Kucing Jantan Belang Tiga yang Unik Cocok untuk Hewan Piaraan

Kucing Jantan belang tiga atau biasa disebut dengan kucing belacu ini memiliki nama berbeda disetiap negera seperti di negara Jepang yang menyebut kucing belang tiga ini dengan sebutan mi-ke sedangkan di negara Belanda menyebut jenis kucing belang tiga ini adalah lapjeskat. Banyak orang yang menganggap bahwa kucing belang tiga ini adalah ras kucing, tapi ternyata nggapan tersebut adalah sesuatu kekeliuran yang segera diluruskan, pasalnya jenis kucing belang tiga bukanlah sebuah ras kucing yang masuk kedalam daftar ras kucing, namun jenis kucing belang tiga ini hanyalah kucing domestik yang memiliki pola warna pada bulunya, seperti warna orange atau hitam.

Umumnya kucing belang tiga ini hanya terjadi pada kucing betina saja, jarang sekali di jumpai pada pejantan. Di Indonesia jenis kucing ini termasuk kedalam kasus yang langka, hal ini biasanya jika sampai terjadi kasus demikian indukan akan memakan kucing jantan belang tiga ini. Hal ini dikarenakan jenis kucing ini dianggap cacat oleh induknya dikarenakan menunjukan adanya gangguan vitalitas hingga kemandulan pada kucing jantan tersebut yang disebabkan adanya kelebihan kromosam X.

Kenapa Bisa Mengalami Gangguan Vitalitas?

Secara genetik kucing jantan normal akan memiliki kromosom XY dengan kromosom kucing betina normal XX. Nah, salah satu penyebab yang menimbulkan warna lain pada pola bulu kucing dipengaruhi karena adanya kromosom X. Tak heran jikalau kucing betina mampu memiliki dua warna sekaligus pada pola tubuhnya, hal ini dikarenakan kromosom X pada setiap kucing betina terdapat dua buah kromosom XX yang tentunya hal tersebut juga akan mempengaruhi timbulnya warna pola bulu, menjadi orange atau hitam.

Lain halnya dengan kucing jantan, ia hanya memiliki satu kromosom X saja, maka hal ini menunjukan bahwa kucing jantan hanya dapat memiliki satu warna bulu saja dalam satu bagian tubuh yaitu orange atau hitam. Jika dalam suatu kasus terdapat kucing jantan belang tiga disebabkan karena jumlah kromosom X pada kucing jantan ini mengalami kelebihan yang umumnya hanya XY menjadi XXY.

Meskipun sangat jarang sekali ditemukan di Indonesia lain halnya dengan di Amerika Serikat, justru jenis kucing jantan belang tiga sangat populer dan dianggap sebagian besar masyarakat memberikan keberuntungan pada pemiliknya. Bahkan mitos tersebut sampai-sampai kucing bernama Maneki Neko dari jepang ini juga memiliki tiga warna.

Nah itulah ulasan singkat mengenai penyebab munculnya kucing jantan belang tiga yang tumbuh beriringan dengan cerita mitos masyarakat di berbagai negara yang masih dipercayai hingga saat ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *