10 Jenis Makanan Burung Hantu Celepuk

Celepuk adalah salah satu spesies dari burung hantu. Unggas dari genus Otus ini sangat populer di Indonesia. Bahkan lebih banyak dipelihara karena memang makanan burung hantu celepuk tidaklah sulit. Memelihara hewan pemakan daging akan kesulitan jika jenis pakannya tidak mudah ditemui di sekitar, bukan?

Di Indonesia, jenis burung hantu celepuk terbagi jadi beberapa spesies. Diantaranya celepuk rajah, celepuk gunung, celepuk merah, celepuk gunung dan spesies celepuk. Masing-masing jelas beda, tapi mempunyai tipe pakan yang hampir sama.

10 Jenis Makanan Burung Celepuk

Makanan burung hantu celepuk mudah dicari di pasar, harganya pun tidaklah mahal. Sehingga bagi anda yang memelihara burung ini tidak akan mengalami kesusahan dalam mencarinya. Berikut adakah makanan untuk burung hantu celepuk:

  1. Jangkrik
  2. Puyuh Kecil
  3. Cacing putih
  4. Ikan
  5. Daging ayam
  6. Siput
  7. Burung gereja
  8. Burung emprit
  9. Kecoa
  10. Tikus putih

Cara Memberi Makan Burung Hantu Celepuk

Pemberian makan untuk burung hantu tidak bisa sembarangan. Simak cara memberi makan burung hantu di bawah ini:

  • Untuk anakan burung, pilih makanan yang mudah dicacah, sehingga gampang dimakan. Sedangkan burung hantu dewasa bisa diberikan makan tanpa harus dihaluskan
  • Pemberian pakan jangkrik sebaiknya buang bagian kaki gergaji, supaya tidak nyangkut di leher. Bahkan bisa melukai organ pencernaan
  • Pastikan setiap kali memberikan makan selalu dipantau kebersihannya, agar tidak menyisahkan potongan pakan. Sebab bisa dihinggapi lalat, semut dan menimbulkan bau tak enak
  • Perhatikan pemberian minum, jangan sampai wadah kotor sebab tidak disukai oleh burung bersangkutan.

Bisa dikatakan susah susah gampang memelihara celepuk, kan? Hewan satu ini rekomendasikan untuk dipelihara sejak masih anakan. Tujuannya agar burung jadi penurut. Saat celepuk masih sangat kecil, pemberian pakan bisa dibantu karena belum bisa memakan sendiri.

Cara Merawat Burung Celepuk

Selain pemberian pakan yang benar, celepuk perlu dipelihara dengan hati-hati. Seperti halnya cara merawat burung hantu celepuk di bawah:

  1. Tempatkan di kandang yang besar agar mempermudah owl dalam beraktivitas
  2. Siapkan wadah pakan dan minum secara terpisah
  3. Jaga kebersihan kandang serta seisinya seperti tempat makan dan minun
  4. Rajin mandikan burung hantu secara berkala
  5. Atur pemberian makan agar tidak kekurangan ataupun sebaliknya. Berikan juga asupan gizi yang tepat
  6. Letakkan kandang di area yang teduh dan nyaman
  7. Ajak berinteraksi seperti bersiul, menjentikan jari dan lainnya
  8. Beri nama yany bagus dan panggil atau sebut setiap kali menghampiri owl. Upaya ini dapat menjalin kedekatan dengan burung. Sehingga bisa jinak dengan pemiliknya
  9. Jinakkan burung Otus tersebut, caranya dengan memperlihatkan diri Anda sewaktu tidur. Maksudnya, biarkan burung hantu tersebut melihat Anda saat tertidur. Jadi, owl akan merasa aman bersama Anda dan tidak dianggap menyakiti.

Jika diperhatikan perawatan burung hantu celepuk memerlukan treatmen khusus tapi tidak terlalu sulit, kan? Apalagi untuk Anda para pemula, bisa memelihara sendiri di rumah. Mungkin di awal-awal tampak rumit, tapi jika sudah biasa akan menyukai perawatan owl.

Sama sama unggas terbang lain, memelihara hewan peliharaan perlu tahu seluk beluk burung bersangkutan. Tidak bisa sembarangan apalagi telat beri makan. Burung bisa mati dan sama saja menyiksa binatang peliharaan, kan?

Makanan burung hantu celepuk bisa dikatakan cukup mudah ditemui. Bisa dicari di lingkungan sekitar ataupun beli di warung pakan burung. Hampir semua jenis burung strigiformes spesies celepuk pakannya sama. Mulai dari burung hantu celepuk gunung, celepuk merah, celepuk rajah dan juga celepuk reban.