Klasifikasi Bunga Mawar (Rosa sp)

klasifikasi bunga mawarSebelum membahas tentang klasifikasi bunga mawar, kita bahas sedikit dulu yuk tentang bunga hias ini. Mawar yang kini dikenal dengan sebutan ratu bunga memiliki latar belakang sejarah (historis) yang menarik untuk dicemati oleh kalangan masyarakat luas. Seperti bunga hias lainnya, mawar pun tidak dapat dipisahkan begitu saja dari tatanan kehidupan manusia. Konon sejak zaman dahulu kala, bunga sudah merupakan simbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia, termasuk di dalamnya kisah kisah menarik tentang bunga mawar.

Manusia mengenal mawar diduga sama tuanya dengan perkembangan nenek moyang terdahulu. Salah satu bukti yang memperjelas dugaan tersebut adalah ditemukannya fosil bunga mawar yang telah berusia 40 juta tahun di Colorado dan Oregon, Amerika Serikat. Kisah lain mengungkapkan bahwa sejak 5000 tahun yang lalu ketika dinasti han berkuasa di tiongkok pernah membasmi tanaman mawar ini secara besar besaran untuk diganti dengan tumbuhan penghasil bahan makanan. Padahal pada waktu yang sama mawar sudah menjadi barang dagangan antar negara, yaitu dari mesir ke roma untuk digunakan sebagai pengharum istana raja dan para bangsawan. Sejak saat itu kaisar roma (Nero) mengmebangkan perkebunan mawar sebagai sumber pendapatan pemerintah Roma.

Pesona bunga mawar memang tidak pernah pudar sepanjang zaman. Banyak bukti yang mengungkapkan cerita kharistmatik tentang bunga mawar. Bangsa yunani kuno menganggap mawar mempunnyai nilai magis, yaitu sebagai tetesan darah adonis seorang kekasih dewi venus yang mati dalam pertempuran. Konon, dalam ceritanya sewaktu adonis terbunuh darahnya menetes di tanah dan menjelma menjadi mawar.

Bunga mawarKlasifikasi Bunga Mawar

Setelah mengenal sedikit tentang bunga mawar, kita lanjut ke inti dari artikel ini mengenai klasifikasi dari bunga mawar ini. Mawar termasuk tanaman tahunan (Perennial) yang mempunyai struktur batang berkayu keras, berduri, bercabang banyak, menghasilkan bunga, buah dan biji terus menerus. Selama siklus hidupnya, tanaman mawar terus tumbuh seolah olah tidak terbatas dan masa produksi bunga berulang ulang.

Dari ciri bunga mawar tersebut, membuat bunga mawar dimasukkan ke dalam sistem klasifikasi berikut ini :

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angispermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Rosales
Famili : Rosasceae
Genus : Rosa
Spesies : Rosa sp

Terlihat dalam klasifikasi bunga mawar diatas, mawar termasuk ke dalam ordo rosales. Ordo rosales terdiri dari 23 famili dan yang paling besar adalah Rosaceae. Sering terdapat info yang mengatakan bahwa suku mawar mawaran (Rosaceae) berisi hanya berbagai jenis bunga mawar.

Padahal sebenarnya di Rosaceae tidak hanya terdiri dari berbagai jenis mawar saja. Sebagai contoh genus Alchemilla yang merupakan herba dan sering digunakan sebagai teh herbal di negara negara eropa.

Walau begitu nama Rosasceae memang diambil dari nama mawar (rosa) karena sebagian besar spesies dalam famili ini merupakan genus rosa, yang dalam sistem klasifikasi semua genus rosa adalah tanaman bunga mawar.

Genus rose ini terdiri dari lebih dari 200 spesies bunga mawar dan lebih dari 5.000 hibrida mawar yang tersebar luas dan ditanam di seluruh dunia.

 

Related Posts

Add Comment