Klasifikasi Ctenophora dan Contohnya

Di dalam sistem klasifikasi terbaru, Ctenophora merupakan sebuah filum yang masuk ke dalam Kingdom Animalia. Kemudian di dalam filum Ctenophora ini diklasifikasikan menjadi 2 kelas (Tentaculata dan Nuda), 5 ordo dan  17 famili. Hampir semua anggota filum ini hidup di laut terbuka dan jauh dari garis pesisir, sehingga sebagian besar mereka belum diketahui fisiologi dan morfologinya secara detail.

Klasifikasi Filum Ctenophora

Seperti yang telah saya sebut diatas, klasifikasi Ctenophora terdiri dari 2 kelas yaitu Nuda dan Tentaculata. Pembagian filum Ctenophora menjadi 2 kelas, didasarkan pada keberadaan tentakelnya. Kelas Tentaculata semua anggotanya memiliki tentakel sedangkan Kelas Nuda semua anggotanya tidak memiliki tentakel.

Kelas Tentaculata

Beberapa ciri dari anggota kelas ini diantaranya adalah badannya agak memipih lateral, mempunyai sepasang tentakel, memiliki empat lajur barisan silia yang terbentuk dengan baik dan memiliki lobus oral yang besar. Kelas tentaculata terdiri atas 4 ordo, yaitu :

  1. Ordo Cydippida
    Anggota dari ordo Cydippida yang banyak dijumpai adalah Pleurobranchia sp yang termask ke dalam famili Pleurobranchiidae. Hal tersebut dikarenakan penyebaran hewan ini yang ada dimana-mana, mulai dari perairan kutub hingga perairan tropis baik itu di bagian persisir maupun perairan terbuka. Anggota dari famili Pleurobranchiidae ini dikenal dengan nama sea gooseberry.
  2. Ordo Platyctenida
    Contoh Ctenopohora yang menjadi anggota ordo ini adalah Ctenoplana. Ukurannya kurang dari 2 cm dan banyak terdapat di perairan tropis, khususnya Indonesia. Ctenoplana bergerak dengan merayap di atas substrat bentos.
  3. Ordo Lobata
    Semua hewan yang menjadi anggota ordo ini bersifat planktonik di perairan pesisir semua bena, dari perairan tropis hingga kutub. Contohnya adalah Mnemiopsis sp yang termasuk ke dalam famili Bolinopsidae.
  4. Ordo Cestida
    Ordo ini hanya terdiri dari 1 famili, yaitu Cestidae dan sebagian besar merupakan genus Cestum yang penyebarannya luas dan umumnya berukuran kurang dari 15 cm, tetapi beberapa spesiesnya ada yang dapat mencapai panjang 2 meter.

Kelas Nuda

Semua anggota dari kelas Nuda ini dikelompokkan ke dalam ordo Beroida. Tidak ada anggotanya yang memiliki tentakel atau loba oral. Semuanya juga memiliki lajur barisan sila yang berjumlah delapan yang terbentuk dengan baik.

Hewan yang menjadi anggota kelas Nuda memakan larva dan hewan berukuran kecil lainnya, termasuk Ctenophora lain. Setelah ditangkap, Nuda akan menelan mangsanya menggunakan otot bibir pada mulutnya. Mulut hewan ini dpat dilebarkan sesuai dengan ukuran tubuh mangsanya.

Kelas Nuda hanya terdiri dari satu ordo dan 1 famili yaitu Ordo Beroida dan famili Beroidae. Beroidae adalah Ctenophora pelagis yang tidak memeiliki tnetakel, mereka terdapat di semua perairan laut di dunia ini mulai perairan tropis hingga wilayah kutup. Contoh hewannya adalah Beroes sp yang panjangnya dapat mencapai 30 cm.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *