Kucing Russian Blue : Ciri, Harga dan Makanan Favoritnya

Kucing russian blue merupakan salah satu ras yang paling di sukai di seluruh Dunia. Hal inilah yang menyebabkan ras asli dari kucing ini harganya dapat mencapai 100 juta rupiah. Walau pada nama “blue” tetapi bulu dari ras ini tidak berwarna biru lho, melainkan abu – abu.

Nenek moyang dari kucing ini berasal dari negara Russia, yaitu dari daerah Arkhangel’sk. Orang inggris pada tahun 1860an melihat potensi dari ras ini, sehingga kemudian dibawanyalah kucing rusian blue ke inggris untuk dikembangbiakan. Sayangnya diakibatkan adanya perang dunia kedua, populasi dari ras ini kemudian turun secara drastis baik itu di negara asalnya russia maupun di inggris tempat ia banyak diternakkan. Untuk menghindari kepunahan, akhirnya para breeder memutuskan untuk mengawin silangkan dengan kucing siam.

Ciri Kucing Russian Blue

Ciri utama dari kucing russian blue dapat dilihat dari bola mata dan bulunya. Warna mata dari kucing ini berbeda dengan ras lain yaitu bola matanya berwarna hijau cerah. Walau begitu ada juga yang bola matanya berwarna hijau kekuningan, itu artinya kucing tersebut tidak membawa gen murni tetapi ada tercampur gen ras lain, misalnya ras siam yang banyak dikawinsilangkan dengannya setelah perang dunia 2 oleh orang Amerika.

Selain dari matanya, kita dapat melihat buru dari kucing ini berbeda dari yang lain. Ia memiliki 2 lapis bulu, ada bulu yang pendek serta bulu panjang dengan warna abu-abu keperakan. Munculnya dua lapis bulu ini dikarenakan habitat asli kucing russian blue yaitu Russia merupakan negara dengan iklim super dingin. Sehingga ia beradaptasi secara alami dengan lingkungannya yang mengakibatkan munculnya 2 lapis bulu ini agar suhu badannya tetap hangat.

Kucing russian blue termasuk kucing yang lincah dan sering mengajak pemiliknya untuk bermain. Untuk itu bagi anda yang memelihara ras ini sebaiknya menyiapkan berbagai jenis mainan untuk menyibukkan dirinya sehingga ia tidak mejadi bingung. Satu hal lain yang perlu anda perhatikan ialah kucing ini dapat melompat dengan tinggi, jadi ajarilah ia sejak kecil untuk tidak mencoba melompat ke atas meja maupun lemari.

Kucing ini juga dikenal memiliki otak yang cerdas, ia dapat mengingat orang yang pernah ia temui walaupun telah berselang selama beberapa tahun. Ini berbeda dengan ras lain seperti persia dan anggora yang akan melupakan anda jika sudah tidak bertemu dengannya selama lebih dari setahun, walaupun dulunya anda adalah orang yang pernah tinggal satu rumah dengan kucing tersebut.

Harga

Harga dari kucing russian blue asli yang memiliki gen murni sangatlah mahal, yaitu dapat mencapai 50 – 100 juta rupiah per ekornya. Kucing yang diklaim asli ini haruslah memiliki sertifikat yang berisi silsilah keturunan (pedegree). Dengan ada datanya indukan dari kucing, dapat memastikan kemurnian gen kucing russian blue ini. Karena ada juga kucing yang memiliki tampilan fisik sama seperti ras asli tetapi ternyata didalam tubuhnya terdapat gen resesif sehingga jika dikawinkan dengan kucing russian blue lain akan menghasilkan anakan yang mengekspresikan gen dari ras lain seperti warna matanya yang menjadi kuning.

Mahalnya harga kucing russian blue asi dikarenakan ras asli dari kucing ini jumlahnya sangatlah terbatas, kebanyakan kucing yang disebut russian blue di Indonesia merupakan campuran dari ras lain seperti siam. Kucing hasil kawin siang ini tidak memiliki warna yang hijau seperti batu zamrud tetapi berwarna kuning ataupun hijau kekuningan. Semakin banyak gen campuran yang ada maka warna hijau pada matanya semakin berkurang.

Makanan Kesukaan

Makanan favorit dari ras ini adalah ikan laut Segar, contohnya adalah ikan tuna. Jika kita sulit mendapatkan ikan segar, anda bisa memberikannya wet food buatan pabrik dan tentu pilihlan yang memiliki merk bagus seperti Royal Canin, Pro Plan, Meo dan Power Cat.

Anda juga bisa memberikan dry food kepada kucing ini, hanya saja jangan jadikan sebagai makanan utama dikarenakan biasanya makannya kurang lahap jika diberi dry food. Jangan sekali-sekali memberikan kucing ini nasi karena pencernaannya akan mengalami permasalahan yang bisa berakibat fatal jika diberi nasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *