Klasifikasi dan Morfologi Ikan Cupang

Ikan cupang halfmoonPada awalnya nama ikan cupang dalam sistem klasifikasi dimiliki oleh marga Trichopsis seperti Trichopsis vittatus (cupang merah), Trichopsis pumillus (cupang biru) dan Trichopsis scalleri (cupang hijau). Namun sejak era 60an, cupang dari marga Trichopsis inni justru kalah pamor dibandingkan cupang dari marga Betta. Hal tersebut disebabkan warna dan bentuk tubuh cupang bermarga Trichopsis ini kalah menarik dibandingkan ikan cupang bermarga Betta. Sejak saat itu, masyarakat lebih sering menyebut ikan dari marga Betta sebagai ikan cupang, baik cupang hias kontes maupun cupang aduan.

Klasifikasi Ikan Cupang

Ada beberapa ikan yang mirip dengan ikan cupang. Namun, untuk membedakannya dengan ikan sefamili lainnya, para ahli pun memasukkan ikan cupang dalam klasifikasi berikut

Filum : Chordata
Subfilum : Craeniata
Kelas : Osteichthyes
Subkelas : Actinopterygii
Superordo : Teleostei
Ordo : Percomorphoidei
Famili : Osphronamidae
Subfamili : Macropodusinae
Genus : Betta , Macropodus, Malpulutta, Parosphromenus, Polyacanthus dan Pseudosphromenus

Morfologi Ikan Cupang

Marine Betta

Banyak penangkar melakukan persilangan sehingga ikan cupang memiliki perbedaan pada bentuk sirip dan warna tubuhnya. Namun, perbedaan secara umum masih dapat diketahui. Dengan begitu, perbedaan antara ikan cupang dengan ikan lainnya, ikan cupang jantan dengan betina serta cupang aduan dan cupang hias dapat dengan mudah diketahui oleh orang awam sekalipun.

Perbedaan morfologi ikan cupang dengan ikan lainnya

Secara umum, bentuk tubuh ikan cupang cukup bervariasi, mulai dari pipih (compressed) hingga silinder.Sisiknya terlihat besar dan kasar. Adapun pangkal ekor terlihat lebar sehingga tubuhnya terlihat kokoh dan kuat. Lebih spesifik, letak mata cenderung horisontal terhadap bibir. Bahkan, beberapa jenis cupang memiliki letak matayang sedikit lebih rendah dari bibirnya. Sementara jumlah siripnya lengkap yang terdiri dari sirip pektoral (sirip insang), sirip dorsal (sirip punggug), sirip ventral (sirip perut), sirip anal (sirip dubur) dan sirip kaudal (sirip ekor).

Perbedaan morfologi cupang jantan dan cupang betina

Dalam budidaya ikan cupang, membedakan antara pejantan dan betina merupakan hal yang penting. Secara kasat mata, perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk dan warna tubuhnya. Berikut beberapa ciri yang membedakan cupang jantan dan betina.

Cupang jantan :

  • Warna tubuh atraktif dan berwarna warni
  • Siripnya terlihat mengembang dengan indah
  • Bentuk tubuh lebih panjang dan lebih ramping dibandingkan cupang betina

Cupang betina :

  • Warna tubuh cenderung pucat dan tidak atraktif
  • Sirip tidak selebar dan tidak seindah cupang jantan
  • Bentuk tubuh pendek dan gemuk

Ikan cupang aduan

Perbedaan morfologi ikan cupang hias dan aduan

Pada dasarnya, semua cupang memiliki agresivitas tinggi dan gemar bertarung. Namun sesuai dengan tujuan perlombaan, kontes atau adu ikan cupang dipilih yang sesuai untuk keperluan tersebut.

Untuk kontes, jenis cupang yang diperlombakan memiliki warna tubuh yang indah, begitu pula dengan siripnya. Semakin mengembang siripnya, akan semakin tinggi pula nilainya. Selain itu, gerakan yang tenang dan anggun menjadi poin tersendiri bagi cupang tersebut.

Berbeda dengan cupang hias, cupang yang diikutkanuntuk aduan tidak harus memiliki warna dan sirip yang indah. Dalam pertarungan, justru kegesitan dan kekuatan tubuhlah yang menentukan kemenangan. (Baca Juga : Jenis Ikan Cupang Aduan Terganas ) Jenis cupang adu umumnya tidak memiliki sirip yang lebar dan indah. Namun, perawakannya justru terlihat garang, bergigi tajamm, ring bibir tebal dan berwarna gelap.

Related Posts

Add Comment