Makanan Anak Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk


Kucing kampung memang kurang terlalu digemari jika dibandingkan dengan kucing ras seperti persia, anggora ataupun himalaya. Walau begitu jika dipelihara dengan baik kucing kampung bisa juga terlihat gemuk dan menggemaskan. Makanan anak kucing kampung yang baik adalah yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal itu dikarenakan pada dasarnya kucing merupakan karnivora yang makanan utamanya adalah daging.

Makanan Yang Tidak Disarankan

Jika anda bermasalah dengan anggaran ada beberapa pilihan makanan anak kucing kampung yang murah. Walau begitu banyak pemelihara kucing kampung yang salah dalam memberikan jenis makanan. Masih banyak orang yang memberikan campuran nasi + ikan, mereka berpikir kucing sama seperti manusia yang membutuhkan karbohidrat. Padahal sistem pencernaan yang dimilikinya tidak dirancang untuk mencerna tumbuh-tumbuhan seperti nasi.

Bahkan menurut pengalaman dokter hewan Angela Maharani yang dikutip dari Suara.com, ia pernah menemukan seekor kucing yang diperiksanya memuntahkan nasi saat akan divaksin. Padahal kucing tersebut terakhir kali makan adalah 12 jam sebelum itu. Hal itu menjadi bukti bahwa nasi tidak dapat dicerna dengan baik oleh hewan berbulu ini, apalagi jika ia masih anakan.

Pemberian nasi pada kucing juga terbukti tidak dapat membuatnya berumur panjang. Rata-rata kucing yang diberi maka nasi sebagai makanan pokoknya umurnya tidak sampai 8 tahun. Oleh karena itu, jika anda sayang terhadap hewan berbulu peliharaan anda ini sebaiknya anda tidak memberinya nasi.

Makanan Anak Kucing Kampung Rekomendasi

Makanan anak kucing kampung yang baik adalah makanan basah, hal tersebut dikarenakan jenis makanan ini rendah karbohidrat dan tinggi protein. Tetapi makanan basah ini biasanya harganya lebih mahal sehingga bagi anda yang berpenghasilan pas-pasan akan merasa terlalu berat untuk memberikan makanan basah ini.

Jangan khawatir, selain memberikan makanan basah buatan pabrik. Anda bisa membuat sendiri makanan basah untuk anak kucing kampung anda dengan komposisi :

  • Bandeng presto 300 gram
  • Tahu Rebus 200 gram
  • Agar agar 1 sachet (rekomendasi menggunakan merk swallow)
  • Kuning telur 1 butir

Cara pembuatannya adalah pertama – tama rebus air bersama 2 sachet agar – agar sebanyak 1 liter hingga mendidih. Kemudian masukkan bandeng dan tahu lalu diaduk hingga merata selama 5 menit. Terakhir, masukkan kuningan telur ke dalam adonan lalu diaduk, jika dirasa kuningan telur telah tercampur secara sempurna kompor bisa dimatikan. Dinginkan makanan anak kucing buatan anda itu lalu simpan dilemari es, berikan kepada kucing peliharaan anda secukupnya. Biasanya di dalam lemari es, makanan basah homemade ini dapat bertahan selama 3 hari.

Membuat makanan basah di rumah ini dapat menghemat pengeluaran anda secara signifikan. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan yang diperlukan banyak tersedia di pasar dan harganya pun terjangkau. Sehingga anda tidak perlu takut mengenai masalah biaya, apalagi cara pembuatannya pun mudah.

Anakan kucing kampung yang diberi makanan dengan resep ini terbukti akan makann dengan lahap setiap harinya sehingga mengakibatkan pertumbuhannya cepat dan badannya akan gemuk. Anda bisa juga memberikan tambahan makanan kering sebagai sampingan, beberapa merk makanan anak kucing kampung yang kandungannya komplit tetapi harganya ramah dikantor di antaranya Whiskas Junior dan Im Organik Kitten.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *