Macam Macam Gaya Bonsai Era Pos Modern

Macam Macam Gaya Bonsai Era Pos Modern- Di Masa sekarang, karya seni bonsai bukan lagi menjadi monopoli kalangan atas dan menengah saja. Seni telah menyentuh dan berkembang hingga lapisan masyarakat yang paling bawah. Seni sudah tidak mempunyai batasan lagi dan perjalanan seni mulai memasuki alam khayal manusia yang abstrak. Muncullah teori teori abstrak pada bonsai di era pos modern ini. Pengolahan dan penataan garis garis imajinasi pada seni bonsai dapat menimbulkan perbedaan daya hayal.

Di era pos modern inilah lahir aliran seni surealisme dalam bonsai, yaitu sebuah aliran yang mengembangkan bentuk bentuk garis yang tidak sewajarnya pada bonsai, sehingga dapat menimbulkan daya khayal yang berbeda beda. Garis imajinasi atau garis khayal tersebut ditata dan ditampilkan tidak hanya pada satu bidang anatomi saja, melainkan juga pada bidang bidang anatomi lainnya.

Macam macam gaya bonsai era pos modern antara lain:

1. Rakit

Gaya rakitGaya bonsai ini gerak irama garis khayalnya diolah pada bidang anatomi batang yang posisinya rebah dan tumbuh akar. Bentuknya dapat saja penggabungan dari beberapa bentuk seperti rakit berbatang dua, rakit berbatang meliuk dan rakit berumpun.

2. Mencengkram batu

Bonsai gaya mencengkram batu ini patokannya adalah gerak irama garis khayalnya diolah pada bidang anatomi akar yang menjalar di permukaan batu.  Bentuknya ada beberapa jenis antara lain mencengkram batu tegak lurus kubah, gaya mencengkram batu berbatang dua tertiup angin atau mencengkram batu menggantung meliuk.

3. Hubungan akar

Gerak irama garis khayalnya diolah pada bidang akar yang menjalar di atas permukaan tanah dan tumbuh tunas baru. Betuknya dapat saja penggabungan dari beberapa bentuk, seperti hubungan akar tegak lurus kubag, hubungan akar meliuk tertiup angin atau hubungan akar miring terpelinting.

4. Tampil akar

Gaya bonsai ini memfokuskan ke tampilan akar, gerak irama garis khayalnya diolah pada bidang anatomi akar yang muncul diatas permukaan tanah. Bentuknya dapat saja penggabungan dari beberapa bentuk, seperti tampil akar berbatang dua meliuk, tampil akar berumpun kubah dan tampil akar miring tertiup angin.

Baca Juga : Bonsai Gaya Air Terjun dan Gambarnya

5. Tumbuh di Batu

Sesuai namanya gaya bonsai tumbuh di batu ini menonjolkan pertumbuhan bonsai di batu. Berbeda dengan gaya mencengkram batu, gaya tumbuh di batu ini hanya menampilkan sosok bonsai yang tumbuh tanpa mencengkram. Gerak irama khayalnya berada pada bidang anatomi akar yang tumbuh dan berada di dalam batu. Bentuknya dapat saja penggabungan dari beberapa bentuk seperti : tumbuh di batu tegak lurus kubah, tumbuh di batu menggantung meliuk dan tumbuh di batu berbatang dua.

6. Berakar gantung

Gerak irama garis khayalnya diolah pada bidang anatomi akar yang menggantung. Bentuknya dapat saja penggabungan dari beberapa bentuk, seperti berakar gantung mencengkram batu, berakar gantung tegak lurus khubah dan berakar gantung berumpun.

7. Bonsai paranoma

Gerak irama garis khayalnya diolah tidak hanya pada satu bidang anatomi saja dan ditampilkan dengan banyak ragam bentuk sehingga mempunyai fenomena garis khayal yang tak terhingga seperti menggambarkan fenomena pulau, fenomena pulau dan laut, fenomena kepulauan, fenomena gunung dan sebagainya.

Selain bentuk bentuk yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi gaya bonsai bentuk lainnya. Dapat saja bentuk bonsainya adalah hasil penggabunga dari aliran aliran seni lainnya, yaitu dengan menggabungkan aliran pos modern dengan lainnya.

Related Posts

Add Comment