Lestari menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Kisah Petani Sukses Dari Nol

Anda mungkin bisa beralasan bahwa kisah om Wiliam diatas dikarenakan karena ia telah memiliki modal terlebih dahulu sehingga memudahkannya menjadi seorang petani sukses. Tetapi mari kita beralih ke alm. Bob Sadino yang sukses menjadi salah satu pengusaha suksesĀ  dari usaha agrobisnis.

Kisah dari alm. Bob Sadino ini dapat menjadi pelajaran bahwa seorang petani dapat sukses dari nol. Pada awalnya ia terjun ke bisnis pertanian dengan beternak ayam. Lalu iapun bersama istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telur ayam yang dihasilkan. Dengan modal kecil kecila tersebut dalam tempo satu setengah tahun, ia dan istrinya memiliki banyak langganan, terutama orang asing karena mereka fasih berbicara bahasa Inggris. Bob dan istirnya tinggal di kawasan kemang, Jakarta dimana banyak menetap orang asing disana.

Itulah cikal bakal hingga ia kemudian bisa mendirikan pasar swalayan Kem Chicks. Dari bisnis pasar swaayan bob berkembang pesat, merambah ke agribisnis, khususnya holtikutura, mengelola kebun kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Itulah yang menjadikan alm. Bob Sadino kemudian menjadi pengusaha terkemuka di Indonesia, dimulai dari menjadi petani sukses.

Sebetulnya ada banyak sekali kisah petani sukses di Indonesia, kebanyakan di sebabkan karena ia melek pasar. Seperti halnya Haji Lancinding di Luwu yang mampu meraih omset milyaran rupiah setiap bulannya dari penjualan biji kakao ke pabrik. Di mana dahulunya ia adalah petani kakao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *