Klasifikasi, Habitat dan Morfologi Ikan Cupang

Ikan Cupang TerbaikKlasifikasi, Habitat dan Morfologi Ikan Cupang

Pada awalnya, nama cupang dimiliki oleh genus Trichopsis seperti Trichopsis vittatus (cupang merah), Tricopsis pumillus (cupang biru) dan Tricopsis scalleri (cupang hijau). Namun, sejak era 60an cupang dari marga tricopsis justru kalah pamor dibandingkan dengan cupang dari genus betta. Hal ini disebabkan warna dan bentuk cupang Tricopsis ini kalah menarik dibandingkan ikan cupang bermarga Betta. Sejak saat itu, masyarakat lebih sering menyebut ikan dari genus Betta sebagai ikan cupang, baik cupang hias kontes maupun cupang aduan.

Klasifikasi

Ada beberapa ikan yang mirip dengan ikan cupang. Namun, untuk membedakan dengan ikan sefamili lainnyam oara ahli pun memasukkan ikan cupang dalam klasfifikasi berikut

Filum : Chordata
Kelas : Osteicthyes
Ordo : Percomorphoidei
Famili : Osphronamidae
Genus : Betta, Trichopsis

ikan cupang termahalHabitat Ikan Cupang

Di alam, cupang ditemukan di daerah beriklim tropis dan hidup di sungai, rawa, persawahan serta perairan dangkal lainnya. Jika dilakukan pengukuran umumnya perairan seperti ini mempunyai beberapa karakteristik, yaitu pH 6,5-7,5 kesadahan air berkisar antara 5-12 dh, dan suhu air 24-30 C.

Ikan cupang memiliki alat pernafasan tambahan yang disebut labirin. Dengan adanya labirin, ikan cupang dapat mengambil dan menyimpan oksigen lebih banyak. Oleh sebab itu ikan ini mampu hidup di perairan yang relatif tenang dan miskin oksigen sekalipun.

Morfologi Ikan Cupang

Banyak penangkar melakukan persilangan sehingga ikan cupang memiliki ragam perbedaan pada bentuk sirip dan warna tubuhnya. Namun, perbedaan secara umum masih dapat diketahui. Dengan begitu, perbedaan antara ikan cupang dengan ikan lainnya, ikan cupang jantan dan betina serta cupang aduan dan cupang hias masih dapat diketahui bahkan oleh orang awam sekalipun

Secara umum, bentuk tubuh ikan cupang cukup bervariasi, mulai dari pipih (compressed) hingga silinder. Sisiknya terlihat besar dan kasar. Adapun pangkal ekor terlihat lebar sehingga tubuhnya terlihat kokoh dan kuat. Lebih spesifik, letak mata cenderung horisontal terhadap bibir. Bahkan, beberapa jenis cupang memiliki letak mata yang sedikit lebih rendah dari bibirnya. Sementara jumlah siripnya lengkap yaitu sirip pektoral (sirip insang), sirip dorsal (sirip punggung), sirip ventral (sirip perut), sirip anal (sirip dubur) dan sirip kaudal (sirip ekor).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *