Macam Macam Bunga Hias Anggrek Asli Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak macam macam bunga hias anggrek asli Indonesia. Tanah air kita ini memang kaya akan pesona keindahan floranya salah satunya anggrek. Paling tidak di Indonesia terdapat sekitar 6.000 spesies dari anggrek yang terdapat di Indonesia. Tentu pada artikel ini tidak akan kita bahas semua, pada kesempatan ini saya akan membahas 9 spesies saja. Berikut adalah macam macam bunga hias anggrek asli Indonesia :

Anggrek bulan

Anggrek bulanBunga anggrek ini mungkin merupakan salah satu bunga anggrek terfavorit dan paling terkenal. Bunga yang bernama ilmiah Phalaenopsis amabilis ini merupakan bunga yang tumbuh subur di dataran tinggi (sekitar 600 m di atas permukaan laut). Anggre ini memiliki bunga yang berwarna putih, hal itulah yang menyebabkannya dinamakan anggrek bulan karena keindahan bunga ini disetarakan dengan keindahan bulan pada malam hari.

Anggrek Kasut Kumis

Paphiopedilum chamberlainianumDari macam macam bunga anggrek asli Indonesia, mungkin anggrek kasut kumis ini yang bentuk bunganya paling unik. Pasalnya bentuk bunga anggrek kasut kumis ini mirip dengan kantong semar. Warna bunganya juga sangat indah dan serasi perpaduan ungu, hijau dan putih. Bunga anggrek ini merupakan spesies yang berasal dari sumatera utara dan hidup pada daerah yang memiliki ketinggian 2 ribu meter di atas permukaan laut. Sayang anggrek unik populasinya sudah sangat langka yang diakibatkan habitat aslinya sudah hancur akibat erupsi gunung sinabung.

Anggrek Kebutan

Anggrek kebutanAnggrek yang bunganya berwarna orange ini juga termasuk ke dalam anggrek langka yang dilindungi. Walau gitu masih banyak juga yang menjual bunga hias anggrek ini saya liat di bukalapak dan tokopedia. Hal ini dikarenakan juga karena perawatan anggrek kebutan ini tidaklah sulit dan bisa dirawat oleh penghobi pemula. Dalam satu batangnya terdapat banyak bunga anggrek yang seperti sedang kebut kebutan, oleh karena itulah anggrek yang bernama ilmiah Ascocentrum miniatum ini disebut sebagai anggrek kebutan.

Anggrek Bulan BintangAnggrek bulan bintangAnggrek ini bukan anggrek kepunyaan partai bulan bintang lho ya, dinamakan demikian karena anggrek ini kelopak bunganya bentuknya menyerepuai bintang sedangkan di kelopaknya ini terdapat titik titik merak yang dianggap menyerupai bulan. Anggrek yang bernama ilmiah Phalaenopsis sumatrana ini jelas merupakan salah satu dari macam macam bunga hias anggrek yang berasal dari pulau sumatera.

Anggrek Jamrud

macam macam bunga anggrekEntah mengapa anggrek ini dinamai sebagai anggrek jamrud karena secara fisiknya tidak ada mirip miripnya dengan batu jamrud. Mungkin karena anggrek yang berasal dari pulau sumatera ini harganya semahal jamrud. Ciri anggrek yang bernama ilmiah Dendrobium macrophyllum ini adalah di bagian luar bunganya terdapat bulu yang menyerupai buah rambutan, mungkin lebih cocok dinamai anggrek rambutan kali ya :D.

Anggrek Hartinah

Anggrek hartinahNama anggrek ini diambil dari nama asli ibu tien soeharto, hal ini dikarenakan pengembangan anggrek endemik sumatera utara ini disupport secara penuh oleh beliau. Anggrek hartinah pertama kali ditemukan di tahun 1976 dan diberi nama ilmiah Cymbidium hartinahianum. Anggrek ini merupakan anggrek yang hidup ditanah dan merumpun. Bunga anggrek ini sangat unik berwarna dasar kuning dengan garis garis warna ungu menghiasi bunganya. Menurut pandangan saya dari macam macam bunga anggrek di Indonesia, anggreknya ibu tien ini adalah salah satu yang terbaik.

Anggrek Jingga

Anggrek jinggaAnggrek ke 7 dari macam macam bunga anggrek yang kita bahas adalah anggrek jingga, seperti namanya anggrek ini bunganya berwarna jingga dengan motif totol berwarna merah. Anggrek yang bernama ilmiah Renanthera matutina ini merupakan anggrek monopodial epifit terestrial yang batangnya bisa tumbuh hingga 1 meter panjangnya. Anggrek ini di Indonesia tersebar di pulau jawa, sumatera dan kalimantan.

 Anggrek Ki Aksara

anggrek unikAnggrek yang bernama ilmiah Macodes petola ini bentuknya berbeda dengan macam macam bunga anggrek lainnya. Hal ini dikarenakan anggrek terestrial ini ditanam juga bukan karena bunganya tetapi karena daunnya yang indah. Tanaman ini dikenal karena kilauan emas di daunnya saat terkena sinar matahari. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari pulau sumatera.

Anggrek Hitam

Anggrek hitam kalimantanPenutup haruslah yang spektakuler, maka sebagai penutup artikel macam macam bunga anggrek asli indonesia ini saya tutup dengan anggrek hitam. Anggrek yang terlihat menyeramkan ini banyak dicari oleh para penghobi bunga. Bunga asli indonesia ini merupakan maskot dari provinsi kalimantan timur. Anggrek ini jumlahnya sangat sedikit dan jika anda berminat memilikinya sepertinya akan sangat sulit ya.

Related Posts

Add Comment