Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Terong

TerongKlasifikasi dan Morfologi Tanaman Terong

Terong merupakan sebuah tanaman sayuran yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Berbagai masakan olahan terong sangat enak rasanya.

Tanaman terong merupakan tanaman yang berasal dari india dan sri langka. Tanaman ini sudah sejak lama di budidayakan di kawasan tersebut. Terong tidak hanya berwarna ungu tetapi ada juga yang berwarna putih maupun hijau. Buah terong berbentuk lonjong dan berukuran sedang hingga besar.

Tanaman dapat tumbuh sampai berukuran 1,5 meter. Daun terong berwarna hijau, bertekstur kasar dan cukup besar. Panjang daun ini bisa mencapai 20×10 cm. Di sekitar batang terong terdapat duri duri kecil sebagai bentuk adaptasi untuk mencegah serangga ataupun hewan yang akan memakannya.

Batangnya termasuk tipe berkayu dan bercabang dan memiliki percabangan seperti garpu. Di batang terong terdapat buku buku halus. Batang induk terong biasanya berukuran besar dan keras sedangkan rantingnya berukuran lebih kecil. Batang memiliki fungsi untuk mengedarkan nutrisi, air dan senyawa hara ke seluruh tubuh.

Akar tanaman terong dapat tumbuh hingga 2 meter menembus kedalam tanah, walau begitu anda dapat menanam terong didekat tembok rumah anda kareana tipe perakaran terong adalah akar tunggang. Akar terong tidak menyebar ke tanah disekitarnya tetapi menembus ke dalam tanah.

Terong memiliki bunga dengan dua jenis, bunga berkelamin jantan hanya memiliki benang sari sedangkan bunga kelamin betina hanya memiliki putik saja. setiap 1 tanaman hanya memiliki 1 jenis bunga saja. Jadi jika anda hanya menanam 1 tanaman terong ada tanaman anda tidak akan berbuah karena tidak akan terjadi penyerbukan.

Terong memiliki bentuk buah berbentuk bulat lonjong berwarna ungu dan mengkilap. Buah terong memiliki daging tebal namun lunak dan berair. Biasanya dalam satu tangkai tanaman terong hanya terdapat satu buah saja. Didalam buah terong terdapat banyak bijinya.  Biji terong memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk bulat pipih. Setiap biji tanaman ini dapat tumbuh menjadi satu tanaman yang baru

Jika anda akan melakukan usaha budidaya terong, tanamlah terong beraneka jenis ada yang berjenis kelamin jantan ada yang berjenis kelamin betina supaya tanaman terong dapat berbuah.

Klasifikasi Tanaman Terong

Tanaman terong termasuk kedalam kingdom Plantae, Kelas Magnoliopsida, Ordo Solanales, Famili Solanaceae serta Marga Solanum. Tanaman terong memiliki nama ilmiah Solanum melongena

Itulah sedikit tentang klasifikasi dan morfologi tanaman terong semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *