Klasifikasi Tanaman Kubis

Tanaman KubisKlasifikasi Tanaman Kubis – Tanaman kubis atau kol adalah tanaman sayuran yang biasa tumbuh di daerah dataran tinggi. Tanaman ini secara klasifikasi beranama Brassica oleracea. Tanaman kubis ada yang berwarna hijau, putih atau ungu dan umumnya memiliki berat antara 0,5 sampai 4 kilo gram untuk 1 buah tanaman dewasanya. Kubis termasuk jenis tanaman yang dapat ditanam sewaktu waktu tanpa harus melihat musim yang sedang berlangsung.

Kubis adalah jenis sayuran yang lebih mudah dikonsumsi. Selain digunakan untuk sayur, kubiis juga bisa dimakan secara mentah sebagai lalapan. Tanaman kubis berdaun tersusun sangat rapat membentuh bulatan atau bulatan pipih yang disebut krop, kop atau kepala.

Tanaman kubis dikenal merupakan sumber sangat baik dari beberapa vitamin, mineral dan serat makanan penting bagi tubuh. Sayuran ini merupakan salah satu sumber terkaya vitamin A,C,E,K dan asam folat, serta mengandung kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Kubis tidak mengandung kolesterol, lemak jenuh dan berbahaya dan sangat rendah kalori. Akibat hal itulah seorang ahli biologi indonesia, Bapak Adu Nugroho mengatakan ,” Tanaman kubis merupakan salah satu tanaman konsumsi terbaik dan aman dikonsumsi oleh setiap orang “.

Pada awalnya tanaman kubis merupakan tanaman subtropis, tanaman ini sekarang bisa tumbuh di daerah tropis tetapi tidak dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di dataran rendah tropis. Hal ini di karenakan tanaman ini menyukai udara yang dingin.

Klasifikasi Tanaman Kubis

Secara klasifikasi tanaman kubis termasuk ke dalam anggota dari genus Brassicia dan termasuk ke dalam famili Brassicaceae.

Secara Lengkap Klasifikasi tanaman kubis adalah :

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Brassicales
Famili: Brassicaceae
Genus: Brassica
Spesies : Brassica oleracea

Walau masih 1 spesies didalam Brassica oleracea terdapat banyak kultivar yang memiliki perbedaan cukup mencolok seperti kubis ungu, kubis hijau dan juga ada kubis yang tidak memiliki bunga atau disebut sebagai kubis liar.

Macam Macam Jenis Tanaman Kubis

Secara umum tanaman kubis yang beredar adalah tanaman hijau, walau begitu tanaman ini ada yang memiliki warna putih dan ungu. Selain itu dari bentuk kolnya (bunga) kubis di bagi menjadi 3 jenis yaitu tidak berkol, kol gepeng dan kol bulat.

Itulah sedikit mengenai tanaman kubis dan klasifikasinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *