Macam Macam Bunga Langka di Indonesia

Indonesia memiliki macam macam bunga langka yang sangat sulit ditemukan di belahan lain dunia. Indonesia memang mempunyai tanah yang subur sehingga banyak bunga yang dapat tumbuh disini. Bunga langka ini biasanya sulit dikembang biakan dan tempat tumbuhnya cukup spesifik.

Paling tidak ada 5 jenis bunga langka di Indonesia, yaitu :

Bunga bangkai

bunga bangkai langkaBunga bangkai atau dalam bahasa ilmiah disebut Amorphophallus titanium adalah sebuah bunga berukuran besar yang mengeluarkan bau seperti bau bangkai. Bunga ini tingginya dapat mencapai 4 meter. Saat bunganya mekar, bunga bagian luar akan berwarna putih sedangkan bagian mahkota berwarna merah keunguan. Bunga langka ini biasanya ditemukan di daerah sumatera tetapi saat ini mulai di konservasi di daerah lainnya untuk mencegah kepunahan.

Bunga Edelweis Jawa

Bunga Edelweis JawaBunga edelweis jawa merupakan bunga langka yang berasal dari jawa. Bunga ini dikenal sebagai bunga abadi karena bunga ini dapat tetap segar dalam waktu lama meskipun sudah dipetik dari tangkainya. Bunga edelweis ini berwarna putih kekuningan atau kecoklatan. Tanaman edelweis dapat tumbuh hingga mencapai 8 meter dan diameter batangnya bisa mencapai 10 cm. Hidup tanaman ini bisa melebihi manusia karena jika tidak mengalami gangguan tanaman edelweis bisa hidup hingga ratusan tahun. Sayangnya tanaman ini  sudah cukup susah langka sehingga saya masukkan ke dalam list macam macam bunga langka di Indonesia. Jika beruntung anda bisa menemukan tanaman ini di gunung papandayan, gunung gede dan gunung rinjani. Walau begitu sebaiknya anda jangan mengambil bunga edelweis ini supaya tidak semakin membuat bunga ini punah sehingga tetap bisa dilihat oleh anak cucu kita.

Bunga Rafflesia arnoldi

bunga langka di IndonesiaBanyak orang menyamakan bunga rafflesia arnoldi dengan bungai bangkai. Hal ini dikarenakan bunga raflesia memiliki bau busuk seperti yang ada pada bunga bangkai. Padahal secara bentuk fisik bunga ini sangat berbeda dimana bunga raflesia memiliki warna bunga berarna merah. Bunga raflesia merupakan bunga parasit yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain. Bunga raflesia jumlahnya di Indonesia sudah sangat terbatas dan dapat ditemukan di taman nasional bengkulu.

( Baca Juga : Macam Macam Bunga Hias Asli Indonesia )

Bunga Anggrek Hitam

Bunga anggrek hitamBunga anggrek hitam adalah bunga yang cukup berbeda dengan bunga anggrek lainnya. Bunga ini memiliki labellum berwarna hitam dengan garis garis berwarna hijau dan berbulu. Bunga anggrek hitam mulai langka ditemukan dikarenakan habitat aslinya di hutan pulau sumatera dan kalimantan semakin berkurang secara drastis. Bahkan di pulau sumatera bunga ini hampir tidak ada lagi jumlahnya dan sekarang di Indonesia hanya tinggal di kalimantan timur.

Bunga Anggrek Tebu

Anggrek tebuAnggrek tebu merupakan jenis bunga anggrek yang terbesar. Bahkan bunga ini dalam satu rumpun beratnya bisa mencapai 1 ton dan tinggi mencapai lebih dari 3 meter. Bunga anggrek tebu ini memiliki warna cokelat dengan bintil bintil hitam. Bunga ini merupakan salah satu bunga yang dilindungi di Indonesia karena persebarannya sudah sangat terbatas.

Itulah macam macam bunga langka di Indonesia, sebenarnya bukan hanya itu saja bunga yang  ada hanya saja kelima bunga tersebut termasuk yang paling terkenal.

Related Posts

Add Comment