Klasifikasi dan Morfologi Mentimun

19 views

morfologi mentimunKlasifikasi dan Morfologi Mentimun – Mentimun atau cucumber merupakan tanaman semusim yang bersifat menjalar atau memanjat dengan perantaraan alat pemegang berbentuk plin atau spiral, berambut kasar, berbatang basah dengan panjang 0,5 – 2,5 m.

Daun dan tangkai muda dapat dimakan sebagai lalab mentah atau dikukus. Buahnya dapat dimakan mentah, direbus, dikukus atau disayur. Dapat pula dibuat acar atau dimakan bersama rujak. Ada berbagai jenis mentimun yang dijual di pasar, yaitu mentimun biasa, mentiun krai, mentimun wuk, mentimun poan dan mentimun watang.

Tanaman mentimun tergolong satu famili dengan melon, semangka dan labu. Mentimun berasal dari pegunungan Himalaya di India utara. Tanaman ini telah dibudidayakan di kawasan Asia Selatan sejak 3.000 tahun lalu. Dari asia, ia diperkenalkan ke eropa oleh orang Yunani, Romawi dan Mesir. Manfaat mentimun telah dikenal sejak jaman dahulu. Penduduk Romawi kuno menggunakan mentimun untuk mengobati kalajengking dan mengompres mata yang lelah penduduk Asia meminum jus mentimun untuk meyejukkan tubuh saat musim panas. Mentimun mempunyai efek mendinginkan. Oleh karena itu, ada ungkapan Inggris yang populer, yaitu cool as cucumber.

Klasifikasi Mentimun

Tanaman mentimun mempunyai nama latin Cucuimis sativus. Tanaman ini, jika diklasifikasikan, termasuk kelas tanaman biji berkeping dua. Klasifikasi mentimun secara lengkap adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Sub Kingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (berbunga)
Subdivisi : Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup)
Kelas : Dicotyledoneae (berkeping dua)
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo : Violales
Famili : Cucurbitaceae (suku labu labuan)
Genus : Cucumis
Spesies : Cucumis sativus 

Morfologi Mentimun

Mentimun merupakan tumbuhan liar yang mudah ditemukan di hutan hutan jati, hutan campuran, tepi-tepi jalan atau dibudidayakan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang memiliki ketinggian 50 meter sampai 500 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi tetap dapat tumbuh dan hidup, hingga ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut.

Morfologi mentimun secara lengkap adalah sebagai berikut :

Habitus

Habitus mentimun berupa tanaman herba lemah, melata atau setengah merambat dan semusim. Setelah berbunga dan berbuah, tanaman ini akan mati. Perbungaanya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hemaprodit. Tanaman ini dapat merambat hingga mencapai 3 – 5 meter.

Batang

Morfologi batang mentimun adalah berbentuk bulat, membelit, beralur, kasar, berwarna hijau atau hijau kebiruan.

Daun

Daunnya berwarna hijau, berbentuk tunggal, tersebar dengan tangkai berbentuk bulat. Panjang tangkai berkisar antara 3 – 10 cm dan berbentuk oval. Pangkal berlekuk membulat dengan bagian ujung meruncing. Panjang pangkal daun mentimun berkisar antara 5 – 10 cm dengan lebar 3 – 8 cm. Permukaan daunnya kasar.

Bunga

Bunga tanaman mentimun, yaitu tunggal, berumah satu, berkelamin satu. Bunga betina berwarna putih dengan bakal buah tenggelam. Bentuk mahkota bunganya halus dengan panjang 1 – 2 cm. Adapun bunga jantan berwarna putih, terletak di alas dengan panjang 1 – 2 cm.

Bunga pertama yang dihasilkan pada usia 4 – 5 minggu adalah bunga jantan. Bunga bunga selanjutnya adalah bunga hemaprodit. Satu tumbuhan mampu menghasilkan 20 buah. Sekalipun demikian, dalam budidaya mentimun sebaiknya jumlah buah harus dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah

Buah tanaman ini ketika muda berwarna hijau dengan larik larik putih kekuningan. Semakin matang, warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah mentimun memanjang seperti torpedo. Buah dipanen waktu masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masang biasanya mengering dan bijinya dipanen. Warna biji buah yang telah mengering adalah hitam.

Daging Buah

Daging buah mentimun merupakan perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang.

Akar

Akar tanaman mentimun berbentuk serabut, berwarna putih kehitaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *